Suara Air Mandi Bisa Mengatasi Stres

By | Oktober 10, 2019


Photo Source: Flickr/kpepemczolz

DokterSehat.Com– Mandi adalah aktivitas yang biasa kita lakukan setiap hari. Biasanya, hal ini dilakukan demi membuat badan menjadi lebih segar atau menghilangkan kotoran dan keringat. Selain itu, ada manfaat kesehatan lain yang bisa kita dapatkan, yakni mengatasi stres.

Mandi Bisa Mengatasi Stres

Pakar kesehatan Tamara Goldsby yang berasa dari University of California, San Diego, Amerika Serikat, menyebut ada beberapa jenis suara yang bisa membuat kita mengatasi stres atau kecemasan. Sebagai contoh, suara garpu tala, suara hujan, dan suara air saat kita mandi bisa membantu kita mengatasi berbagai masalah tersebut.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan suara dan getaran yang cenderung lembut ini membawa kita ke mode istirahat atau relaksasi.

“Jika kita sudah berada dalam mode relaksasi, maka tubuh dan pikiran akan terasa sangat nyaman,” ucap Goldsby.

Dalam penelitian yang dilakukannya, Goldsby berusaha untuk mencari tahu seperti apa efek dari suara air yang bergemericik di kamar mandi terhadap suasana hati, rasa nyeri hingga kecemasan. Para partisipan kemudian menyebut suara air saat mandi, termasuk air yang keluar dari shower bisa membantu mengatasi ketegangan, rasa marah, kelelahan, hingga suasana hati yang sedang tidak baik.

Hanya saja, Goldsby juga menyebut suara air ini bisa saja mempengaruhi kondisi penderita epilepsi atau mereka yang cenderung sensitif pada suara. Bahkan, ibu hamil juga tidak bisa sembarangan berpartisipasi dalam penelitian ini.

Manfaat Mandi bagi Kesehatan

Tak hanya bisa memberikan manfaat berupa mengatasi stres, ada manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan jika kita mandi.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Membuat Kita Lebih Waspada

Jika kita mandi dengan air dingin, maka tingkat kewaspadaan tubuh semakin meningkat. Kita juga cenderung akan menarik napas dengan lebih dalam. Hal ini akan membuat jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh meningkat dengan signifikan, membuat denyut jantung dan aliran darah meningkat, sehingga membuat kita menghilangkan rasa kantuk dan merasa jauh lebih berenergi dari biasanya.

  1. Baik bagi Kesehatan Rambut dan Kulit

Sudah menjadi rahasia umum jika mandi akan membantu membersihkan rambut serta kulit. Hal ini disebabkan oleh hilangnya berbagai kotoran, bakteri, hingga sisa-sisa minyak alami yang sebelumnya menempel. Dengan rutin melakukannya, maka kita akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

  1. Bisa Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Mandi dengan air dingin ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Hal ini disebabkan oleh naiknya denyut jantung yang berimbas pada peningkatan aliran darah. Sirkulasi darah pun akan menjadi lebih lancar, membuat plak-plak yang sebelumnya menempel di aliran darah kemudian menghilang, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Penelitian yang dilakukan pada 1994 silam bahkan menyebut mandi air dingin sangat disarankan bagi pengidap asam urat demi mengatasi masalah kesehatan yang dialaminya.

  1. Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Mandi air dingin bisa membantu membakar kalori dan lemak di dalam tubuh yang sebelumnya menumpuk dan memicu masalah berat badan. Jika kita mengombinasikannya dengan olahraga secara rutin dan pola makan yang sehat, maka berat badan pun akan turun.

  1. Meredakan Pegal-Pegal

Mandi, baik itu dengan air hangat ataupun air dingin bisa membantu mengatasi sensasi pegal pada otot dan persendian, menenangkan pikiran, dan membuat badan menjadi jauh lebih nyaman.

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita tidak malas mandi. Pastikan untuk rutin melakukannya setiap hari demi mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

 

Sumber:

  1. Lee, Lauren. 2019. Can a Sound Bath Wash Your Stress Away?. com/health/can-a-sound-bath-wash-your-stress-away/1130435401. (Diakses pada 10 Oktober 2019).





Source link