Lactafar: Manfaat, Dosis, Efek Samping

By | August 24, 2019


www.fahrenheit.co.id

DokterSehat.Com – Lactafar obat apa? Lactafar adalah suplemen dengan kandungan minyak ikan, asam folat, Fructo-oligosaccharides, dan juga vitamin E. Suplemen ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dan menyusui.

Ketahui selengkapnya tentang Lactafar mulai dari manfaat, efek samping, dosis, petunjuk penggunaan, interaksi obat, dan lainnya melalui artikel ini!

Rangkuman Informasi Obat Lactafar

Nama Obat Lactafar
Kandungan Obat Minyak ikan (dengan DHA dan EPA), Asam folat, Fructo-oligosaccharides, Vitamin E
Kelas Obat Suplemen
Kategori Obat bebas
Manfaat Obat Memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui
Kontraindikasi Hipersensitif
Sediaan Obat Kapsul lunak
Harga Obat Rp52.000-Rp55.000

Kandungan Lactafar

Lactafar adalah suplemen dengan kandungan nutrisi berupa asam lemak, vitamin, dan juga prebiotik. Berikut komposisi dari Lactafar:

  • Minyak ikan alami (dengan DHA dan EPA) 200 mg

Minyak ikan alami dalam Lactafar mengandung DHA dan EPA, keduanya merupakan jenis asam lemak omega-3 yang sangat berguna untuk perkembangan otak dan kecerdasan janin.

Asam folat adalah salah satu nutrisi paling penting selama kehamilan. Vitamin ini membantu menurunkan risiko cacat lahir dan kelahiran prematur.

  • Fructo-oligosaccharides 50 mg

Fructo-oligosaccharides adalah jenis prebiotik. Kandungan Lactafar satu ini berperan untuk mendukung fungsi saluran pencernaan selama masa kehamilan.

Kebutuhan setiap vitamin meningkat selama kehamilan termasuk juga kebutuhan vitamin E. Kandungan vitamin E dalam Lactafar membantu memenuhi kebutuhan vitamin E harian pada ibu hamil.

Selain kandungan bahan utama di atas, Lactafar juga mengandung bebebrapa bahan tambahan seperti gelatin, glycerin, sorbitol, nipagin, nipasol, dan tartrazine.

Manfaat Lactafar

Berdasarkan kandungan yang ada dalam Lactafar, kegunaan suplemen ini adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Pemberian suplemen Lactafar selama kehamilan bertujuan untuk memelihara kesehatan ibu dan janin dan menurunkan risiko berbagai masalah pada kehamilan.

Dosis Lactafar

Lactafar tersedia dalam bentuk kapsul lembut. Dosis Lactafar yang disarankan adalah sebagai berikut ini:

  • Dewasa: 1 kapsul, diberikan satu kali sehari.

Dosis di atas adalah dosis yang disarankan. Gunakan suplemen ini sesuai dosis yang disarankan, karena penggunaan suplemen berlebihan juga dapat memicu overdosis yang dapat menimbulkan efek samping tertentu. Jangan mengganti dosis tanpa berdiskusi dengan dokter maupun apoteker.

Petunjuk Penggunaan Lactafar

Penggunaan suplemen Lactafar sebaiknya digunakan sesuai dengan aturannya. Berikut adalah petunjuk penggunaan Lactafar:

  • Lactafar sebaiknya digunakan setelah atau bersama dengan makanan.
  • Suplemen Lactafar ditelan langsung bersama dengan air.
  • Gunakan suplemen Lactafar sesuai dengan dosis yang disarankan.
  • Gunakan suplemen Lactafar di waktu yang sama setiap harinya untuk menghindari dosis terlewat.
  • Jika tidak sengaja menggunakan suplemen ini melebihi dosis yang disarankan, segera konsultasikan dengan dokter.

Petunjuk Penyimpanan Lactafar

Simpan obat Lactafar sesuai dengan petunjuk penyimpanannya untuk mencegah obat rusak dan efektivitasnya menurun. Berikut adalah petunjuk penyimpanan Lactafar yang harus diperhatikan:

  • Simpan suplemen Lactafar pada suhu di bawah 25°C.
  • Simpan suplemen Lactafar di tempat kering dan tidak lembap, jangan simpan suplemen ini di kamar mandi.
  • Hindari suplemen Lactafar dari cahaya atau sinar matahari langsung.
  • Hindari suplemen Lactafar dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jika obat sudah memasuki masa expired, jangan buang obat sembarangan, diskusikan dengan apoteker tentang petunjuk pembuangan obat ini.

Efek Samping Lactafar

Penggunaan Lactafar sebagai suplemen relatif aman untuk dilakukan. Meskipun begitu, bukan berarti penggunaan Lactafar bebas dari efek samping. Efek samping Lactafar yang mungkin terjadi adalah seperti:

  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Konstipasi
  • Asam lambung naik
  • Gula darah tinggi
  • Pendarahan
  • Reaksi alergi

Efek samping di atas tidak selalu terjadi. Efek samping dapat terjadi akibat penggunaan obat berlebihan, interaksi obat, penggunaan jangka panjang, atau karena kondisi tertentu dari setiap pasien yang tentunya berbeda-beda.

Jika Anda merasakan gejala efek samping serius atau reaksi alergi, segera hentikan penggunaan suplemen dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan hentikan penggunaan obat.

Interaksi Obat Lactafar

Interaksi obat dapat terjadi ketika Lactafar digunakan bersama dengan jenis obat-obatan lain tertentu. Interaksi obat dapat menyebabkan efektivitas obat menurun dan meningkatkan potensi terjadinya efek samping.

Beri tahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi atau belakangan mengonsumsi obat-obatan tertentu termasuk obat resep, non-resep, hingga obat herbal.

Konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan interaksi obat, maka sebaiknya dihindari. Diskusikan juga dengan dokter tentang jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari selama penggunaan suplemen Lactafar untuk menghindari interaksi obat.

Peringatan dan Perhatian Lactafar

Lactafar termasuk ke dalam kategori suplemen yang artinya masuk ke dalam jenis obat bebas yang penggunaannya tidak harus melalui resep dokter. Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu menjadi peringatan dan perhatian selama penggunaan suplemen Lactafar:

  • Jangan gunakan obat Lactafar pada pasien yang hipersensitif terhadap kandungan bahan utama maupun bahan tambahan yang terkandung dalam suplemen ini.
  • Hati-hati penggunaan pada pasien dengan gangguan ginjal, kecanduan alkohol, anemia, atau kondisi kronis lainnya.
  • Obat ini memang diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui sehingga aman untuk digunakan selama masa kehamilan dan menyusui. Namun apabila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu selama kehamilan dan menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter lebih dulu sebelum menggunakan suplemen ini.

Harga Lactafar

Lactafar bisa didapatkan di berbagai apotek dan toko obat baik secara online maupun offline. Harga Lactafar di setiap toko obat dan apotek beragam. Umumnya Lactafar dijual dengan kisaran harga antara Rp52.000 hingga Rp55.000 untuk setiap stripnya.

 

Sumber:

  1. Fructo-oligosaccharides (FOS) – http://www.womenscenteroftexas.com/resources/pregnancy.aspx?chunkiid=108304
  2. 8 Little-Known Side Effects of Too Much Fish Oil – https://www.healthline.com/nutrition/fish-oil-side-effects
  3. LACTAFAR – http://www.fahrenheit.co.id/product/lactafar_28.html





Source link