Milenial Mudah Sakit dan Rentan Mati Muda

By | November 8, 2019


Photo Source: Flickr/gkronisch

DokterSehat.Com– Generasi milenial seringkali dianggap sebagai generasi yang beruntung karena mengalami perkembangan teknologi yang luar biasa. Sayangnya, pakar kesehatan justru menganggap generasi milenial sebagai generasi yang paling mudah sakit dan memiliki risiko mati muda paling tinggi dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Generasi Milenial Lebih Mudah Sakit

Laporan yang dikeluarkan oleh Blue Cross Blue Shield menyebut generasi milenial yang mati muda jumlahnya lebih banyak dari generasi lain. Mereka mengalami masalah kesehatan dengan jenis yang lebih bervariasi dan cenderung lebih banyak menghabiskan uang untuk perawatan kesehatan.

Sebagai informasi, Blue Cross Blue Shield adalah perusahaan asuransi yang menangani lebih dari 100 juta orang yang ada di Amerika Serikat. Mereka mengeluarkan data ini setelah melakukan analisis bersama dengan Moody’s Analisis. Hasil dari penelitian ini kemudian diberikan ke Centers for Disease Control and Prevention (CDC), badan yang mencegah dan mengendalikan penyakit di Amerika Serikat.

Data ini juga mengungkap fakta yang jauh lebih mengejutkan, yakni dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan, akan terjadi peningkatan kematian dini hingga 40 persen akibat berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan oleh generasi milenial yang tak lagi mampu membayar biaya kesehatan yang semakin meningkat.

Beberapa masalah kesehatan yang paling sering menyerang generasi milenial adalah depresi, gangguan kecemasan, hingga penggunaan zat-zat atau narkoba. Sebagai informasi, dalam kurun waktu 2014 hingga 2017 saja, jumlah pengidap depresi di kalangan generasi milenial meningkat hingga 30 persen. Kasus bunuh diri, pembunuhan yang terkait dengan depresi, hingga overdosis akibat penyalahgunaan obat juga cenderung semakin meningkat.

Tips Tidak Mudah Sakit

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah jatuh sakit.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Memperbanyak Asupan Sayuran Hijau

Sayuran hijau tinggi kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan saluran pencernaan. Sebagai informasi, semakin baik kondisi saluran pencernaan, khususnya di bagian usus, semakin membaik pula sistem imun tubuh. Hal ini tentu akan membantu kita tidak mudah jatuh sakit.

  1. Selalu Beristirahat dengan Cukup Setiap Malam

Salah satu faktor yang membuat banyak generasi milenial mudah sakit adalah tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Tak hanya karena faktor pekerjaan, hal ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan bermain game, menonton acara televisi, dan lain-lain. Masalahnya adalah kurang istirahat akan membuat kekacauan sistem kekebalan tubuh dan penumpukan racun yang bisa menyebabkan datangnya penyakit.

  1. Rajin Berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum jika rajin berolahraga akan membuat kita menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Lakukan setidaknya 30 menit setiap hari demi mengatasi stres dan peradangan, sumber utama dari berbagai macam masalah kesehatan.

Berolahraga juga bisa membuat sirkulasi darah meningkat, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, memperbaiki fungsi hormon, sekaligus memperkuat sistem imun. Kita akan lebih baik dalam mencegah diabetes, kanker, penyakit jantung, stroke, dan lain-lain jika rutin melakukannya.

  1. Mendapatkan Vitamin D dengan Cukup

Pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi kandungan vitamin D seperti ikan salmon, ikan tuna, dan kuning telur. Mengonsumsi suplemen vitamin D juga bisa dijadikan pilihan untuk memperbaiki kesehatan tulang, jantung dan pembuluh darah, serta sistem kekebalan tubuh. Kita juga sangat disarankan untuk menikmati sinar matahari pagi setiap hari demi memastikan bahwa tubuh tidak kekurangan vitamin ini.

  1. Tidak Merokok

Merokok adalah sumber dari berbagai macam penyakit kronis sehingga harus dihindari. Kita juga sebaiknya tidak lagi mengonsumsi alkohol agar tidak mudah jatuh sakit.

 

Sumber:

  1. Smoothers, Hannah. 2019. Millennials Will Get Sick and Die Faster Than the Previous Generation. https://www.vice.com/en_us/article/evj98k/millennials-will-get-sick-and-die-faster-than-the-previous-generation. (Diakses pada 8 November 2019).





Source link