Minum Susu Bikin Asam Urat Kambuh?

By | August 3, 2019


DokterSehat.Com– Ada sebuah hal yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia, yakni jika penderita asam urat minum susu, maka kekambuhan penyakitnya dengan gejala berupa sensasi nyeri pada persendian yang disertai dengan sensasi panas, kaku, dan sulit untuk digerakkan akan muncul. Sebenarnya, apakah anggapan ini memang benar?

Dampak minum susu bagi kondisi asam urat

Sebelum jauh membahas tentang dampak susu bagi kondisi asam urat, sebaiknya kita mencermati lebih dalam tentang masalah asam urat. Pakar kesehatan menyebut masalah kesehatan ini terjadi jika zat asam urat di dalam tubuh sudah berkumpul and mengristal pada persendian seperti jari-jari tangan, jari kaki, siku, dan lutut.

Biasanya, penyebab dari pengristalan zat asam urat ini dipicu oleh kadar zat asam urat di dalam tubuh yang berlebihan. Kondisi ini dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin atau lemak jahat seperti makanan laut, jeroan, dan beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh atau kolesterol layaknya daging merah.

Jika sampai kondisi asam urat sudah cukup parah, sebaiknya kita menjaga pola makan dan gaya hidup dengan baik demi mencegah kekambuhan dari masalah kesehatan ini. Jika tidak, maka gejala serangan asam urat yang sangat menyakitkan tentu bisa muncul kapan saja.

Banyak penderita asam urat yang memilih untuk memghindari susu karena menganggapnya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak ini dituding sebagai salah satu pemicu kambuhnya gejala penyakit asam urat. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut konsumsi susu sebenarnya masih aman untuk dilakukan oleh penderita asam urat.

Meskipun terdapat kandungan purin di dalam susu sapi, kadarnya cenderung rendah sehingga tidak akan menyebabkan dampak kesehatan yang berarti bagi penderita asam urat.

Hanya saja, ada baiknya mereka menghindari susu dengan kandungan gula tinggi karena keberadaan gula ini berpotensi meningkatkan peradangan di dalam tubuh yang bisa saja menyebabkan datangnya masalah asam urat. Selain itu, konsumsi susu juga sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan demi mencegah datangnya kekambuhan masalah kesehatan ini.

Beberapa jenis susu yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis susu yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Berikut adalah jenis susu-susu tersebut.

  1. Susu sapi

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, susu sapi cenderung rendah purin sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, ditambah dengan kandungan lain seperti vitamin, protein, lemak, dan berbagai jenis mineral bisa mendukung kesehatan penderita asam urat, memperbaiki kesehatan tulang dan persendian, dan memperbaiki kondisi tekanan darah.

  1. Susu almond

Susu almond cukup populer bagi mereka yang sedang melakukan program diet atau menjalankan gaya hidup vegetarian. Susu almond yang tinggi vitamin E, magnesium, serta asam lemak tak jenuh tunggal ini juga baik dikonsumsi penderita asam urat.

  1. Susu kambing

Selain susu sapi, susu kambing juga bisa dijadikan minuman yang cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi, fosfor, kalsium, serta magnesium di dalamnya yang cukup tinggi.

Kandungan ini akan membuat tulang dan persendian menjadi semakin kuat. Selain itu, rutin mengonsumsinya juga akan membuat sistem imun tubuh semakin membaik.

  1. Susu kelapa

Susu kelapa atau yang biasa kita sebut sebagai santan ternyata cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat, lho. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan sehat layaknya zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan lain-lain yang bisa menyehatkan tubuh.





Source link