Featured Article

Lima Perilaku Setelah Makan Malam Membunuh Kesehatan Anda


1, Makan buah setelah makan

Banyak orang suka makan buah setelah makan, yang buruk untuk membersihkan mulut. Bahkan, itu adalah semacam perilaku yang salah, yang akan merusak fungsi pencernaan kita. Setelah makanan masuk ke perut kita, itu akan menghabiskan 1-2 jam untuk mengusir mereka. Jika Anda makan buah sekaligus setelah makan, buah akan tersumbat oleh makanan sebelumnya, maka buah tidak bisa dicerna secara normal.

 2, Minum teh kental setelah makan

Ada sejumlah besar asam tanat dalam teh. Jika Anda minum teh kental setelah makan, itu akan membentuk sedimen bersama dengan asam tannin yang belum dicerna, yang akan mempengaruhi penyerapan protein. Bahan dalam teh akan mempengaruhi penyerapan unsur besi, menjaga kebiasaan buruk minum teh setelah akan menyebabkan anemia kekurangan zat besi. Selain itu, minum teh setelah makan akan menuangkan terlalu banyak air ke dalam perut, yang akan mencairkan sekresi lambung dari jus pencernaan, yang akan mempengaruhi pencernaan lambung.

 3, Merokok setelah makan

Bahkan, perilaku itu akan sangat merugikan tubuh kita. Frekuensi peristaltik gastrointestinal tinggi, dan sirkulasi darah lebih cepat, sistem pencernaan kita akan dipindahkan secara komprehensif. Jika Anda merokok pada saat ini, asap yang menyerap paru-paru dan seluruh tubuh Anda akan meningkat. Bahan berbahaya sebagian besar akan diserap di paru-paru, yang akan merangsang sistem pernapasan dan pencernaan kita. Tidak diragukan lagi itu akan membawa lebih banyak kerusakan.

 4, Minum air setelah makan

Minum air segera setelah makan akan mencairkan jus lambung, sehingga makanan di perut Anda akan masuk ke usus tanpa pencernaan, yang akan menyebabkan penyakit pencernaan. Jika Anda minum soda setelah makan, itu akan menjadi lebih buruk. Karena karbon dioksida dari minuman soda akan meningkatkan tekanan lambung, maka berakibat dilatasi lambung akut.

 5, Bernyanyi karaoke setelah makan malam

Kapasitas lambung akan meningkat setelah kenyang, dan aliran darah meningkat, jika Anda menyanyikan lagu saat ini, diafragma Anda akan turun dan meningkatkan … Read the rest

Featured Article

Kebenaran Sejati Sehubungan Dengan Obat-obatan Kecemasan Terungkap


Serangan kecemasan ekstrem biasanya disertai dengan pemberian obat anti-kecemasan untuk menghentikan gejala terkait lainnya. Namun demikian, obat penenang tidak menawarkan obat untuk kondisi kesehatan dan mereka juga memiliki efek samping membawa berbagai efek negatif. Berikut adalah beberapa tanggapan negatif yang menjengkelkan dan kadang-kadang paradoks terkait dengan pemberian obat anti-kecemasan sebagai aturan. Sementara manfaat utama dari penggunaannya adalah keadaan ketenangan dan istirahat, kadang-kadang obat dapat membuat Anda rileks sepanjang Anda merasa mengantuk sepanjang waktu.

Refleks yang lambat, koordinasi yang buruk, dan keletihan adalah obat anti-kecemasan efek samping yang tidak diinginkan yang timbul dari obat-obatan yang mencegah sekresi kimiawi yang berbeda di otak. Beberapa orang juga mengeluh tentang gangguan penalaran, kebingungan, pusing dan kebingungan, tidak melupakan ketidakmungkinan untuk menggunakan peralatan dan mengemudi.

Penggunaan obat anti-kecemasan jangka panjang juga dapat memicu gangguan depresi bersama-sama dengan atau tanpa perasaan bunuh diri. Obat-obatan memang menghilangkan rasa tidak nyaman yang panik, namun mereka juga menyebabkannya menjadi sangat tidak mungkin bagi orang tersebut untuk merasakan ketidaknyamanan atau kesenangan sehingga memengaruhi kaliber kehidupan dalam banyak cara.

Beberapa respons terhadap obat anti-kecemasan benar-benar paradoks. Sebagai contoh, obat penenang dimaksudkan untuk menstimulasi kedamaian dan relaksasi. Menggunakan obat penenang ditujukan untuk mendorong relaksasi dan ketenangan, tetapi peningkatan tingkat lekas marah dan gejolak kadang-kadang ditandai. Selain itu, mania, permusuhan dan bahkan amarah telah diamati dalam beberapa kasus.

