20 Cara Sederhana untuk Menjalani Hidup yang Sehat dan Bahagia

20 Cara Sederhana untuk Menjalani Hidup yang Sehat dan Bahagia

Tahun ini, Anda mungkin telah membuat berbagai resolusi Tahun Baru untuk meningkatkan pikiran, keuangan, atau kesehatan Anda.

Namun, banyak orang cenderung kehilangan fokus tujuan mereka, dan janji-janji yang dibuat pada tahun pertama segera dilupakan.

Anda tidak perlu membuat resolusi untuk meningkatkan kehidupan Anda, karena ada banyak perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan kapan saja. Untuk menjadi bahagia dan sehat tidak memerlukan banyak uang atau waktu – hanya sedikit keinginan dan motivasi

Lebih Sosial

1. Jangkau dan Sentuh Seseorang – Secara harfiah
Kontak fisik dengan seseorang yang Anda sayangi adalah penghilang stres otomatis. Pelukan dan berpegangan tangan dengan orang yang Anda sayangi adalah terapi bagi Anda berdua. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Alternative dan Complementary Medicine menemukan bahwa pijatan sebenarnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda lebih puas.

Anda juga dapat memperoleh manfaat sistem kekebalan tubuh dari pijatan profesional. Pertimbangkan untuk memperlakukan diri sendiri jika pijatan dari teman atau orang yang dicintai bukan pilihan.

2. Jadilah Memberi
Temukan cara, meskipun kecil, untuk diberikan kepada orang lain. Berhentilah berbicara dengan seseorang dan meminjamkan telinga, menawarkan bantuan kepada teman yang membutuhkan, atau menjadi sukarelawan di badan amal setempat. Anda akan mulai melihat masalah Anda sendiri dengan perspektif baru, dan Anda akan merasa lebih baik tentang diri Anda dengan menyadari bahwa Anda dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.

3. Menumbuhkan Jaringan Teman
Persis seperti hubungan cinta, persahabatan juga memelihara. Abaikan pertemanan dan Anda akan kehilangan teman.

Cobalah untuk melihat teman-teman Anda secara teratur karena sesuai dengan jadwal Anda. Jika Anda lajang atau pasangan, Anda mungkin ingin kumpul-kumpul mingguan untuk menonton sepak bola atau acara TV favorit, sementara orang-orang dengan keluarga mungkin lebih suka klub makan malam bulanan. Yang penting adalah Anda memiliki persahabatan yang kuat untuk membantu mengatasi tantangan kehidupan.

Lakukan Sesuatu yang Berbeda


4. Keluar dari Rut Akhir Pekan Anda
Kegiatan akhir pekan seperti liburan mini, dan penting untuk mengisi ulang pikiran dan tubuh Anda. Mereka tidak perlu mahal untuk menjadi efektif. Yang penting adalah melakukan sesuatu yang baru dan mengubah suasana: Mendaki di taman terdekat bersama keluarga atau teman adalah cara yang bagus untuk berolahraga, menghirup udara segar, dan berinteraksi sosial.

5. Buat Kenangan
Penelitian menunjukkan bahwa pengalaman membuat kita jauh lebih bahagia daripada hal-hal lain. Bahkan ketika aktivitas dan jalan-jalan tidak berubah sesempurna yang kami harapkan, orang-orang akan mengingat saat-saat indah, bukan kekecewaan.

Hubungkan kembali


6. Jelajahi Spiritualitas Anda
Apakah Anda akan menyebut diri Anda spiritual? Pergi ke gereja atau kuil, misalnya, adalah cara untuk meningkatkan interaksi sosial dalam hidup Anda. Ini menyediakan banyak kegiatan yang terjangkau bagi keluarga, dan berfungsi sebagai jaringan untuk dukungan dan bantuan dalam suatu krisis. Itu juga bisa menjadi tempat yang baik untuk membuat kontak ketika Anda mencari pekerjaan.

7. Tradisi Meramaikan
Tradisi keluarga membangun perasaan solidaritas dengan keluarga besar Anda, yang menciptakan perasaan aman yang dapat membantu Anda melihat melalui masa-masa sulit. Merasa bahwa Anda tidak sendirian adalah pendorong kepercayaan diri yang besar. Liburan menawarkan banyak peluang untuk melanjutkan tradisi keluarga dan memulai sebagian dari tradisi Anda sendiri.

