Manfaat Makan Keju Saat Sarapan (Menurut Penelitian)

Manfaat Makan Keju Saat Sarapan (Menurut Penelitian)

[ad_1]

keju-doktersehat
Photo Source: Flickr/shardsofblue

DokterSehat.Com– Keju lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai makanan khas Barat. Padahal, dalam realitanya, keju bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang nikmat. Sebagian orang kini mulai terbiasa untuk menjadikannya bahan makanan untuk sarapan. Tak disangka, ada manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita sering mengonsumsinya di pagi hari.

Manfaat Makan Keju Saat Sarapan

Banyak orang yang masih berpikir jika keju termasuk dalam bahan makanan yang kurang sehat dan bisa membuat berat badan naik. Padahal, dalam realitanya keju tidak akan menyebabkan dampak tersebut. Penelitian yang dilakukan di Penn State University bahkan menghasilkan fakta bahwa kandungan mineral di dalam keju bisa membantu memberikan perlindungan bagi pembuluh darah.

Sebagai informasi, keju adalah salah satu produk makanan yang diolah dari susu segar. Meski memiliki kandungan lemak, pakar kesehatan menyebut nutrisinya cukup tinggi dan bisa memberikan manfaat kesehatan. Di dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kandungan di dalam keju akan membuat pembuluh darah terlindungi dari kerusakan yang dipicu oleh tingginya kadar garam di dalam tubuh. Sesuatu yang mungkin terjadi jika kita menerapkan pola makan yang tidak sehat.

Pemimpin penelitian ini, Bille Alba menyarankan kita untuk menurunkan asupan garam dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Masalahnya adalah meski secara teori sangat memungkinkan untuk dilakukan, dalam realitanya banyak orang yang merasakan makanan kurang nikmat jika tidak diberi tambahan garam yang banyak. Selain itu mengurangi asupan camilan gurih juga cukup sulit untuk dilakukan.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 11 partisipan berusia dewasa. Mereka diminta untuk menerapkan 4 jenis diet dalam waktu 8 hari. Diet ini adalah diet rendah garam namun tidak pernah mengonsumsi produk susu, diet rendah garam namun memperbanyak asupan keju, diet tinggi gara tanpa mengonsumsi produk susu sama sekali, dan diet tinggi garam namun juga tinggi asupan keju.

Di setiap akhir pekan, para peneliti mengecek kondisi pembuluh darah dan tekanan darah para partisipan. Hasilnya adalah, partisipan yang mengonsumsi diet tinggi garam dan tidak pernah makan keju mengalami kondisi pembuluh darah yang paling buruk, namun setelah diet ini diubah menjadi diet tinggi garam namun tinggi asupan keju, kondisi pembuluh darahnya membaik.

“Meski asupan garamnya sama, konsumsi keju bisa membantu menyehatkan pembuluh darah dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular,” ucap peneliti lainnya yang terlibat, Prof. Laxy Alexander.

Melihat fakta ini, para peneliti pun yakin jika asalka dikonsumsi dengan porsi yang tepat, keju dan produk susu lainnya bisa memperbaiki kondisi jantung dan pembuluh darah.

Manfaat Keju bagi Kesehatan

Selain memberikan perlindungan bagi pembuluh darah, ada manfaat lain dari kebiasaan makan keju. Berikut adalah beberapa khasiat atau manfaat makan keju bagi kesehatan:

  1. Baik bagi Kolesterol

Kandungan lemak di dalam keju ternyata bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat. Keju juga bisa dijadikan camilan sehat bagi penderita kolesterol.

2. Menyeimbangkan Hormon Insulin

Adanya kandungan trans-palmotileic acid di dalam keju bisa mendukung produksi hormon insulin tetap seimbang sehingga akan membuat kadar gula darah tetap terjaga.

3. Mencegah Kanker

Kandungan sphinglipid dan asam linoleat di dalam keju bisa menurunkan risiko kanker. Tentunya manfaat makan keju yang satu ini akan didapatkan jika Anda mengonsumsi secara rutin.

4. Baik bagi Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin B dan kalsium yang tinggi di dalam keju akan membuat tulang tetap sehat dan kuat. Oleh karena itu, makan keju sangat bagus untuk masa pertumbuhan.

5. Menjaga Berat Badan

Meski memiliki kandungan lemak, sebenarnya lemak di dalam keju adalah lemak alami yang bisa membantu menjaga berat badan tetap seimbang. Anda tidak perlu khawatir untuk makan keju secara rutin.

 

Sumber:

  1. Best, Shivali. 2019. Eating cheese can help to protect your blood vessels, study reveals. mirror.co.uk/science/eating-cheese-can-help-protect-20089349.(Diakses pada 24 September 2019).



[ad_2]

Source link

AKDSEO