Multiple Sclerosis Pemicu Lelah: Tanda dan Penanganan

By | August 3, 2019


DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang umum dialami oleh banyak wanita adalah multiple sclerosis. Penyakit termasuk gangguan autoimun yang membuat tubuh justru menyerang organnya sendiri. Dampaknya gangguan pada tubuh akan sering terjadi dan salah satunya adalah lelah yang sangat berlebihan.

Gejala multiple sclerosis pemicu lelah

Salah satu efek dari multiple sclerosis yang akan dialami oleh banyak orang adalah rasa lelah. Bahkan, sekitar 90% penderita multiple sclerosis akan mengalami lelah jauh sebelum kondisi ini terdiagnosis. Saat masih dalam tahap awal, rasa lelah akan mudah sekali muncul setiap harinya.

Mengalami lelah memang sangat wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun, kalau mengalami rasa lelah yang abnormal dan muncul beberapa gejala di bawah ini kemungkinan besar Anda mengalami multiple sclerosis.

  • Rasa lelah yang terjadi semakin parah dari waktu ke waktu. Anda akan sulit memiliki energi yang cukup besar.
  • Rasa lelah terjadi setiap hari. Kalau rasa lelah biasa mungkin hanya muncul saat Anda bekerja terlalu berat. Namun, lelah yang muncul karena kondisi multiple sclerosis ini tidak mengenal hal itu.
  • Muncul saat pagi hari. Setelah tidur nyenyak di malam hari tentu kita akan merasa nyaman dan rasa lelahnya hilang. Dengan kondisi ini Anda bisa bekerja seperti biasanya. Kalau kondisi multiple sclerosis terjadi, Anda akan sulit sekali bekerja dengan baik.
  • Lelah semakin parah saat siang hari. Saat pagi hari lelah muncul mungkin Anda akan istirahat sejenak atau mugkin makan. Namun, apa pun yang dilakukan seperti tidak ada efeknya sama sekali. Tubuh tetap terasa sangat lelah dan Anda semakin sulit melakukan apa pun.
  • Tidak kuat dengan udara yang sangat panas. Kalau awalnya Anda sehat, begitu terkena panas meski hanya sebentar saja bisa langsung lemas dan lelah.
  • Mengalami gangguan fisik dan juga mental perlahan-lahan.

Komplikasi dari multiple sclerosis

Kondisi multiple sclerosis memang sangat mengganggu meski tidak selalu memicu gangguan pada tubuh seperti penurunan angka ekspektasi hidup. Kalau kondisi multiple sclerosis tidak segera mendapatkan penanganan yang baik, komplikasi di bawah ini akan terjadi.

  • Kalau tubuh sangat lelah dan sampai mengalami gangguan mental, kondisi insomnia akan semakin mudah terjadi. Kalau sampai insomnia terjadi, Anda akan semakin tidak nyaman dan tubuh kian menurun kekuatannya setiap hari.
  • Jadi sering mengalami sakit kepala. Terus mengalami sakit kepala akan sangat mengganggu. Tidur dan bekerja pun tidak bisa maksimal dilakukan setiap harinya.
  • Mengalami gangguan pada indera perasa. Gangguan ini membuat Anda jadi sulit merasakan mana manis, asin, pahit, dan asam.
  • Gangguan pada mata. Meski Anda awalnya tidak memiliki gangguan pada mata seperti rabun jauh, saat mengalami multiple sclerosis, kondisi itu akan muncul dan membuat Anda sulit melihat dengan jelas.
  • Akan muncul bercak atau noda di tubuh.

Penyebab multiple sclerosis

Hingga saat ini para ahli belum menemukan penyebab utama dari multiple sclerosis yang dialami oleh seseorang. Meski demikian, ada beberapa dugaan yang mengarah pada penggunaan energi yang besar. Saat tubuh mengalami autoimun, serangan demi serangan akan terjadi di tubuh dan menyebabkan kelelahan yang cukup berlebihan.

Selanjutnya inflamasi dan kerusakan pada saraf yang terjadi pada saraf dan terus-menerus juga memicu rasa lelah yang berlebihan. Rasa lelah ini akan menumpuk dan memicu gangguan pada otot, gangguan tidur, depresi, masalah berkemih, hingga sakit yang terjadi di tubuh.

Seseorang yang mengalami multiple sclerosis mungkin akan mendapati beberapa perubahan pada dirinya. Saat melakukan gerakan yang repetitif seperti berjalan atau menggerakkan tangan, otot akan mudah sekali lelah. Dengan otot yang mudah lelah inilah Anda akan mengalami tubuh yang sangat lemas.

Penanganan multiple sclerosis

Penanganan multiple sclerosis memang tidak mudah dan tidak bisa dengan hanya minum obat lalu selesai. Apalagi penyakit ini jenis yang tidak bisa disembuhkan. Agar penanganan multiple sclerosis bisa berjalan dengan lancar, beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan.

  • Mulai belajar bagaimana mengelola energi yang dimiliki oleh tubuh. Pengelolaan energi yang baik akan membuat Anda mudah sekali mencegah lelah datang dengan cepat. Dengan energi yang kecil, pekerjaan bisa dimaksimalkan.
  • Melakukan latihan fisik dan terapi yang dilakukan untuk mencegah kehilangan otot. Kalau kita pasif, kadang otot akan hilang begitu saja. Selain itu kita juga disarankan untuk melakukan latihan untuk meningkatkan energi yang dimiliki oleh tubuh.
  • Memiliki jadwal tidur yang konsisten. Dengan jadwal tidur yang konsisten ini Anda akan bisa menyimpan energi dan menambahnya sehingga saat pagi hari kelelahan tidak akan terlalu besar. Hindari begadang atau terlalu banyak mengonsumsi kopi.
  • Belajarlah strategi untuk menangani panas. Kalau Anda masih belum bisa menangani panas, tubuh akan mudah lelah. Apalagi kalau pergi keluar rumah dan terkena sinar matahari.
  • Belajar bagaimana mengendalikan diri terhadap situasi atau kondisi fisik yang dialami. Beberapa orang kerap merasa tidak nyaman kalau fisiknya lemah. Akhirnya mereka mengalami stres atau depresi. Mulai terima kondisi tubuh dan berusahalah untuk mengatasinya, tidak malah pasrah.
  • Menghidrasi tubuh dengan minum 6-8 gelas.
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat.
  • Mengetahui pemicu lelah yang muncul. Biasanya setiap penderita multiple sclerosis memiliki pemicu yang berbeda-beda.
  • Mengonsumsi suplemen yang bisa menaikkan energi tubuh tanpa memberikan efek samping yang besar.

Inilah beberapa hal tentang multiple sclerosis yang memicu rasa lelah berlebihan pada tubuh. Kondisi ini memang umum terjadi pada wanita, tapi pria juga bisa mengalaminya. Nah, kira-kira apa saja hambatan yang akan terjadi kalau kita sampai mengalami penyakit ini?

 





Source link