Sakit Setelah Olahraga, Apa Penyebabnya?

Sakit Setelah Olahraga, Apa Penyebabnya?

[ad_1]

nyeri-setelah-olahraga-doktersehat

DokterSehat.Com – Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat itu adalah menjaga kebugaran hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Terlepas dari manfaat olahraga yang sangat banyak, ternyata aktivitas ini juga berisiko menyebabkan tubuh jadi kelelahan dan juga sakit.

Sakit Saat Sedang Berolahraga

Salah satu risiko yang tidak bisa ditolak ketika melakukan olahraga adalah rasa lelah. Saat satu bagian otot dilatih dengan sangat intens akan kehilangan suplai oksigen. Akibatnya kandungan lactic acid jadi naik dan menyebabkan rasa nyeri yang intens muncul.

Sebenarnya rasa nyeri yang muncul di bagian tubuh adalah wajar. Namun, kalau kondisi ini terus muncul berkali-kali, kemungkinan besar tubuh akan mengalami beberapa hal di bawah ini.

  • Kelelahan pada otot yang parah.
  • Perasaan panas di beberapa bagian otot.
  • Kram pada beberapa bagian otot.
  • Mengalami mual dan ingin muntah.

Tidak semua orang akan mengalami hal ini. Namun, mereka yang melakukan olahraga dalam kondisi sakit atau memaksakan diri bisa saja mengalaminya.

Sakit Setelah Berolahraga

Setelah melakukan olahraga, sakit adalah hal yang sangat wajar terjadi. Apalagi kalau Anda melakukannya secara intens. Kemungkinan mengalami DOMS atau delay onset muscle soreness akan sangat besar. Beberapa jenis olahraga yang bisa memicu kondisi itu terdiri dari:

  • Olahraga untuk melatih kekuatan seperti angkat beban yang dilakukan di tempat gym.
  • Melakukan jogging atau kardio jenis lainnya.
  • Olahraga yang spesifik ke salah satu otot besar.
  • Olahraga yang dilakukan dengan sangat intens.

Cara Mengatasi Sakit Setelah Olahraga

Olahraga memang memberikan cukup banyak manfaat untuk tubuh. Namun, kalau dilakukan dengan salah bisa memicu banyak gangguan di tubuh. Kalau Anda sering merasakan lelah atau sakit setelah berolahraga, coba atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Menghidrasi Tubuh

Setelah melakukan olahraga secara intens, tubuh akan mengalami nyeri atau DOMS atau delay onset muscle soreness. Umumnya DOMS tidak akan datang langsung saat itu juga, kadang 24 jam kemudian akan muncul. Rasa nyeri ini tidak akan hilang begitu saja meski Anda beristirahat, bahkan bisa berhari-hari.

Ternyata salah satu faktor yang menyebabkan DOMS tidak juga hilang dan mengganggu olahraga adalah dehidrasi. Saat bagian otot mengalami luka atau terpecah umumnya akan ada toksin yang memicu rasa sakit. Agar kondisi ini bisa hilang, Anda disarankan untuk membersihkannya.

Tubuh memiliki mekanisme membersihkan diri dengan cara mengalirkan cairan ke seluruh tubuh untuk mencucinya. Anda bisa melakukan ini dengan minum air cukup banyak atau mencukupi kebutuhan air harian sebanyak 8 gelas.

  1. Tetap Dipakai untuk Olahraga

Saat tubuh lelah mulai terasa dan nyeri di sekujur tubuh tidak bisa diatasi, sebagian besar orang akan memilih untuk beristirahat saja. Bahkan ada yang memilih untuk tidak berolahraga selama lebih dari seminggu. Apa yang dilakukan ini tidak benar dan salah kaprah. Seharusnya olahraga tetap harus dilakukan dengan intensitas ringan.

Kalau Anda berolahraga, kemungkinan besar nyeri atau rasa sakitnya akan hilang begitu saja. Namun, Anda harus ingat dan tidak boleh memaksakan diri. Kalau memaksakan diri tubuh jadi sangat nyeri. Kalau Anda melakukan angkat beban, ada baiknya untuk mengurangi bebannya jadi hanya 25-50% dari beban awal.

  1. Jangan Lupakan Peregangan

Peregangan mungkin terlihat sederhana dan tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh. Padahal kalau dilakukan dengan baik bisa mengurangi rasa sakit yang berlebihan dan juga membuat bagian tubuh jadi lebih nyaman. Lakukan peregangan beberapa kali sehari kalau mengalami DOMS.

Anda bisa melakukan peregangan di bagian tubuh yang terasa sakit saja atau semuanya. Lakukan sesuai dengan kemampuan diri dan tidak berlebihan. Kalau terasa sakit saat diregangkan, hentikan dan ulangi perlahan-lahan agar rasa sakitnya hilang perlahan-lahan.

  1. Mengonsumsi Cukup Protein

Ada dua manfaat yang akan didapatkan kalau Anda mengonsumsi cukup banyak protein. Pertama, protein yang masuk ke dalam tubuh akan membantu tubuh dalam membangun otot. Dengan kemampuan ini otot yang sengaja dirangsang untuk membesar mendapatkan suplai protein cukup banyak.

Selain membangun otot, protein juga sangat membantu tubuh dalam menyembuhkan nyeri di otot. Kemampuan yang besar ini dimanfaatkan oleh mereka yang hobi pergi ke gym agar selalu bugar dan tidak mengalami sakit meski mengangkat beban lebih besar.

  1. Coba Lakukan Pengompresan

Olahraga yang intens akan membuat beberapa bagian otot jadi nyeri. Apalagi kalau Anda melakukannya berkali-kali setiap harinya. Kalau rasa nyeri sering muncul dan sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk melakukan pengompresan menggunakan air hangat atau es.

Pengompresan di bagian otot yang mengalami nyeri akan menurunkan inflamasi yang terjadi. Rasa nyeri juga akan hilang perlahan-lahan. Anda bisa memilih apakah menggunakan es yang memberikan efek dingin atau menggunakan air hangat kalau bagian ototnya terasa kaku.

Demikian ulasan tentang olahraga yang menyebabkan rasa sakit dan bagaimana cara mengatasinya. Inti dari berolahraga adalah melakukan aktivitas fisik dengan gerakan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksakan diri kalau memang Anda tidak mampu melakukannya.

 

 

Sumber:

  1. Barrell, Amanda. 2019. Should you work out when sore?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326892.php. (Diakses pada 5 November 2019)
  2. Krum, L. Nicole. Understanding Muscle Soreness – How Much is Too Much?. https://www.kidney.org/content/understanding-muscle-soreness-%E2%80%93-how-much-too-much. (Diakses pada 5 November 2019)
  3. Tucker, Alexa. 2018. How to Deal When Post-Workout Muscle Soreness Is Actually Really Painful. https://www.self.com/story/how-deal-post-workout-muscle-soreness-really-painful. (Diakses pada 5 November 2019)
  4. Bowers, Elizabeth Shimer. 2018. Quick Fixes for Sore Muscles. https://www.everydayhealth.com/fitness/quick-fixes-for-sore-muscles.aspx. (Diakses pada 5 November 2019)

 



[ad_2]

Source link

AKDSEO