Persahabatan: Perkaya hidup Anda dan tingkatkan kesehatan Anda

Persahabatan: Perkaya hidup Anda dan tingkatkan kesehatan Anda

Temukan hubungan antara kesehatan dan persahabatan, dan cara mempromosikan dan menjaga persahabatan yang sehat.

Persahabatan dapat memiliki dampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan Anda, tetapi tidak selalu mudah untuk membangun atau mempertahankan persahabatan. Pahami pentingnya persahabatan dalam hidup Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan dan memelihara persahabatan.
Apa manfaat persahabatan?

Teman baik baik untuk kesehatan Anda. Teman-teman dapat membantu Anda merayakan masa-masa indah dan memberikan dukungan saat masa-masa buruk. Teman-teman mencegah kesepian dan memberi Anda kesempatan untuk menawarkan persahabatan yang dibutuhkan juga. Teman juga dapat:

  • Tingkatkan rasa memiliki dan tujuan Anda
  • Tingkatkan kebahagiaan Anda dan kurangi stres Anda
  • Tingkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda
  • Membantu Anda mengatasi trauma, seperti perceraian, penyakit serius, kehilangan pekerjaan atau kematian orang yang dicintai
  • Dorong Anda untuk mengubah atau menghindari kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, seperti minum berlebihan atau kurang olahraga

Teman juga memainkan peran penting dalam mempromosikan kesehatan Anda secara keseluruhan. Orang dewasa dengan dukungan sosial yang kuat memiliki pengurangan risiko banyak masalah kesehatan yang signifikan, termasuk depresi, tekanan darah tinggi dan indeks massa tubuh (BMI) yang tidak sehat. Penelitian bahkan menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan kehidupan sosial yang kaya cenderung hidup lebih lama daripada teman sebayanya dengan koneksi yang lebih sedikit.

Mengapa terkadang sulit untuk berteman atau menjaga persahabatan?

Banyak orang dewasa merasa sulit untuk mengembangkan pertemanan baru atau mempertahankan pertemanan yang ada. Persahabatan dapat mengambil kursi belakang ke prioritas lain, seperti bekerja atau merawat anak-anak atau orang tua yang lanjut usia. Anda dan teman Anda mungkin telah tumbuh terpisah karena perubahan dalam hidup atau minat Anda. Atau mungkin Anda sudah pindah ke komunitas baru dan belum menemukan cara untuk bertemu orang.

Mengembangkan dan memelihara persahabatan yang baik membutuhkan upaya. Namun, kenikmatan dan kenyamanan yang bisa diberikan persahabatan membuat investasi itu berharga.

Berapa jumlah teman yang sehat?

Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Meskipun baik untuk memupuk jaringan teman dan kenalan yang beragam, Anda juga ingin membina beberapa teman yang benar-benar dekat yang akan ada di sana untuk Anda melalui kesulitan.

Apa sajakah cara untuk bertemu orang baru?

Mungkin saja Anda mengabaikan teman potensial yang sudah ada di jejaring sosial Anda. Pikirkan orang-orang yang berinteraksi dengan Anda – bahkan dengan sangat santai – yang membuat kesan positif.

Anda mungkin menemukan teman potensial di antara orang-orang dengan siapa:

  • Anda sudah bekerja atau mengikuti kelas
  • Anda sudah berteman di masa lalu, tetapi sejak itu kehilangan kontak
  • Anda senang mengobrol dengan di pertemuan sosial
  • Anda berbagi ikatan keluarga

Jika ada yang menonjol dalam ingatan Anda sebagai seseorang yang ingin Anda kenal lebih baik, jangkau. Mintalah teman bersama atau kenalan untuk berbagi informasi kontak orang tersebut, atau – bahkan lebih baik – untuk memperkenalkan kembali Anda berdua dengan teks, email, atau kunjungan langsung. Perpanjang undangan untuk minum kopi atau makan siang.

To meet new people who might become your friends, you have to go to places where others are gathered. Don’t limit yourself to one strategy for meeting people. The broader your efforts, the greater your likelihood of success.

Persistence also matters. Take the initiative rather than waiting for invitations to come your way, and keep trying. You may need to suggest plans a few times before you can tell if your interest in a new friend is mutual.

For example, try several of these ideas:

Hadiri acara komunitas. Cari grup atau klub yang berkumpul di sekitar minat atau hobi yang Anda bagikan. Kelompok-kelompok ini sering terdaftar di koran atau di papan buletin komunitas. Ada juga banyak situs web yang membantu Anda terhubung dengan teman baru di lingkungan atau kota Anda. Lakukan pencarian Google menggunakan istilah seperti [kota Anda] + jejaring sosial, atau [pertemuan Anda] + pertemuan.

Sukarelawan. Tawarkan waktu atau bakat Anda di rumah sakit, tempat ibadah, museum, pusat komunitas, kelompok amal atau organisasi lain. Anda dapat membentuk koneksi yang kuat ketika Anda bekerja dengan orang-orang yang memiliki minat bersama.

Perpanjang dan terima undangan. Undang teman untuk bergabung dengan Anda untuk minum kopi atau makan siang. Saat Anda diundang ke pertemuan sosial, katakan ya. Hubungi seseorang yang baru-baru ini mengundang Anda ke suatu kegiatan dan membalas budi.


