6 Trik Atasi Insomnia – Dokter Sehat

By | Oktober 12, 2019


Photo Source: Flickr/alyssafilmmaker

DokterSehat.Com– Insomnia atau juga yang dikenal sebagai masalah susah tidur kini semakin banyak diderita oleh masyarakat. Masalahnya adalah hal ini bisa membuat kita mengalami gejala mengantuk seharian, kurang fit, dan mudah jatuh sakit. Karena alasan inilah sebaiknya kita berusaha mencari cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Insomnia

Pakar kesehatan menyebut insomnia jangka panjang jika tidak ditangani dengan baik bisa berujung menjadi masalah kesehatan yang lebih serius layaknya hipertensi, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

Berikut adalah berbagai cara yang bisa kita lakukan demi mengatasinya.

  1. Mencoba Untuk Mulai Tidur dan Bangun dengan Teratur

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia adalah memperbaiki kebiasaan tidur kita. Sebagai contoh, kita bisa mulai tidur di waktu yang sama setiap malam dan memasang alarm agar bisa bangun di waktu yang sama setiap pagi.

Meski awalnya hal ini bisa membuat kita tidak bisa tidur dengan cepat, lama kelamaan tubuh akan berusaha mengatur kembali jam biologisnya dan akhirnya memudahkan kita untuk bisa tidur di kemudian hari.

Kebiasaan ini tak hanya dilakukan di hari kerja. Pastikan untuk melakukannya di hari libur agar bisa mendukung jam biologis tubuh.

  1. Kasur Sebaiknya Hanya Dipakai Untuk Tidur

Banyak orang yang sengaja menghabiskan waktunya seharian untuk tiduran atau bermalas-malasan di atas kasur. Memang, hal ini cukup menyenangkan untuk dilakukan, namun pakar kesehatan menyebut hal ini bisa membuat masalah insomnia yang kita alami menjadi semakin parah.

Meskipun aktivitas sehari-hari yang kita lakukan cukup santai seperti membaca buku, bermain ponsel, atau menggunakan laptop, sebaiknya tidak dilakukan di atas kasur. Lakukan hal-hal tersebut di meja, kursi, ruang keluarga, dan lain-lain.

Dengan melakukan hal ini, maka otak akan dilatih untuk menganggap kasur sebagai tempat untuk kita beristirahat. Hal ini akan membuat kita bisa segera tidur dengan nyenyak jika sudah merebahkan diri di atas kasur.

  1. Kondisikan Tempat Tidur agar Nyaman

Tak hanya merapikan sprei atau selimut, pastikan untuk mengatur suhu agar lebih sejuk, membuat cahayanya menjadi lebih redup, atau memasang peredam suara sehingga membuat kamar tidak berisik. Meski terlihat sederhana, hal ini bisa membantu kita untuk tidur dengan lebih mudah.

Selain itu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menempatkan peralatan elektronik seperti televisi, laptop, atau ponsel di tempat tidur sehingga kita tidak terganggu dan bisa segera memejamkan mata di malam hari.

  1. Makan Malam di Waktu Lebih Awal

Makan malam di waktu yang lebih awal, yakni sekitar 3 atau 4 jam sebelum tidur bisa membantu kita mendapatkan energi agar bisa tidur dengan nyenyak. Perut juga tidak terasa lapar sehingga kita pun akan lebih mudah memejamkan mata. Selain itu, hal ini juga bisa mencegah datangnya masalah asam lambung tinggi yang bisa memicu gangguan tidu.

  1. Membaca Buku

Alih-alih memainkan ponsel, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membaca buku sebelum tidur demi membuat kita mengantuk dengan lebih cepat. Jika hingga 20 atau 30 menit setelah membacanya kita tidak kunjung mengantuk, cobalah untuk berpindah ke tempat lainnya.

Hanya saja, sebaiknya kita memilih buku dengan cerita yang santai, bukannya yang memiliki cerita menegangkan karena buku ini justru bisa membuat kita sulit memejamkan mata.

  1. Hindari Minuman Berkafein dan Alkohol

Minuman berkafein dan minuman beralkohol terbukti bisa menyebabkan gangguan tidur parah. Ada baiknya kita menghindarinya demi mengatasi masalah insomnia.

 

Sumber:

  1. 2019. 7 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia. cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190813113956-255-420834/7-cara-ampuh-mengatasi-insomnia. (Diakses pada 12 Oktober 2019).





Source link