Urat di Tangan Terlihat Menonjol, Berbahayakah?

Urat di Tangan Terlihat Menonjol, Berbahayakah?

[ad_1]

nyeri-di-tangan-doktersehat

DokterSehat.Com– Biasanya, urat yang menonjol di bagian punggung tangan lebih sering muncul pada orang di usia lanjut, namun kini semakin banyak anak muda yang juga mengalaminya. Apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Penyebab urat terlihat menonjol

Pakar kesehatan menyebut di usia lanjut, lapisan kulit cenderung semakin menipis sehingga membuat urat-urat dan pembuluh darah terlihat lebih jelas, namun jika kita juga sudah mengalaminya di usia muda, biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal.

Berikut adalah penyebab urat di tangan terlihat menonjol.

  1. Dipengaruhi oleh warna kulit

Jika kita memiliki warna kulit yang cenderung lebih cerah, maka ada kemungkinan pembuluh darah akan terlihat lebih jelas pada kulit. Hal ini disebabkan oleh warna dari pembuluh darah dan urat yang berupa biru, ungu, atau merah yang akan terlihat lebih kontras dibandingkan dengan warna kulit kita.

  1. Memiliki tubuh yang kurus

Orang-orang yang memiliki tubuh gemuk cenderung jarang memiliki urat yang terlihat atau menonjol, namun hal yang berbeda terjadi pada orang kurus. Meski warna kulitnya cerah atau masih berusia muda, besar kemungkinan urat akan jauh lebih terlihat pada orang kurus.

Hal yang berbeda terjadi pada orang gemuk. Karena lapisan lemak di bawah permukaan kulit cenderung tebal, maka urat pun tidak akan terlihat menonjol pada kulit.

  1. Rajin berolahraga

Jika kita rajin berolahraga, kemungkinan untuk memiliki urat yang menonjol akan lebih besar. Apalagi jika olahraga yang dilakukan adalah yang membentuk otot seperti angkat beban. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang mendapatkan tekanan berat saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi sehingga akhirnya membuatnya menjadi lebih tegang dan menonjol.

Selain itu, aktivitas fisik yang berat akan membuat tubuh lebih banyak membutuhkan oksigen. Hal ini akan membuat tubuh berusaha untuk mengakomodasi distribusi oksigen dengan cara membuat urat menjadi lebih besar sehingga akhirnya terlihat menonjol.

  1. Saat hamil

Sebagian ibu hamil memiliki urat yang lebih menonjol, termasuk pada bagian tangan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kehamilan yang membuat jaringan pembuluh darah yang meningkat. Hal ini disebabkan oleh volume darah yang juga ikut meningkat hingga 50 persen demi memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan juga kandungannya.

  1. Mengalami varises

Varises adalah masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja, namun hal ini lebih sering terjadi pada kaum hawa. Kondisi kesehatan yang membuat pembuluh darah vena membengkak ini sering terjadi pada kaki. Pemicunya juga cukup beragam, bisa berupa gangguan katup jantung, masalah obesitas, kebiasaan berdiri terlalu lama, hingga masalah menopause.

  1. Efek samping dari obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan ternyata bisa membuat dampak urat terlihat lebih menonjol pada kulit. Sebagai contoh, obat-obatan steroid bisa memberikan dampak kesehatan ini.

Perlukah diperiksakan ke dokter?

Pakar kesehatan menyebut kondisi urat yang menonjol sebagai sesuatu yang wajar terjadi sehingga tidak perlu dikhawatirkan dengan belebihan. Kita juga tidak memerlukan pengobatan atau terapi lainnya untuk mengatasi hal inii.

Hanya saja, jika kita mulai mengalami gejala-gejala kesehatan seperti warna urat yang terlihat jauh lebih merah, dan disertai dengan pembengkakan, dan sensasi nyeri saat disentuh, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan.

Selain itu, jika sampai muncul perdarahan, ruam-ruam pada kulit, hingga berubahnya warna dan tekstur pada kulit menjadi lebih kasar atau lebih lunak, tak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter demi memastikan apa penyebabnya dan segera mengatasinya.



[ad_2]

Source link

AKDSEO