Minum Kopi Saat Makan Siang Bisa Cegah Diabetes?

By | Juli 2, 2019


Photo Source: Twitter/kopiombak

DokterSehat.Com– Kopi kini telah menjadi salah satu gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Bahkan, banyak anak muda di kota-kota besar yang bisa menikmatinya setiap hari, termasuk saat makan siang. Menariknya adalah pakar kesehatan menyebut minum kopi saat makan siang bisa membantu mencegah datangnya diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kaitan antara minum kopi dengan risiko diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 oleh dr. Daniela Sartorelli yang berasal dari University of Sao Paulo, Ribeirao Preto, Brasil, dihasilkan fakta bahwa menikmati kopi hitam dengan kandungan gula yang sedikit atau bahkan tanpa gula sama sekali saat makan siang mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan signifikan. Jika kita meminumnya di lain waktu, dampaknya bagi risiko diabetes bahkan tidak akan bisa sama dengan di waktu ini.

Selain itu, konsumsi kopi dengan kafein atau tanpa kafein secangkir saja saat makan siang bisa menurunkan risiko penyakit ini hingga sekitar 30 persen. Hal ini membuat dr. Sartorelli menyarankan siapa saja untuk mulai mengubah waktu menikmati kopi di jam ini saja demi mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar.

Dalam penelitian ini, lebih dari 69 ribu wanita dengan usia 41 hingga 72 tahun dilibatkan. Penelitian ini dilakukan selama 11 tahun. Di masa akhir penelitian, 1.451 partisipan diketahui menderita diabetes tipe 2.

Rata-rata, partisipan yang mengonsumsi tiga cangkir kopi per hari mampu menurunkan risiko terkena diabetes hingga 27 persen. Jika kopi dikonsumsi bersama dengan makan siang setiap hari, risiko terkena diabetes bahkan bisa ditekan hingga 33 persen lebih rendah.

Hanya saja, dampak ini hanya akan didapatkan jika para partisipan minum kopi hitam, bukannya kopi dengan tambahan susu, krim, atau kopi-kopi yang diberi tambahan lainnya.

Meskipun begitu, bukan berarti kita bisa makan sembarangan dan kemudian minum kopi saat makan siang dan risiko diabetes bisa menurun. Kita juga harus memilih makanan dan camilan yang tepat setiap hari demi menjaga asupan kalori dan gula agar tidak berlebihan.

Langkah mencegah diabetes

Selain dengan rutin mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula saat makan siang, pakar kesehatan menyebut ada cara lain yang bisa dilakukan demi mencegah datangnya diabetes.

Berikut adalah berbagai hal yang bisa kita lakukan demi mencegahnya.

  1. Menjaga berat badan

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengecek indeks massa tubuh. Dengan mengetahuinya, kita bisa menjaga gaya hidup yang sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Sebagai informasi kelebihan berat badan bisa merusak sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko terkena resistensi insulin, penyebab utama dari masalah diabetes tipe 2.

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Ubahlan pola makan dari yang terbiasa mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi gula, atau makanan olahan menjadi lebih sehat layaknya sayuran, buah-buahan, hingga sumber karbohidrat kompleks yang bisa menahan kadar gula darah agar tidak mudah naik.

Sebagai contoh, kita bisa mulai memperbanyak asupan tempe, daging ikan, telur, hingga sesekali mengganti nasi putih dengan nasi merah atau gandum yang lebih sehat. Kurangi konsumsi gorengan atau makanan dan minuman manis demi menjaga kadar gula darah.

Selain memilih makanan yang tepat, porsi dan frekuensi makanan juga harus diperhatikan demi mencegah asupan kalori agar tidak berlebihan.

  1. Kurangi gula

Tak hanya menurunkan asupan gula dari kopi atau teh yang kita buat, pastikan untuk mulai menurunkan asupan makanan dan minuman manis, termasuk camilan seperti kue, biskuit, hingga minuman botolan atau minuman yang dibuat di pinggir jalan demi menurunkan risiko diabetes.

  1. Rajin berolahraga

Rutin berolahraga akan membuat proses pembakaran kalori berlangsung dengan lebih baik, menjaga sistem metabolisme tubuh, dan mencegah resistensi insulin. Hal ini akan berimbas pada risiko diabetes yang bisa semakin ditekan.





Source link