Jadilah aktif

8. Bergerak Lebih
Duduk sepanjang hari itu tidak sehat bagi pikiran dan tubuh. Bangun dan berjalan-jalan setiap jam untuk setidaknya beberapa menit, dan berjalan-jalan setiap hari selama jam makan siang Anda.

Anda juga dapat memulai grup berjalan dengan teman atau rekan kerja, atau mencoba olahraga yang mungkin Anda sukai. Daftar ke kelas olahraga atau mulai kelas Anda sendiri. Coba Tai Chi, atau jelajahi YouTube untuk membuat rencana latihan di rumah Anda sendiri.

Ketika Anda meningkatkan tingkat kebugaran Anda, tambahkan jogging ke rutinitas berjalan Anda. Jogging menyebabkan endorfin dilepaskan, yang memberi Anda “pelari tinggi alami”.

9. “Latihan” Senyum Anda
Anda dapat menipu otak Anda untuk merasa bahagia dengan olahraga yang sangat mudah: Hanya tersenyum. Tidak percaya? Cobalah. Hasil ini disebabkan oleh pemrograman neuro-linguistik, di mana “jangkar” atau pemicu (dalam hal ini senyuman) memberi isyarat kepada otak untuk merasakan perasaan yang sama seperti ketika otot-otot itu digunakan terakhir kali.

10. Mengacaukan Rumah dan Pikiran Anda
Temukan cara untuk melakukan pergantian kecil setiap hari. Declutter kamar Anda untuk tempat yang lebih nyaman, santai untuk tidur, dan bersihkan meja atau area pembayaran tagihan Anda untuk ketenangan pikiran finansial yang lebih baik. Declutter lemari pakaian Anda dan laci lemari pakaian Anda untuk membuat pagi hari lebih mudah. Ada banyak tempat di rumah atau kantor Anda yang bisa Anda bereskan.

Sisihkan 15 menit sehari untuk menyatakan, dan ingat, langkah yang paling sulit adalah memulai. Anda akan kagum pada betapa hebatnya Anda akan mulai merasa ketika hidup Anda menjadi kurang berantakan.

Tidur nyenyak


11. Temukan “Nomor Tidur” Ajaib Anda
Bagi sebagian besar orang dewasa, tujuh angka tampaknya merupakan jumlah jam tidur ajaib yang diperlukan semalam, menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Harvard Business Review. Tidur yang cukup akan memungkinkan Anda melakukan pekerjaan terbaik dan membantu Anda mengatasi tantangan sehari-hari. Jika Anda tidur kurang dari tujuh jam per malam, itu bisa sangat memengaruhi kesehatan Anda, bahkan jika Anda hanya kurang tidur.

12. Pantau Asupan Kafein Anda
Jika Anda sulit tidur, kafein bisa menjadi penyebabnya. Cobalah mengurangi minuman berkafein, dan batasi diri Anda untuk meminumnya di pagi hari. Dan jika itu tidak membantu, coba hilangkan kafein sama sekali dan gantikan minuman berkafein dengan produk-produk seperti kopi tanpa kafein atau teh herbal. Ingat, banyak soda dan minuman berenergi mengandung kafein, seperti halnya banyak bar energi dan makanan dengan cokelat.

13. Bersantai setidaknya satu jam sebelum tidur
Untuk benar-benar santai, matikan Internet setidaknya satu jam sebelum tidur. Dan jangan berolahraga sebelum tidur, karena itu meningkatkan sirkulasi Anda. Anda perlu menjernihkan pikiran, jadi tontonlah televisi atau baca buku atau majalah untuk bersantai. Beberapa orang berpikir mandi membuat Anda bangun, jadi pertimbangkan untuk beralih ke pagi hari dan mandi santai saja.

Makan dengan baik


14. Hindari Lemak Trans
Penelitian yang dikutip oleh Consumer Reports menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat membuat Anda merasa tertekan. Lemak trans digunakan dalam banyak makanan olahan, tetapi Anda harus membaca label makanan untuk memastikannya.

Lemak trans terkandung di dalam bahan dengan kata “terhidrogenasi” di dalamnya. Banyak merek margarin sekarang bebas lemak trans, dan dengan jelas menampilkan informasi ini pada label. Namun, banyak makanan yang dipanggang dan bahkan campuran kue mengandung lemak trans.

