Kasus Wasir Semakin Meningkat karena Ponsel, Kenapa?

By | July 24, 2019


DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dilakukan di Singapura menghasilkan fakta yang menarik, yakni penggunaan ponsel sehari-hari yang kita lakukan ternyata berandil besar dalam memicu peningkatan kasus wasir atau ambeien. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kaitan antara ponsel dan wasir

Dr. Jason Lim dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura, menyarankan kita untuk tidak lagi membawa ponsel saat buang air besar. Meski cukup menyenangkan untuk dilakukan karena bisa membuat kita mengecek media sosial, berselancar, atau melakukan hal-hal lainnya saat buang air besar, dalam realitanya kebiasaan melakukannya bisa meningkatkan risiko wasir dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan untuk membuat kita menjadi lebih asyik memainkannya di toilet dan akhirnya membuat waktu buang air besar menjadi lebih lama. Padahal, semakin lama kita berada dalam posisi buang air besar, semakin meningkat pula kemungkinan pembentukan wasir di bagian anus.

“Dulu, kebiasaan malas mengonsumsi serat atau kurang minum menjadi penyebab utama munculnya wasir, namun kini faktor penyebab masalah kesehatan ini bertambah dengan kecenderungan banyak orang untuk memainkan ponsel saat buang air besar,” ucap dr. Lim.

Penyebab wasir yang sebaiknya diwaspadai

Pakar kesehatan menyebut wasir bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Karena alasan inilah sebaiknya kita menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah masalah kesehatan yang membuat pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami pembengkakan.

Berikut adalah berbagai penyebab wasir yang sebaiknya kita waspadai.

  1. Dipicu oleh diare kronis

Diare kronis ternyata juga bisa menjadi pemicu munculnya wasir.

Hal ini disebabkan oleh kondisi diare yang akhirnya membuat kita bolak-balik ke toilet untuk melakukan buang air besar. Selain itu, saat diare, kita juga akan melakukannya dalam waktu yang cukup lama karena sensasi perut yang terasa masih belum tuntas. Jika kita menggunakan toilet jongkok, maka risiko untuk terkena wasir juga akan semakin meningkat.

Selain itu, diare juga bisa memberikan tekanan dan iritasi pada anus sehingga akhirnya menyebabkan wasir menjadi semakin membengkak.

  1. Sembelit parah

Selain diare, sembelit parah juga bisa menjadi penyebab utama munculnya wasir. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan kita untuk mengejan keras hanya demi mengeluarkan kotoran saat buang air besar. Padahal, hal ini akan membuat tekanan pada anus semakin meningkat dan akhirnya menyebabkan datangnya wasir.

  1. Kebiasaan mengangkat benda-benda yang berat

Tanpa disadari, kebiasaan mengangkat benda-benda yang berat juga bisa meningkatan risiko terkena wasir. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kemudian menegang demi bisa mengangkat benda-benda berat tersebut dan meningkatkan tekanan pada perut dan pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus.

Jika kita sering melakukannya karena faktor pekerjaan atau hal-hal lainnya, apalagi dengan teknik yang tidak tepat, risiko terkena wasir akan meningkat.

Selalu berhati-hati saat mengangkat beban yang berat atau mintalah bantuan orang lain agar bisa membantu demi mencegah tekanan berlebihan pada bagian anus sehingga akan menurunkan risiko terkena wasir.

  1. Duduk terlalu lama

Kebiasaan duduk terlalu lama akan memberikan tekanan lebih banyak pada pembuluh darah vena di sekitar anus sehingga akan memicu datangnya wasir. Karena alasan inilah kita sebaiknya mulai membiasakan diri untuk melakukan peregangan atau setidaknya berjalan-jalan setiap beberapa jam sekali demi membuat tubuh tetap bugar dan mencegah wasir.

  1. Faktor usia

Wasir lebih sering terjadi di orang-orang dengan usia di atas 45 tahun, namun jika kita menerapkan gaya hidup tidak sehat sejak muda, risiko terkena masalah kesehatan ini di usia muda akan semakin meningkat.





Source link