Ambil minat baru. Ikuti kursus pendidikan perguruan tinggi atau komunitas untuk bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama. Bergabunglah dengan kelas di gym lokal, pusat senior, atau fasilitas kebugaran komunitas.


Bergabunglah dengan komunitas agama. Manfaatkan kegiatan khusus dan acara mengenal Anda untuk anggota baru.
Jalan-jalan. Ambil anak-anak Anda atau hewan peliharaan dan pergi ke luar. Mengobrol dengan tetangga yang juga keluar dan sekitar atau menuju ke taman populer dan memulai percakapan di sana

Yang terpenting, tetaplah positif. Anda mungkin tidak berteman dengan semua orang yang Anda temui, tetapi mempertahankan sikap ramah dan sikap dapat membantu Anda meningkatkan hubungan dalam hidup Anda dan menabur benih persahabatan dengan kenalan baru.

Bagaimana media sosial memengaruhi persahabatan?


Bergabung dengan grup obrolan atau komunitas daring mungkin membantu Anda membuat atau mempertahankan koneksi dan menghilangkan kesepian. Namun, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan situs jejaring sosial tidak harus diterjemahkan ke jaringan offline yang lebih besar atau hubungan offline yang lebih dekat dengan anggota jaringan. Selain itu, ingatlah untuk berhati-hati saat berbagi informasi pribadi atau mengatur aktivitas dengan seseorang yang baru Anda temui online.

Bagaimana saya bisa memelihara pertemanan saya?

Mengembangkan dan memelihara pertemanan yang sehat melibatkan memberi dan menerima. Terkadang Andalah yang memberi dukungan, dan di lain waktu Anda berada di pihak penerima. Memberi tahu teman bahwa Anda peduli dengan mereka dan menghargai mereka dapat membantu memperkuat ikatan Anda. Penting bagi Anda untuk menjadi teman yang baik seperti halnya mengelilingi diri Anda dengan teman-teman yang baik.

Untuk memelihara persahabatan Anda:

Berbaik. Perilaku paling mendasar ini, ditekankan selama masa kanak-kanak, tetap menjadi inti dari hubungan orang dewasa yang sukses. Anggap persahabatan sebagai rekening bank yang emosional. Setiap tindakan kebaikan dan setiap ungkapan terima kasih adalah setoran ke akun ini, sementara kritik dan negativitas menarik akun tersebut.

Dengarkan. Tanyakan apa yang terjadi dalam kehidupan teman Anda. Biarkan orang lain tahu bahwa Anda memperhatikan dengan seksama melalui kontak mata, bahasa tubuh dan komentar singkat sesekali seperti, “Kedengarannya menyenangkan.” Saat teman berbagi perincian tentang masa-masa sulit atau pengalaman sulit, bersikap empati, tetapi jangan memberi saran kecuali teman Anda memintanya.

Buka. Bangun keintiman dengan teman-teman Anda dengan membuka diri Anda. Bersedia mengungkapkan pengalaman dan masalah pribadi menunjukkan bahwa teman Anda memegang tempat khusus dalam hidup Anda, dan memperdalam hubungan Anda.

Tunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya. Menjadi bertanggung jawab, dapat diandalkan, dan dapat diandalkan adalah kunci untuk membentuk persahabatan yang kuat. Jaga keterlibatan Anda dan tiba tepat waktu. Ikuti komitmen yang Anda buat pada teman-teman Anda. Saat teman Anda berbagi informasi rahasia, jaga kerahasiaannya.

Jadikan diri Anda tersedia. Membangun persahabatan yang akrab membutuhkan waktu – bersama. Berusaha untuk melihat teman baru secara teratur, dan untuk check-in dengan mereka di antara pertemuan. Anda mungkin merasa canggung beberapa kali pertama Anda berbicara di telepon atau berkumpul, tetapi perasaan ini sepertinya akan berlalu begitu Anda merasa lebih nyaman satu sama lain.

Kelola saraf Anda dengan perhatian penuh. Anda mungkin mendapati diri Anda membayangkan situasi sosial terburuk, dan merasa tergoda untuk tinggal di rumah. Gunakan latihan kesadaran untuk membentuk kembali pemikiran Anda. Setiap kali Anda membayangkan yang terburuk, perhatikan seberapa sering situasi memalukan yang Anda takuti benar-benar terjadi. Anda mungkin memperhatikan bahwa skenario yang Anda takuti biasanya tidak terjadi.

Ketika situasi yang memalukan terjadi, ingatkan diri Anda bahwa perasaan Anda akan berlalu, dan Anda dapat menanganinya sampai terjadi.

Yoga dan praktik relaksasi pikiran-tubuh lainnya juga dapat mengurangi kecemasan dan membantu Anda menghadapi situasi yang membuat Anda merasa gugup.

Ingat, tidak ada kata terlambat untuk membangun pertemanan baru atau terhubung kembali dengan teman lama. Investasikan waktu dalam menjalin pertemanan dan memperkuat pertemanan Anda dapat menghasilkan kesehatan yang lebih baik dan pandangan yang lebih cerah untuk tahun-tahun mendatang.

AKDSEO