Sebagai pengganti makanan olahan, pilihlah untuk makan buah-buahan dan sayuran segar, seperti yang dapat Anda temukan di pasar petani. Juga, cobalah tangan Anda memanggang dari awal, tidak menggunakan campuran.

15. Makan Lebih Banyak “Makanan Super”
Rencanakan untuk memasukkan lebih banyak makanan super kemasan vitamin dalam diet Anda. Makanan-makanan ini tidak hanya membuat Anda lebih sehat dan lebih berenergi, tetapi banyak dari mereka juga dapat memerangi stres.

Sekali seminggu, cobalah resep baru menggunakan makanan super untuk menemukan favorit baru untuk ditambahkan ke rotasi perencanaan makan Anda. Misalnya, Anda dapat mencoba menyiapkan makanan seperti salmon, kangkung, jamur, brokoli, alpukat, kacang, kenari, dan biji-bijian utuh.

Habiskan Waktu Dengan Alam


16. Berjalan-jalan di Alam Liar
Sebuah taman memang bagus, tetapi semakin tidak terawat dan semakin “alami” daerah itu, semakin baik. Perhatikan suara, pemandangan, dan aroma. Temukan lima hal yang tidak biasa untuk diceritakan pada seseorang, dan ambil foto atau video. Bahkan jika Anda berada di kota, luangkan waktu untuk melihat ke atas dan perhatikan bagaimana langit terlihat hari itu.

17. Gali Kotoran
Jadikan tangan Anda kotor. Apakah lansekap atau memulai kebun sayur rumah, tidak masalah – itu mungkin membuat Anda merasa lebih bahagia. Efek aneh ini berasal dari M. vaccae, organisme mikroskopis di tanah yang masuk ke kulit Anda. Mereka dapat memicu otak untuk menghasilkan lebih banyak seratonin, suatu neurotransmitter yang dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Ketika orang mengatakan kepada Anda bahwa mereka tidak pernah lebih bahagia daripada ketika mereka menggali tanah, mereka mengatakan yang sebenarnya kepada Anda. Jadi singkirkan sarung tangan kebun dan mulailah menggerakkan tanah.

18. Dapatkan Sun
Banyak orang mengalami gangguan afektif musiman (SAD), karena mereka menjadi depresi selama berbulan-bulan dengan sedikit sinar matahari. Bahkan jika Anda tidak menderita SAD, Anda dapat terpengaruh oleh kurangnya sinar matahari. Pergi ke luar setidaknya selama 15 menit; pada hari yang dingin Anda dapat berjalan dengan cepat dan setidaknya mendapatkan sinar matahari di wajah Anda. Matahari membantu tubuh Anda menghasilkan vitamin D, yang banyak orang kekurangan.

Meringankan


19. Meniup Sedikit Uap Terkadang
Apakah itu bersorak untuk tim Anda atau menjadi gila selama liburan, itu membantu untuk melepaskan sedikit waktu secara teratur. Pada Abad Pertengahan di Eropa, liburan (secara harfiah “hari suci,” menghormati seorang suci) berfungsi sebagai hari bagi petani untuk melampiaskan frustrasi mereka, sehingga mencegah pemberontakan.

Anda tidak ingin menjadi petani yang memberontak. Memiliki pesta dan menjadi sedikit aneh. Jangan menganggap diri Anda terlalu serius.

20. Mainkan
Main dengan keluarga dan teman-teman Anda. Berperanglah dengan senapan air, berlomba untuk bersenang-senang, meniup gelembung, melempar Frisbee, pergi naik kereta luncur, lompat tali, atau membuat pai lumpur. Nikmati malam permainan keluarga dan mainkan permainan papan yang membuat Anda tertawa, atau bermain tarik ulur dengan anjing. Apa pun itu yang membuat Anda tersenyum secara spontan, lakukanlah.

Kata terakhir

Jika Anda mencoba menjalani kehidupan yang lebih bahagia, lebih sehat, membuat perubahan yang diperlukan terserah Anda. Mulailah dengan barang-barang di daftar ini yang paling menarik bagi Anda, dan kerjakan beberapa yang lain ke dalam hidup Anda sedikit demi sedikit.

AKDSEO