Pertumbuhan Rambut Pria: Faktor, Suplemen, Makanan

Pertumbuhan Rambut Pria: Faktor, Suplemen, Makanan

[ad_1]

menumbuhkan-rambut-pria-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama ini kita selalu menganggap kalau hanya wanita yang memperhatikan kesehatan rambutnya. Pria sering tidak acuh dengan kesehatan rambutnya. Asal terlihat rapi saja tidak masalah. Namun, kesehatan rambut juga menentukan penampilan. Apalagi pria bekerja sebagai public figure, kesehatan rambut adalah sesuatu yang penting.

Hal yang memengaruhi pertumbuhan rambut

Tahukah Anda kalau pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh banyak hal. Tidak hanya masalah nutrisi untuk rambut yang didapatkan, tapi juga masalah genetik. Seseorang yang memiliki riwayat dari keluarga berambut tebal dan mudah panjang, kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh pola makan yang dilakukan seseorang. Apa saja yang masuk ke dalam tubuh berdampak besar pada rambut yang dimiliki. Selanjutnya usia dan tipe dari rambut juga menentukan. Kalau pria cenderung memiliki rambut kering, kemungkinan cepat panjang akan rendah. Terakhir, stres, obat, dan kondisi medis tertentu juga memengaruhi.

Rambut di kepala umumnya tumbuh sepanjang 1,25 cm per bulan. Pada beberapa orang bisa kurang dari ini atau bahkan lebih besar. Ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan dan kecepatan rambut untuk tumbuh. Kita akan membahasnya di poin selanjutnya.

Cara rambut tumbuh di kulit kepala

Tahukah Anda kalau di dalam tubuh terdapat sekitar 5 juta folikel yang bisa menumbuhkan rambut. Dari total folikel itu sekitar 100 ribu tumbuh dengan subur di kulit kepala. Inilah yang sering kita sebut sebagai mahkota dari kepala.

Rambut bisa tumbuh dengan baik melalui tiga tahapan. Tahap pertama bernama anagen, pertumbuhan ini berjalan dengan cepat dan umumnya berjalan selama 2-6 tahun. Selanjutnya catagen atau fase transisi hingga rambut berhenti tumbuh. Fase ini berjalan selama 2-3 minggu. Terakhir fase telogen atau fase saat rambut mulai rontok dengan sendirinya.

Cara meningkatkan kesehatan rambut

Menjaga kesehatan rambut pada pria tidak hanya dengan mencucinya hingga bersih lalu selesai. Ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan agar rambut bisa tumbuh dengan cepat dan sehat.

  1. Menjaga pola tidur

Kita sering menganggap kalau tidur tidak ada hubungannya dengan rambut. Padahal tidur memiliki dampak yang besar untuk tubuh secara menyeluruh. Dalam satu hari kita disarankan untuk tidur selama 7-9 jam. Kalau tidur bisa dilakukan dengan baik, pertumbuhan rambut bisa berjalan dengan lebih cepat dan sehat.

  1. Menurunkan stres

Stres yang berlebihan pada tubuh bisa menyebabkan rambut jadi rontok dengan sendirinya. Saat stres terjadi, inflamasi di tubuh akan banyak terjadi termasuk di bagian folikel rambut. Kalau Anda sering mengalami stres atau merasa tertekan, lakukan meditasi, yoga, mendengarkan musik, atau apa pun agar tubuh menjadi lebih relaks.

  1. Jangan terlalu kasar dengan rambut

Jangan terlalu kasar dengan rambut. Kalau Anda terlalu kasar dengan rambut seperti saat sedang menyisir, kemungkinan besar bisa memicu beberapa masalah seperti rambut rontok dan bisa saja muncul kebotakan. Seperti yang kita tahu, pria cenderung mudah mengalami kebotakan dibandingkan wanita.

  1. Pijat kulit kepala

Lakukan pemijatan di kulit kepala secara perlahan-lahan. Pemijatan selama beberapa menit bisa membuat sirkulasi di folikel berjalan dengan lancar. Pemijatan harus dilakukan secara perlahan dan jangan sampai menjambak atau mencabut rambut di kepala.

Dari studi yang dilakukan, pemijatan harus dilakukan secara perlahan dan menggunakan alat. Kalau menggunakan tangan kemungkinan memicu rontok akan besar. Pemijatan yang dilakukan secara rutin bisa membuat rambut pria menjadi lebih tebal setelah 24 minggu atau 6 bulan.

  1. Berhenti merokok

Rambut akan terus tumbuh setiap saat asal belum masuk fase catagen. Siklus akan terus berjalan apalagi kita rutin merapikannya. Akar rambut atau folikel akan terus menumbuhkan rambut dengan sehat asal gaya hidup kita terjaga Kalau kita merokok kemungkinan besar  folikel akan mengalami gangguan.

Rokok dikenal memberikan cukup banyak dampak buruk pada tubuh. Dampak buruk itu terdiri dari gangguan pada mulut, pembuluh darah, hingga ke folikel. Racun dan asap dari rokok bisa membuat folikel menjadi rusak dan akhirnya rambut sulit tumbuh atau terus rontok.

Makanan penumbuh rambut pria

Selain menerapkan cara di atas, seorang pria yang ingin menjaga kesehatan rambutnya harus makan dengan benar. Kalau hanya asal makan saja, rambut bisa saja rontok dengan sendirinya. Pria harus bisa makan sesuatu yang segar seperti buah dan juga sayuran. Vitamin dan mineral juga harus kaya.

Secara umum makanan yang harus dikonsumsi terdiri dari makanan yang mengandung zat besi seperti aneka sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Selanjutnya makanan yang kaya dengan protein seperti telur, daging, dan ikan juga bisa dikonsumsi setiap harinya.

Suplemen rambut untuk pria

Kalau Anda ingin menggunakan suplemen untuk menjaga kesehatan rambut, beberapa yang harus didapatkan oleh tubuh terdiri dari:

  • Omega-3 dan omega-6 dari ikan.
  • Biotin.
  • Seng.
  • Berbagai jenis vitamin B.
  • Vitamin D.
  • Vitamin C.

Selanjutnya beberapa bahan yang bisa digunakan dan sangat dianjurkan untuk kesehatan rambut terdiri dari:

  • Buah dan minyak dari biji-bijian.
  • Keratin.
  • Protein khususnya hewani.
  • Kafein dari minuman.
  • Minyak esensial.

Selanjutnya bahan yang harus dihindari terdiri dari:

  • Sulfat.
  • Alkohol.
  • Polyethylene glycol atau PEG
  • Penghilang warna atau pemutih.
  • Pewarna rambut.

Inilah beberapa ulasan tentang cara mempercepat pertumbuhan rambut pria dan menjaga kesehatannya. Nah, selama menjalani kehidupan, pernahkah Anda menjaga kesehatan rambut dengan baik? Pernahkah merawat rambut selain melakukan keramas dan memotongnya secara rutin agar rapi? Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.



[ad_2]

Source link

AKDSEO