Makanan yang Cocok untuk Penderita Kanker Serviks

By | August 26, 2019


DokterSehat.Com – Setelah menderita kanker serviks, wanita  tidak bisa makan sembarangan seperti layaknya mereka yang sehat. Mereka harus melakukan diet seimbang dan pengatur apa saja yang masuk ke dalam mulut agar nutrisi tetap terjaga dan kanker tidak berkembang menjadi lebih besar. Makanan juga bisa digunakan untuk melakukan pencegahan pada mereka yang rentan.

Kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Penderita kanker serviks membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan dietnya. Kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak harus diatur agar komposisinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan sampai lemak terlalu banyak atau karbohidratnya berlebihan.

Tubuh juga membutuhkan karotenoid, asam folat, dan flavonoid. Tiga zat ini memberikan manfaat ekstra sehingga penderita kanker serviks bisa bertahan dan kanker tidak berkembang menjadi lebih besar. Daya tahan tubuh akan meningkat dengan lebih cepat dan sel kanker akan sulit untuk menyebar.

Nutrisi di atas hanya sebagian kecil saja. Kalau sudah menderita kanker, biasanya dokter akan memberikan nutrisi sendiri. Apalagi kalau seseorang sudah melakukan terapi seperti kemoterapi dan cara radiasi lainnya. Nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker itu muncul kembali.

Pola makan setiap hari haru benar

Pola makan pada pengidap kanker serviks hampir sama dengan wanita sehat. Mereka  bisa makan sebanyak tiga kali dalam sehari mulai dari makan pagi, siang, dan malam. Anda bisa melakukan modifikasi sesuai dengan selera menjadi lima kali dalam sehari dengan porsi yang lebih sedikit atau diselingi dengan cemilan sehat.

  1. Sarapan atau makan pagi

Sarapan didominasi dengan jus buah, Anda bisa menggunakan jeruk, melon, atau apel. Jus buah yang dikonsumsi diharapkan berasal dari buah yang segar. Jangan mengonsumsi jus buah kemasan yang ada di luaran sana. Apalagi jus buahnya mengandung banyak pengawet dan gula tambahnnya lebih besar.

Kalau Anda ingin menambahkan nutrisi pada jus yang dikonsumsi, tambahkan beberapa sayuran hijau yang bermanfaat. Sayuran ini bisa digunakan untuk menambahkan nutrien yang dibutuhkan dan juga menambah serat di tubuh agar tidak mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit.

Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt yang ditambahkan dengan aneka buah. Selanjutnya agar kenyang lebih lama, Anda bisa mengonsumsi granola bar. Dengan menggunakan granola bar, karbohidrat akan didapatkan dan kadang berisi cukup banyak protein yang mengenyangkan.

  1. Makan siang

Makan siang bisa diisi berbagai jenis karbohidrat kompleks yang mengenyangkan. Makan siang memang harus agak berat dari pagi yang ringan. Siang hingga sore Anda butuh banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas seperti pekerjaan rumah atau pekerjaan di kantor kalau Anda bekerja.

Anda bisa membuat roti lapis yang berisi aneka sayuran dan protein hewani yang sehat seperti ikan dan ayam. Roti lapis bisa berupa roti gandum untuk suplai karbohidrat kompleks, sayur untuk serat, jamur untuk protein, dan keju untuk lemak. Kombinasikan sendiri bahan yang aman dan sesuai dengan kesukaan Anda.

Sebenarnya makan nasi putih boleh-boleh saja. Namun, harus dibatasi dan diperbanyak karbohidrat kompleksnya. Alternatif dari nasi putih adalah nasi merah yang berserat dan aman untuk pencernaan. Kondisi tubuh akan terjaga dan kanker serviks tidak kian parah atau kambuh lagi.

  1. Makan malam

Menu untuk makan malam hampir sama dengan menu siang. Porsinya cukup mengenyangkan karena kita akan puasa selama tidur di malam hari. Usahakan tetap ada karbohidrat, serat, lemak, dan protein. Karbohidrat disarankan dari bahan gandum atau karbohidrat kompleks lainnya, aneka sayur dan buah segar untuk serat, dan ayam atau ikan untuk kebutuhan protein.

Karena menu siang dan malam kurang lebih sama, Anda bisa masak siang hari dalam jumlah banyak. Kalau Anda kerja dan tidak sempat masak, lakukan di pagi hari untuk bekal makan siang. Saat malam hari masak lagi dengan bahan segar sesuai dengan kebutuhan.

Bahan makanan yang harus dibeli setiap hari

Untuk bisa mengikuti menu di atas atau melakukan modifikasi agar meningkatkan selera makan, disarankan untuk memasak sendiri. Kalau tidak bisa memasak, pelajari menu sederhana yang mudah dilakukan dan tetap terasa nikmat kalau dikonsumsi. Untuk bahan makannya, simak daftar berikut:

  1. Gandum utuh atau oatmeal

Anda bisa membuat apa saja dari gandum mulai dari membuat nasi dari biji-bijiannya atau dibuat menjadi makanan lainnya. Kalau tidak ada gandum dan Anda mengalami kebosanan, bisa memakai aneka ubi yang mengandung serat, beras merah, atau biji-bijian lain yang disarankan.

Kalau hanya berfokus pada satu bahan, kebosanan akan membuat pola makan jadi kacau. Beli beberapa stok karbohidrat untuk dipakai bergantian.

  1. Aneka protein nabati

Protein hewani sebenarnya bisa digunakan. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan jenis nabati seperti jamur atau olahan dari biji-bijian dan kadang. Protein bermanfaat untuk menyuplai energi di tubuh dalam jumlah banyak dan juga  membangun otot.

  1. Sayuran segar khususnya yang hijau

Aneka jenis sayuran hijau seperti bayam, sawi, hingga brokoli bisa dikonsumsi setiap hari. Usahakan jenis sayurannya yang organik agar tidak ada pestisida yang menempel pada sayuran.

  1. Buah khususnya yang bervitamin C

Berbagai jenis buah bisa dimakan asalkan mengandung cukup banyak vitamin C dan antioksidan. Kandungan itu akan membantu tubuh dalam mengatasi pertumbuhan sel abnormal dan menjaga daya tahan.

Inilah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami kanker serviks. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa memberikan perubahan besar pada tubuh. Meski sudah memiliki kanker kita tetap bisa hidup dengan baik selama menjaga apa yang dimakan.

 





Source link