Menonton Sepak Bola Sama Saja dengan Berolahraga 90 Menit!

Menonton Sepak Bola Sama Saja dengan Berolahraga 90 Menit!

[ad_1]

menonton_sepakbola_televisi_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/bensutherland

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia dikenal luas gemar menonton acara sepak bola. Tak hanya menonton secara langsung, kita juga terbiasa menontonnya di acara televisi. Meski terlihat sebagai sesuatu yang tidak produktif, pakar kesehatan menyebut kebiasaan menonton sepak bola ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kondisi tubuh lho.

Manfaat menonton sepak bola

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Leeds, Inggris, menghasilkan fakta bahwa menonton sepak bola ternyata bisa memberikan manfaat yang sama sebagaimana saat kita berolahraga dengan durasi yang sama dengan laga sepak bola, yakni 90 menit. Fakta ini ditemukan setelah para penelti mengecek 25 partisipan yang dikenal gemar menonton pertandingan sepak bola.

Para partisipan ini menonton tiga pertandingan. Selama menontonnya, denyut jantung para partisipan meningkat hingga 130 kali setiap menit atau sekitar 64 persen. Kondisi ini setera dengan yang terjadi saat kita melakukan jalan cepat selama 90 menit. Jika tim yang didukung mendapatkan kemenangan, tekanan darah akan menurun dan bisa mendorong perbaikan kesehatan psikis selama beberapa hari.

“Bagi penggemar sepak bola, menonton pertandingan bisa menjadi hal yang sangat seru untuk dilakukan. Selama menontonnya, denyut jantung akan meningkat hingga 20 detak per menit,” ucap dr. Andrea Uttley yang memimpin penelitian ini.

Dr. Uttley juga menyebut menonton pertandingan sepak bola seperti memberikan latihan pada organ kardiovaskular. Hasil pertandingan juga akan memberikan dampak bagi tekanan darah. Hanya saja, jika tim yang kita dukung mengalami kekalahan, bisa jadi akan menyebabkan hipertensi sementara.

Pendukung tim yang mengalami kepuasan karena menang akan mengalami emosi dan suasana hati yang positif sepanjang hari. Hal ini akan menurunkan stres dan depresi. Sebaliknya, jika tim yang didukung kalah, partisipan akan mengalami stres dan suasana hati yang lebih buruk. Kondisi ini bahkan bisa terjadi hingga keesokan hari setelah hari pertandingan.

Hanya saja, dr. Uttley juga menyarankan kita untuk bijak saat menonton laga yang berlangsung larut malam atau dini hari. Pastikan untuk mengatur waktu tidur dengan bijak agar tidak sampai mengalami kurang tidur. Jika sampai mengalaminya, bisa menyebabkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Berbagai khasiat lain dari menonton pertandingan sepak bola

Pakar kesehatan Renee Clauselle dari Long Island, Amerika Serikat menyebut ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika menonton pertandingan sepak bola.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa menurunkan kadar hormon stres

Penelitian yang dilakukan di University of Alabama, Amerika Serikat menyebut rutin menonton pertandingan sepak bola bisa membuat kita menghilangkan stres dan berbagai masalah untuk sementara. Hal ini akan membantu menurunkan hormon stres kortisol penyebab peradangan.

  1. Bisa memperbaiki fungsi otak

Penelitian yang dilakukan di University of Chicago menghasilkan fakta bahwa saat menonton pertandingan sepak bola, terjadi perubahan keseimbangan hormon di dalam otak yang akhirnya berimbas pada meningkatnya aktivigtas neuron motorik otak. Aktifnya pergerakan bola selama pertandingan dan kecenderungan kita untuk menganalisis pergerakan pemain dan kemungkinan terjadinya gol juga akan melatih otak.

  1. Bisa membuat hormon testosterone meningkat

Penelitian yang dilakukan di Vrije University, Amsterdam menghasilkan fakta bahwa menonton tim sepak bola favorit bisa membuat kadar hormon testosterone semakin meningkat hingga 29 persen. Hal ini akan berpengaruh positif bagi kesehatan tubuh.

  1. Bisa membantu membakar kalori

Saat menonton pertandingan sepak bola, neuron motorik pada otak akan lebih aktif dan akhirnya meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini akan membantu proses pembakaran kalori meningkat hingga 100 kalori.



[ad_2]

Source link

AKDSEO