Sering Lembur Bisa Picu Diabetes?

By | August 8, 2019


DokterSehat.Com– Ada banyak sekali alasan yang bisa membuat kita bekerja lembur. Sebagai contoh, pekerjaan yang masih menumpuk atau melakukan pekerjaan tambahan demi mendapatkan pendapatan lebih banyak bisa menjadi penyebabnya. Masalahnya adalah jika kita sering bekerja lembur, risiko untuk terkena masalah kesehatan akan semakin meningkat, termasuk di antaranya adalah risiko diabetes.

Sering lembur bisa meningkatkan risiko diabetes

Bekerja lembur akan membuat waktu istirahat berkurang dengan drastis. Jika hal ini ditambah dengan stres yang tinggi, maka tubuh tentu akan lebih rentan mengalami peradangan dan terkena berbagai macam penyakit.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam BMJ Open Diabetes Research and Care Journal yang terbit pada 2018 silam, dihasilkan fakta bahwa sering bekerja lembur memang bisa meningkatkan risiko diabetes dengan signifikan, khususnya bagi kaum wanita.

Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 7.000 pekerja ini, dihasilkan fakta bahwa wanita yang bekerja lebih dari 45 jam atau lebih dalam sepekan cenderung memiliki risiko diabetes tipe 2 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang bekerja dalam jam yang normal, yakni sekitar 35 hingga 45 jam seminggu. Menariknya, dampak ini tidak terjadi pada kaum pria.

Pemimpin penelitian ini, Peter Smith, menyebut peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 pada kaum hawa ini bahkan bisa mencapai 50 persen pada wanita yang sering bekerja lembur. Menurut penelitian yang dilakukan di Institute for Work and Health, Toronto, Kanada ini, bekerja lembur termasuk dalam gaya hidup yang tidak sehat dan berisiko sehingga sangat tidak disarankan untuk dilakukan siapa saja.

Smith juga menyebut jam kerja yang sangat panjang akan menyebabkan datangnya stres, kekacauan hormon, dan kemudian berimbas pada gangguan produksi insulin. Padahal, jika kita sampai mengalami resistensi insulin, maka risiko untuk terkena diabetes akan meningkat dengan signifikan.

Mengapa wanita lembur lebih rentan terkena diabetes?

Cameron Mustard, pakar kesehatan dari Institute for Work and Health menyebut wanita memang jauh lebih berisiko terkena diabetes atau penyakit-penyakit kronis lainnya jika sering bekerja lembur. Hanya saja, penelitian ini belum bisa menemukan apa alasannya.

Dibandingkan dengan kaum pria, risiko ini memang jauh lebih besar. Hal ini dipicu oleh kecenderungan pria untuk bisa beristirahat setelah sampai di rumah, namun bagi kaum wanita, mereka masih harus melakukan berbagai macam pekerjaan rumah tangga sehingga akan kekurangan waktu beristirahat.

Jika para wanita ini juga tidak bisa menjaga kebiasaan makan atau melakukan olahraga, bisa saja memicu kekacauan gula darah atau gangguan sensitivitas insulin. Kondisi inilah yang kemudian berimbas pada datangnya diabetes.

Selain itu, dampak dari stres akibat pekerjaan yang terlalu berat ternyata juga akan jauh lebih terasa pada kaum hawa. Hal ini juga bisa ikut memicu kekacauan hormon yang akhirnya berujung pada datangnya diabetes.

Bagaimana jika kita memang harus melakukan kerja lembur?

Karena faktor kebutuhan ekonomi, banyak orang yang terpaksa harus bekerja dalam jam kerja yang sangat panjang, melakukan pekerjaan ganda, dan lain-lain. Jika kita memang tidak bisa menghindari hal ini, ada baiknya lebih cermat dalam menjaga kondisi kesehatan.

Sebagai contoh, kita bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah secara teratur sehingga bisa mengecek kondisi kesehatan tubuh dengan baik. Selain itu, kita bisa menjadi lebih aktif berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan.

Pastikan pula untuk tidak merokok dan menjaga pola makan dengan baik sehingga kadar gula darah akan terjaga dan risiko terkena diabetes pun bisa diturunkan.





Source link