Sementara sangat tidak umum dan sama-sama berbahaya, perilaku bermusuhan dan halusinasi juga dimungkinkan karena penggunaan obat anti-kecemasan. Sebagian besar efek samping aneh untuk obat anti-kecemasan terus dilaporkan dengan anak-anak atau manula, dan juga dengan pasien dengan kelainan perkembangan.

Akibatnya, memilih perawatan dengan baik dan melengkapinya dengan beberapa jenis perawatan yang berbeda merupakan tahapan penting untuk pemulihan penuh pasien, dan karenanya perlu dianggap sebagai prioritas untuk hampir semua rencana atau proses terapi. Obat anti-kecemasan hanya menghilangkan atau meringankan tanda dan gejala tanpa membawa sedikitpun perbaikan pada … Read the rest

Permethrin: Manfaat, Dosis, Efek Samping

DokterSehat.Com – Permethrin obat apa? Permethrin adalah obat antiparasit yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat kutu seperti kutu rambut atau kudis yang disebabkan oleh tungau yang menempel pada kulit.

Ketahui selengkapnya tentang Permethrin mulai dari kandungan, manfaat, dosis, efek samping, dan lainnya melalui artikel ini!

Rangkuman Informasi Obat Permethrin

Nama Obat Permethrin
Kelas Terapi Obat Antiparasit
Kategori Obat resep
Manfaat Obat Mengatasi infeksi kulit akibat parasit
Dikonsumsi Oleh Dewasa dan anak-anak usia di atas 2 bulan
Sediaan Obat Krim topikal, lotion

Cara Kerja Permethrin

Permethrin bekerja mengatasi infeksi akibat parasit seperti kutu rambut dan tungau. Obat ini bekerja dengan cara membunuh kutu dan tungau beserta dengan telurnya agar kutu tidak dapat berkembang lagi.

Manfaat Permethrin

Manfaat Permethrin adalah untuk mengatasi infeksi akibat parasit kutu seperti:

1. Kutu Rambut

Kutu rambut adalah kutu yang menyerang dan menginfeksi kepala manusia. Kutu ini hidup di rambut dan kulit kepala manusia dan dapat menghisap darah.

Keberadaan kutu dapat membuat kulit kepala terasa gatal dan apabila digaruk, kulit kepala dapat mengatasi iritasi. Meskipun terkesan tidak berbahaya, kutu rambut dapat sangat mengganggu dan membuat rambut terlihat tidak sehat.

2. Skabies atau Kudis

Skabies atau kudis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau, parasit berukuran sangat kecil yang dapat menyusup ke lapisan terluar kulit. Kudis ditandai dengan gatal dan bercak kemerahan pada kulit yang disertai dengan lecet akibat garukan.

Gangguan kulit ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, namun paling sering muncul di tempat-tempat berikut ini:

  • Sela jari
  • Lipatan pergelangan tangan, siku, lutut
  • Sekitar pinggang dan pusar
  • Lipatan payudara, alat kelamin, selangkangan
  • Kulit wajah dan kepala (biasanya pada anak-anak).

Dosis Permethrin

Permethrin hadir dalam sediaan salep atau lotion bilas. Salep atau krim Permethrin umumnya memiliki kandungan Permethrin sebanyak 5%, sedangkan lotion memiliki kandungan Permethrin 1%.

Berikut adalah dosis Permethrin yang disarankan:

1. Dosis Salep Permethrin

Berikut

Read the rest

Awas, Saus Tomat Tidak Sesehat yang Kita Kira

Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Saus tomat digemari siapa saja, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Masalahnya adalah banyak orang yang mengonsumsinya terlalu sering sehingga bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan. Sebenarnya, seperti apa sih dampak kesehatan terlalu sering makan saus tomat?

Dampak Mengonsumsi Saus Tomat Berlebihan

Pakar kesehatan menyebut saus tomat memang sangat nikmat untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan seperti pizza, kentang goreng, ayam goreng, burger, hingga beberapa camilan tradisional. Masalahnya adalah di balik rasanya yang nikmat, kebanyakan saus botolan yang bisa ditemukan di pasaran penuh dengan bahan kimia. Hal ini berarti, kita bisa mengalami peningkatan risiko terkena masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi.

Hal ini disebabkan oleh adaya bahan-bahan yang kurang sehat seperti cuka suling dan gula yang bisanya terbuat dari bahan jagung modifikasi yang kaya akan kandungan bahan kimia dan pestisida. Hal ini tentu bisa membahayakan kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi, bukan?

