Mengenal Lip Plumper (Penebal Bibir), Amankah?

By | June 27, 2019


DokterSehat.Com – Bagi sebagain wanita, memiliki bibir yang tebal dan penuh dapat membuat penampilan menjadi lebih seksi dan lebih dewasa. Tidak heran jika tren menebalkan bibir seperti tidak pernah surut dalam dunia kecantikan. Dibanding melakukan operasi plastik atau menggunakan filler, saat ini banyak wanita yang memilih menggunakan produk lip plumper untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Apa Itu Lip Plumper?

Lip plumper adalah produk kosmetik yang dirancang untuk membantu menebalkan bibir. Produk ini tersedia dalam, bentuk lip product seperti lip gloss, lip balm, lipstick, dan gel dan juga dalam bentuk lip plumper electronic.

Penggunaan lip plumper hanya akan menghasilkan bibir lebih tebal dan penuh untuk sementara. Setiap produk memiliki klaim yang berbeda-beda tentang berapa lama bibir tebal ini akan bertahan hingga kembali ke ukuran bibir normal Anda.

Meskipun penggunaannya hanya memberikan efek yang tidak permanen, tapi banyak orang yang memilih lip plumper ini sebagai alternatif untuk mendapatkan bibir yang lebih tebal. Pasalnya, cara mendapatkan bibir tebal lain seperti dengan operasi plastik dan filler bibir dianggap terlalu mahal dan memiliki risiko yang lebih tinggi.

Fungsi Lip Plumper

Pada dasarnya fungsi lip plumper adalah untuk membuat bibir lebih tebal saja. Namun beberapa produk juga memiliki klaim dapat membuat bibir juga terlihat lebih merah. Tentunya bibir yang lebih merah dan tebal ini menjadi idaman banyak wanita.

Keuntungan lain menggunakan lip plumper adalah aplikasinya yang mudah dan juga hasilnya yang bisa didapatkan dengan lebih cepat. Selain itu, Anda juga lebih memiliki pilihan untuk dapat tampil dengan bentuk bibir yang berbeda.

Bagaimana Lip Plumper Bekerja?

Lip plumper bekerja menebalkan bibir dengan cara meningkatkan aliran darah ke bibir atau bahkan terkadang dengan cara mengiritasi bibir. Umumnya lip plumper memiliki kandungan bahan seperti kayu manis, menthol, dan capcisum (senyawa yang terkandung dalam cabai) yang dapat memberikan efek bengkak dan kemerahan.

Setelah mengaplikasikan lip plumper, Anda mungkin akan merasakan sensasi gatal atau menyengat di bibir. Meskipun sebenarnya sensasi ini dapat membuat tidak nyaman, tapi sensasi ini memang menandakan bahwa lip plumper sedang bekerja.

Selain itu, kebanyakan lip plumper memberikan efek glossy, efek ini juga dipercaya dapat membuat bibir terlihat lebih tebal dan penuh. Sedangkan untuk lip plumper electronic, biasanya mengandalkan getaran untuk menyedot atau menarik bibir sehingga membuat bibir menjadi lebih tebal.

Apakah Lip Plumper Berbahaya?

Secara teknis, lip plumper bekerja dengan cara mengiritasi bibir, tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan bibir Anda. Namun penggunaan lip plumper yang tidak terlalu sering sebenarnya tidak masalah untuk dilakukan.

Jika menggunakan lip plumper terlalu sering, bibir Anda tidak akan memiliki waktu untuk beregenerasi dari efek yang ditimbulkan dari penggunaan sebelumnya. Penggunaan lip plumper terlalu sering dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Terdapat juga risiko terjadi reaksi alergi pada zat yang terkandung dalam lip plumper. Selain bahan yang disebutkan sebelumnya, terdapat juga jenis lip plumper yang memiliki kandungan zat yang cukup aneh seperti racun lebah.

Efek samping lain dari penggunaan lip plumper terlalu sering adalah menurunnya efektivitas produk itu sendiri. Apabila tubuh terlalu sering terpapar oleh zat yang sama, maka tubuh akan toleran terhadap zat tersebut. Lip plumper yang pada awalnya dapat memberikan efek memuaskan, lama-kelamaan mungkin dapat tidak memberikan efek apapun pada bibir Anda.

Tips Menggunakan Lip Plumper

Sebelum menggunakan lip plumper, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar penggunaannya tetap aman:

  • Penggunaan lip plumper tidak direkomendasikan untuk daily make up, sebaiknya tidak digunakan terlalu sering dan cukup pada kesempatan tertentu saja.
  • Sebelum memilih produk lip plumper, perhatikan komposisi produk dan pastikan produk tidak mengandung zat berbahaya atau zat yang mungkin membuat Anda alergi.
  • Jika terjadi iritasi dan reaksi alergi, hentikan penggunaan lip plumper dan segera konsultasikan dengan dokter.
  • Gunakan scrub bibir secara rutin untuk menjaga kelambapan bibir sehingga penggunaan lip plumper juga dapat lebih maksimal.
  • Minum air putih yang cukup dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Cara ini juga dapat membantu menjaga kelambapan bibir.
  • Hindari penggunaan lip plumper jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Cara Lain Mendapatkan Bibir Tebal

Selain menggunakan lip plumper, pada dasarnya masih terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kesan bibir yang lebih tebal dan penuh. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Pilih lip product dengan warna yang cerah, penggunaan lipstick berwarna gelap dapat membuat kesan bibir yang lebih kecil.
  • Hindari penggunaan lipstick atau produk bibir lain yang hasilnya matte, sebaliknya pilihlah yang memberikan efek glossy. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya efek glossy dapat mengesankan bibir yang lebih tebal.
  • Gunakan lip liner untuk membantu membuat gambaran bibir yang lebih tebal. Selain dapat membuat bibir terlihat lebih tebal, lip liner juga dapat membantu mempertegas bentuk bibir Anda.
  • Aplikasikan shading di bibir menggunakan highlighter atau eyeswadow dengan efek shimmering untuk mendapatkan kesan bibir yang lebih tebal.

Itu dia berbagai informasi yang perlu Anda ketahui tentang lip plumper. Apapun cara yang Anda pilih untuk mendapatkan bibir yang lebih tebal, pastikan cara tersebut tidak memberikan efek negatif baik jangka panjang maupun jangka pendek untuk tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Lip Plumpers: Do They Work? – https://www.webmd.com/beauty/features/bigger-lips-lip-plumping-products#1 diakses 27 Juni 2019
  2. The Secret Ingredients Behind Lip Plumpers – https://www.beautylish.com/a/vxvii/the-secret-ingredients-behind-lip-plumpers diakses 27 Juni 2019
  3. This Is What Lip-Plumping Glosses Are Actually Doing to Your Lips – https://www.self.com/story/lip-plumping-gloss diakses 27 Juni 2019
  4. 7 Easy Ways To Fake Fuller Lips – https://www.self.com/story/best-lip-plumping-tips diakses 27 Juni 2019





Source link