Manfaat Chia Seeds bagi Ibu Hamil (Dilengkapi Efek Samping)

By | July 17, 2019


photo credit: fitnessmedia.azureedge.net

DokterSehat.Com – Chia seeds mulai menjadi tren setelah beberapa ahli diet dan nutrisi mengatakan kalau biji sangat baik untuk kesehatan. Kandungan serat, omega-3, hingga proteinnya baik untuk siapa saja khususnya mereka yang sedang menjalankan diet. Dengan mengonsumsi biji chia ini secara rutin, berat badan bisa menurunkan perlahan-lahan.

Manfaat chia seeds untuk ibu hamil

Chia seeds memang memberikan cukup banyak manfaat untuk tubuh. Namun, apakah ibu hamil bisa mengonsumsinya? Jawabannya adalah bisa. Biji Chia mengandung cukup banyak nutrisi. Berikut beberapa manfaat dari biji Chia untuk ibu hamil.

  1. Melancarkan buang air besar

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita hamil adalah sembelit. Tekanan di perut yang cukup besar menyebabkan pencernaan mengalami gangguan. Kalau Anda kerap mengalami masalah buang air besar selama hamil, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang berserat.

Salah satu makanan yang berserat itu adalah chia seeds. Anda bisa mengonsumsi chia seeds dengan jumlah yang tepat. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Pastikan chia seed tidak dalam kondisi segar atau kalau bisa disangrai sebentar saja.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Wanita yang sedang hamil akan rentan mengalami anemia. Apalagi kebutuhan darah juga meningkatkan karena ada janin yang sedang dikandung. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi chia seeds.

Kalau jumlah darah merah di dalam tubuh meningkat, peredaran sari makanan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu Anda juga tidak akan mengalami masalah dengan badan yang sering sekali lemas dan sulit melakukan berbagai jenis aktivitas.

  1. Meningkatkan kekuatan gigi dan tulang janin

Di dalam chia seeds juga terdapat kalsium dalam jumlah yang banyak. Kalsium ini akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga janin yang sedang dikandung. Jadi, konsumsi chia seeds dalam jumlah yang cukup setiap harinya agar perkembangan janin berjalan lancar.

  1. Membuat kenyang lebih lama

Kandungan serat yang dimiliki oleh chia seeds akan membuat wanita hamil tidak mudah lepas. Selama ini wanita hamil memiliki nafsu makan yang cenderung lebih besar. Namun, makan terlalu banyak juga berpotensi sebabkan gangguan pada tubuh seperti obesitas yang berlebihan dan memicu masalah pada janin.

  1. Sumber omega-3 selain ikan

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi adalah omega-3. Nutrisi itu baik untuk pertumbuhan otak. Selama ini ibu hamil banyak mendapatkan omega-3 dari ikan laut berlemak seperti salmon atau tuna. Namun, Anda juga bisa mendapatkannya dari sumber yang lebih murah seperti chia seeds.

Penuhi kebutuhan omega-3 dengan mengonsumsi chia seeds secara rutin. Imbangi dengan nutrisi yang diberikan dengan dokter kandungan dan sumber omega-3 lainnya agar penyerapan nutrisi bisa maksimal dan janin bisa mendapatkan manfaatnya.

  1. Menjaga gula darah selama hamil

Selama hamil, wanita akan cenderung mengalami penumpukan gula darah di dalam tubuhnya. Penumpukan gula darah ini bisa memicu seorang wanita mengalami diabetes gestasional. Diabetes jenis ini sangat berbahaya untuk wanita hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Cara terbaik untuk mencegah kondisi diabetes gestasional adalah dengan mencegah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi chia seeds juga salah satu yang bisa dilakukan. Konsumsi setiap hari, campurkan pada jus atau makanan.

Efek samping chia seeds pada ibu hamil

Meski memiliki cukup banyak manfaat, kita tetap disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi biji chia, apalagi sedang hamil. Berikut beberapa efek samping dari chia seeds yang harus diwaspadai.

  1. Bisa memicu diare

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan termasuk chia seeds. Apalagi saat mengonsumsinya Anda sedang hamil. Tentu akan ada beberapa kekurangan yang akan didapatkan. Salah satu yang harus diwaspadai adalah diare dan kondisi perut yang tidak nyaman.

Chia seeds mengandung cukup banyak serat yang baik untuk melancarkan buang air besar. Namun, kalau ibu hamil makan terlalu banyak, perut jadi tidak akan nyaman. Serat yang banyak akan membuat gas yang dihasilkan oleh fermentasi bakteri jadi meningkat. Tekanan dari gas dan rahim besar bisa membuat begah dan memicu diare.

  1. Bereaksi dengan obat tertentu

Meski secara umum mengonsumsi biji chia aman untuk ibu hamil, kita tetap harus waspada. apalagi kalau setiap hari ibu hamil harus mengonsumsi obat tertentu. Kemungkinan terjadi reaksi akan besar. Konsultasikan masalah obat ini dengan dokter atau lebih baik hindari dahulu chia seeds hingga proses persalinan dilakukan.

  1. Kemungkinan tersedak

Chia seeds bisa menghasilkan lendir yang cukup banyak kalau terkena air. Kalau Anda mengonsumsi chia dalam kondisi basah, kemungkinan biji akan licin cukup besar. Saat mengonsumsinya lakukan perlahan-lahan dan pastikan sudah dikunyah. Kalau tidak demikian, biji bisa saja membuat Anda tersedak.

  1. Kemungkinan memicu alergi

Tidak semua orang cocok mengonsumsi biji-bijian termasuk chia seeds. Kalau Anda tidak tahu apakah memiliki alergi atau tidak, coba makan beberapa biji saja. Rasakan perubahan yang terjadi pada tubuh. Kalau ada hal negatif seperti perut jadi tidak nyaman, bisa saja Anda sedang mengalami alergi atau keracunan.

Chia seeds adalah salah satu biji yang memiliki banyak manfaat. Namun, sebelum mengonsumsinya kita disarankan mengetahui kemungkinan efek samping yang akan didapatkan. Kalau efek samping yang akan didapatkan kecil, siapa saja bisa memakannya tidak terkecuali ibu hamil. Pernahkah Anda mengonsumsi chia seeds sebelumnya?





Source link