Memar Muncul Seperti Ini? Waspada Masalah Kesehatan Serius

By | June 26, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu kondisi kesehatan yang bisa menimpa kita adalah munculnya memar-memar. Biasanya, memar ini muncul akibat benturan atau karena tubuh yang kelelahan. Seringkali, memar akan hilang dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus, memar ternyata juga bisa menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Mengenal memar lebih dalam

Dalam dunia medis, memar dikenal dengan sebutan ecchymosis. Memar bisa digolongkan sebagai cedera yang membuat warna kulit berubah. Hal ini disebabkan oleh sel darah yang mengalami kerusakan terkumpul di bawah permukaan kulit sehingga menyebabkan perubahan warna menjadi kehitaman atau kebiru-biruan.

Awalnya, memar biasanya akan berwarna kemerahan, namun setelah beberapa jam, warnanya akan menjadi lebih gelap. Setelah beberapa hari, maka kondisi kulit akan kembali seperti semula.

Seringkali, memar disebabkan oleh benturan, namun dalam beberapa kasus, hal ini juga disebabkan oleh kekurangan vitamin C atau vitamin K. Selain itu, jika kita mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat pengencer darah, maka risiko mengalami memar juga akan lebih rentan terjadi.

Mereka yang sudah berusia lanjut juga cenderung memiliki risiko terkena memar-memar lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang berusia lebih muda.

Tanda memar yang berbahaya

Pakar kesehatan menyebut memar paling lama akan muncul selama beberapa hari atau beberapa minggu. Jika memar ini terus bertahan hingga lebih dari dua minggu, sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, jika memar cenderung datang secara tiba-tiba tanpa gejala yang jelas, apalagi jika jumlahnya cukup banyak di berbagai bagian tubuh, sebaiknya kita juga mewaspadainya.

Gejala lain dari memar yang sebaiknya tidak kita sepelekan adalah jika disertai dengan bintik kecil dengan warna seperti merah darah. Pakar kesehatan menyebut hal ini bisa jadi menandakan adanya kanker.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan datangnya memar secara mendadak

Selain benturan keras, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan datangnya memar secara tiba-tiba tanpa hal yang jelas.

Berikut adalah beberapa penyebab memar tersebut.

  1. Mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan darah

Pakar kesehatan menyebut memar yang muncul secara tiba-tiba bisa jadi menandakan masalah pada darah seperti varises, willebrand, hingga trombositopenia. Selain itu, dalam beberapa kasus, hal ini juga menandakan leukemia atau kanker darah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai masalah kesehatan yang disebut terakhir jika memar-memar juga disertai dengan gejala nyeri, pembengkakan pada kaki, gusi berdarah, hingga mimisan.

  1. Diabetes

Tak disangka, diabetes juga bisa menyebabkan kemunculan memar secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kadar gula darah yang tinggi yang bisa mengganggu peredaran darah. Padahal, jika sampai sirkulasi darah terganggu, maka memar bisa saja muncul.

Selain memar, diabetes juga bisa membuat gejala lain seperti mudah haus, lebih sering buang air kecil, luka yang tidak kunjung sembuh, mudah lelah, hingga masalah penglihatan.

  1. Gangguan nutrisi

Jika kita mengalami kekurangan asupan nutrisi, maka memar bisa saja muncul secara tiba-tiba. Sebagai contoh, jika kita tidak mampu memenuhi kebutuhan vitamin B12 yang penting bagi produksi sel-sel darah, vitamin K yang berperan besar dalam proses pembekuan darah, dan vitamin C yang penting bagi proses pembentukan jaringan, maka risiko terkena memar semakin meningkat.

  1. Gangguan keseimbangan hormon

Jika kita mengalami gangguan keseimbangan hormon seperti kadar hormon estrogen yang terlalu rendah, maka risiko untuk terkena memar-memar akan meningkat. Karena alasan inilah banyak kaum hawa yang mengalaminya saat sedang hamil, sudah memasuki fase menopause, atau mengalami kondisi kesehatan tertentu.





Source link