Tips Menurunkan Kolesterol bagi Pekerja Kantoran

By | July 29, 2019


DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebut pekerja kantoran sebagai orang-orang yang lebih rentan terkena masalah kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup pekerja kantoran yang cenderung tidak sehat seperti sering terkena stres, menerapkan pola makan yang buruk, dan kurang gerak. Masalahnya adalah menurunkan kadar kolesterol tidak mudah untuk dilakukan.

Cara menurunkan kolesterol bagi pekerja kantoran

Mengingat kolesterol tinggi bisa berimbas pada datangnya masalah kesehatan yang lebih serius seperti aterosklerosis, penyakit jantung, dan stroke, ada baiknya memang kita melakukan perubahan gaya hidup demi menurunkannya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan para pekerja kantoran demi menurunkan kadar kolesterol.

  1. Menghindari asap rokok

Rokok masih menjadi salah satu penyebab utama dari berbagai macam masalah kesehatan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah perokok aktif di negeri ini. Masalahnya adalah banyak perokok aktif yang sembarangan mengisap rokoknya sehingga akan membuat banyak orang terpaksa harus menjadi perokok pasif. Hal ini tentu akan membuat banyak orang rentan terpapar berbagai kandungan beracun dari rokok.

Tak hanya membahayakan paru-paru, rokok juga bisa memberikan pengaruh buruk bagi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin, karbonmonoksida, tar, dan lain-lain yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam pembuluh darah.

Melihat fakta ini, para perokok sebaiknya menghentikan kebiasaan buruknya. Selain itu, jika kita sebelumnya adalah perokok pasif, sebaiknya menghindari asap rokok karena dampak kesehatannya juga bisa akan sama sebagaimana menjadi perokok aktif.

  1. Lebih sering berjalan kaki dan naik tangga

Jika di lokasi tempat kita bekerja memiliki tangga atau lift, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk naik tangga karena akan membuat tubuh menjadi lebih aktif. Meski terlihat sepele, kebiasaan untuk lebih aktif bisa memperlancar peredaran darah dan akhirnya membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, sebaiknya setiap satu atau dua jam sekali kita membiasakan diri untuk berjalan kaki baik itu untuk memgambil air, menikmati pemandangan di jendela, atau sekadar ke taman untuk menghirup udara segar. Hal ini bisa membantu menurunkan stres dan membuat tubuh lebih aktif sehingga akan berimbas pada penurunan kadar kolesterol tubuh.

  1. Hindari makanan cepat saji

Bekerja seharian, apalagi ditambah dengan adanya stres akibat pekerjaan yang berat bisa membuat kita menjadi lebih mudah lapar. Banyak orang yang menyiasati rasa lapar ini dengan mengonsumsi makanan cepat saji. Masalahnya adalah makanan ini bisa membuat kadar kolesterol jahat naik dengan drastis mengingat adanya kandungan lemak jahat yang cukup tinggi.

Selain kolesterol tinggi, makanan cepat saji yang tinggi kandungan kalori dan garam juga bisa meningkatkan tekanan darah, salah satu faktor yang juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita menghindari makanan cepat saji saat merasakan lapar. Konsumsilah makanan dengan kadar gizi yang seimbang atau setidaknya mengonsumsi camilan sehat layaknya buah-buahan di antara waktu makan.

  1. Jangan lupa berolahraga

Kesibukan pekerja kantoran yang luar biasa membuat waktu luang seperti hal yang sangat langka untuk dilakukan. Hal ini membuat mereka jarang berolahraga.

Demi menyiasatinya, kita bisa mulai menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk mencapai tempat kerja. Selain itu, kita juga bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau skuat setelah waktu bekerja selesai demi memastikan tubuh tetap sehat.

  1. Minum susu

Jangan salah, minum susu bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat berjenis beta-glukan daninulin yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Hanya saja, kita sebaiknya memilih susu rendah lemak demi membantu menurunkan kolesterol.





Source link