Selain itu, kita juga bisa menemukan konsentrat tomat, bukannya tomat alami pada saus tomat botolan. Masalahnya adalah konsentrat tomat ini sudah tidak memiliki kandungan esensial layaknya vitamin dan mineral sehingga kita sebenarnya tidak akan mendapatkan nutrisi sehat apapun dari bahan makanan ini.

Di dalam saus tomat botolan juga seringkali terdapat kandungan sirup jagung fruktosa tinggi. Meski bisa membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat, bahan ini dikenal luas tidak sehat dan berpotensi menyebabkan keracunan. Bahkan, sering mengonsumsinya bisa membuat kadar gula darah melonjak tajam sehingga bisa memicu datangnya diabetes, gangguan sistem imun, dan penyakit jantung.

Kandungan Gula dan Natrium di Dalam Saus Tomat

Pakar kesehatan menyebut di dalam sebotol saus tomat terdapat kandungan gula hingga 25 persen. Hal ini berarti, jika kita membeli saus tomat dengan botol ukuran 120 ml, maka seperempatnya atau sekitar 30 ml dari saus ini adalah gula. Jumlah ini lebih dari separuh asupan gula maksimal yang harus dibatasi

Read the rest

Phenylephrine: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

DokterSehat.Com – Obat Phenylephrine adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi gejala hidung tersumbat dalam durasi sementara. Ketahui apa itu obat Phenylephrine, fungsi, dosis, cara kerja, efek samping, dll. 

Informasi Umum Obat Phenylephrine

Berikut ini adalah informasi umum obat Phenylephrine, yaitu:

Nama Obat Phenylephrine
Kandungan Obat Phenylephrine
Kategori Obat Obat dengan resep dokter
Manfaat Obat Mengatasi hidung tersumbat 
Sediaan Obat Tablet, sirop, tetes mata 
Harga Obat 12.600/10 tablet

Harga obat Phenylephrine mungkin berbeda di setiap apotik. Obat Phenylephrine juga tersedia dalam berbagai merek dagang seperti, Bodrex Flu, Contrexyn Flu, Decolgen Pe, Fludexin, Donexan DX, Sudafed PE Congestion, dll. 

Phenylephrine Obat Apa? 

Obat Phenylephrine adalah obat yang berfungsi untuk mengurangi gejala hidung tersumbat dalam waktu sementara. Gejala hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh penyakit flu biasa, alergi, sinus, sakit telinga karena flu, dan berbagai masalah gangguan pernapasan lainnya. 

Phenylephrine adalah obat yang termasuk dalam kelas obat dekongestan hidung. Obat Phenylephrine dapat meredakan gejala hidung tersumbat namun tidak dapat mengobati penyebab atau penyakit utama dari hidung tersumbat tersebut. 

Obat Phenylephrine juga tersedia dalam bentuk tetes mata untuk mengatasi gejala mata merah, serta terkandung dalam bentuk salep untuk meredakan gejala pembengkakan pada penyakit wasir. 

Manfaat Phenylephrine

Apa saja manfaat Phenylephrine HCL? Berikut ini adalah daftar manfaat Phenylephrine HCL, yaitu: 

  • Meredakan gejala hidung tersumbat untuk sementara 
  • Melegakan saluran pernapasan 
  • Mengurangi pembengkakan pembuluh darah di hidung

Obat Phenylephrine juga digunakan untuk mengatasi gejala hidung tersumbat pada penyakit sinusitis dan bronkitis, namun tidak menyembuhkan penyakit tersebut. 

Sementara obat tetes mata Phenylephrine berfungsi untuk: 

  • Mengatasi mata merah 
  • Mengatasi mata kering 
  • Mengatasi iritasi karena debu, paparan sinar UV, dan iritasi lainnya

Obat Phenylephrine juga berfungsi untuk mengatasi berbagai kondisi medis yang harus diresepkan khusus dari dokter, seperti menangani gejala Takikardia Supraventrikular dan hipotensi. 

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Cara Kerja Obat Phenylephrine

Cara kerja

Read the rest

Phenylephrine: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

DokterSehat.Com – Obat Phenylephrine adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi gejala hidung tersumbat dalam durasi sementara. Ketahui apa itu obat Phenylephrine, fungsi, dosis, cara kerja, efek samping, dll. 

