Permen Karet Bisa Cegah Masalah Asam Lambung?

By | August 14, 2019


DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk mengatasi masalah asam lambung tinggi. Mereka bahkan sampai menghindari makanan atau minuman tertentu yang sebenarnya memiliki rasa yang nikmat. Hanya saja, belakangan disebutkan bahwa mengonsumsi permen karet bisa membantu mencegah datangnya masalah kesehatan ini. Apakah anggapan ini memang benar?

Benarkah permen karet bisa mencegah masalah asam lambung?

Masalah asam lambung atau juga yang dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung ini kemudian naik hingga ke bagian kerongkongan atau pangkal mulut. Tak hanya membuat sensasi tidak nyaman, hal ini juga akan memicu sensasi terbakar pada ulu hati dan dada serta sensasi asam dan pahit pada mulut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Dental Research menghasilkan fakta bahwa mengonsumsi permen karet bisa mencegah kenaikan asam lambung. Hanya saja, permen karet yang dikonsumsi adalah yang bebas gula. Kita hanya perlu mengonsumsinya sekitar 30 menit usai makan demi mencegah masalah kesehatan ini.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Rebecca Moazzez, seorang peneliti dari King’s College London, Inggris, juga menghasilkan fakta yang sama. Jika kita baru saja mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi dan dalam waktu 30 menit kemudian mengunyah permen karet, maka akan mampu mencegah masalah asam lambung tinggi.

Bagaimana bisa permen karet bisa mencegah datangnya masalah asam lambung? Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi air liur saat kita mengunyahnya. Keberadaan air liur ini bisa menetralisir tingkat keasaman (pH) yang ada di dalam lambung sehingga akhirnya mencegah kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan.

Permen karet seperti apa yang bisa mencegah kenaikan asam lambung?

Jika kita cermati, ada banyak sekali jenis permen karet yang dijual di pasaran. Permen-permen karet ini juga bisa ditemukan dengan berbagai variasn rasa yang menarik. Masalahnya adalah tidak semua permen karet bisa membantu mencegah datangnya kenaikan asam lambung.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi permen karet bikarbonat yang rendah atau bahkan bebas gula. Permen karet ini bisa ditemukan di apotek-apotek terdekat. Keberadaan bikarbonat inilah yang bisa membantu menetralkan sensasi asam pada lambung sehingga akan mencegah kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan.

Permen karet yang sebaiknya dihindari pengidap masalah asam lambung

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, tidak semua permen karet bisa mencegah kenaikan asam lambung. Beberapa diantaranya bahkan bisa meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan ini. Sebagai contoh, permen karet yang digemari oleh banyak orang, yakni permen karet peppermint justru sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengidap maag atau refluks asam lambung.

Meskipun bisa membuat napas lebih segar, keberadaan peppermint ini akan membuat katup kerongkongan yang menjadi pembatas dengan lambung, yakni sfringter menjadi lebih rileks. Fungsinya untuk mencegah kenaikan asam lambung pun menurun sehingga masalah asam lambung tinggi akan lebih mudah muncul.

Hal lain yang bisa diterapkan demi mencegah kenaikan asam lambung

Selain dengan mengunyah permen karet, pakar kesehatan menyarankan penderita asam lambung tinggi untuk tidak lagi merokok atau menghindari asap rokok. Hal ini disebabkan oleh kemampuan asap rokok dalam mengiritasi lambung dan akhirnya meningkatkan risiko kekambuhan masalah kesehatan ini.

Hanya saja, jika masalah refluks asam lambung tinggi ini sudah sangat parah dan sering kambuh, sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter demi mendapatkan obat atau terapi yang tepat demi mengatasinya.





Source link