Informasi Umum Obat Phenylephrine

Berikut ini adalah informasi umum obat Phenylephrine, yaitu:

Nama Obat Phenylephrine
Kandungan Obat Phenylephrine
Kategori Obat Obat dengan resep dokter
Manfaat Obat Mengatasi hidung tersumbat 
Sediaan Obat Tablet, sirop, tetes mata 
Harga Obat 12.600/10 tablet

Harga obat Phenylephrine mungkin berbeda di setiap apotik. Obat Phenylephrine juga tersedia dalam berbagai merek dagang seperti, Bodrex Flu, Contrexyn Flu, Decolgen Pe, Fludexin, Donexan DX, Sudafed PE Congestion, dll. 

Phenylephrine Obat Apa? 

Obat Phenylephrine adalah obat yang berfungsi untuk mengurangi gejala hidung tersumbat dalam waktu sementara. Gejala hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh penyakit flu biasa, alergi, sinus, sakit telinga karena flu, dan berbagai masalah gangguan pernapasan lainnya. 

Phenylephrine adalah obat yang termasuk dalam kelas obat dekongestan hidung. Obat Phenylephrine dapat meredakan gejala hidung tersumbat namun tidak dapat mengobati penyebab atau penyakit utama dari hidung tersumbat tersebut. 

Obat Phenylephrine juga tersedia dalam bentuk tetes mata untuk mengatasi gejala mata merah, serta terkandung dalam bentuk salep untuk meredakan gejala pembengkakan pada penyakit wasir. 

Manfaat Phenylephrine

Apa saja manfaat Phenylephrine HCL? Berikut ini adalah daftar manfaat Phenylephrine HCL, yaitu: 

  • Meredakan gejala hidung tersumbat untuk sementara 
  • Melegakan saluran pernapasan 
  • Mengurangi pembengkakan pembuluh darah di hidung

Obat Phenylephrine juga digunakan untuk mengatasi gejala hidung tersumbat pada penyakit sinusitis dan bronkitis, namun tidak menyembuhkan penyakit tersebut. 

Sementara obat tetes mata Phenylephrine berfungsi untuk: 

  • Mengatasi mata merah 
  • Mengatasi mata kering 
  • Mengatasi iritasi karena debu, paparan sinar UV, dan iritasi lainnya

Obat Phenylephrine juga berfungsi untuk mengatasi berbagai kondisi medis yang harus diresepkan khusus dari dokter, seperti menangani gejala Takikardia Supraventrikular dan hipotensi. 

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Cara Kerja Obat Phenylephrine

Cara kerja

Read the rest

Awas, Polusi Udara Bisa Merusak Daya Ingat

Photo Source: Flickr/recondoil

DokterSehat.Com– Penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris menghasilkan fakta terbaru tentang bahaya polusi udara. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa orang yang terpapar polusi udara cenderung rentan mengalami penurunan memori yang setara dengan penuaan selama 10 tahun!

Kaitan Antara Polusi dengan Daya Ingat

Dalam penelitian yang dilakukan di University of Warwick, Coventry ini, disebutkan bahwa 34 ribu partisipan dari Inggris dilibatkan. Para peneliti juga mengecek kualitas udara dari 318 wilayah di Inggris, khususnya dalam hal kadar nitrogen dioksida dan partikel PM10 atau partikel di dalam udara dengan ukuran 10 mikrometer ke bawah. Sebagai informasi, nitrogen dioksida dan PM10 bida ditemukan dari gas buang kendaraan bermotor, pembangkit listrik, dan industri.

Para partisipan kemudian diminta untuk melakukan tes untuk mengingat kata. Mereka juga dicek faktor usianya, kondisi kesehatan, level pendidikan, ras, status keluarga, hingga pekerjaannya. Hasilnya adalah, mereka yang tinggal di wilayah dengan tingkat nitrogen dioksida dan PM10 tinggi cenderung mendapatkan skor tes daya ingat yang rendah.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam Ecological Economics Journal ini, disebutkan bahwa masyarakat yang tinggal di wilayah dengan kualitas udara yang baik seperti di Devon atau Somerset memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan yang tinggal di kasasan dengan kualitas udara terburuk seperti di Kensington dan Ilsington yang masuk di wilayah London.

“Orang-orang yang tinggal di wilayah Kensington dengan usia 50-an memiliki kemampuan mengingat yang setara dengan orang-orang dengan usia 60-an dari wilayah Devon. Hanya saja, kami masih belum yakin bagaimana bisa polusi udara bisa memberikan dampak in,” ucap Prof. Andrew Oswald yang terlibat dalam penelitian ini.

Menjaga Daya Ingat

Masalah daya ingat bisa saja mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Bahkan, jika dibiarkan bisa jadi akan menyebabkan dampak yang lebih serius seperti demensia atau alzheimer. Karena alasan inilah sebaiknya kita menjaganya dengan baik.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan

Read the rest