Kaki Panjang dan Lebar: Penyebab, Masalah, dan Memilih Sepatu

By | Agustus 13, 2019


DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki bentuk dan ukuran kaki yang berbeda-beda. Ada yang sejak lahir cenderung memiliki kaki yang lebar dan panjang. Namun, tidak sedikit yang kakinya jadi tumbuh besar dan memanjang seiring dengan berjalannya waktu. Kaki yang panjang bisa saja tidak menimbulkan masalah. Namun, tidak sedikit yang membuat Anda susah mencari sandal atau sepatu.

Penyebab kaki lebar dan panjang

Kaki lebar dan panjang disebabkan oleh beberapa hal. Meski secara umum kaki jenis ini bukan disebabkan oleh patogen atau sejenisnya, beberapa orang merasa tidak nyaman saat memilikinya. Berikut beberapa penyebab kaki panjang dan lebar.

  • Beberapa orang cenderung memiliki kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan yang lain. Kondisi ini bisa saja memicu masalah saat memakai sepatu.
  • Seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya kaki digunakan untuk berjalan, area tendon dan persendian di kaki akan menjadi agak longgar dari kondisi normal biasa. Kalau hal ini sampai terjadi, kemungkinan kaki jadi melebar dan panjang cukup besar.
  • Kelainan bentuk kaki. Kalau Anda mengalami kelainan di kaki seperti terjadi bunion, kapalan, dan lainnya, kemungkinan besar akan memicu kaki jadi melebar. Kaki yang melebar ke samping ini akan memicu perasaan tidak nyaman pada beberapa orang apalagi kalau sendinya membesar dan tertekan.
  • Menggunakan sepatu yang tidak pas untuk kaki. Dari studi yang dilakukan setidaknya ada sekitar 63-72 persen orang salah memakai sepatu dan akhirnya mengalami kelainan bentuk. Kelainan yang terjadi umumnya memicu masalah pertambahan lebar.
  • Saat sedang hamil wanita akan menghasilkan hormon relaxin. Hormon ini memicu beberapa ligamen dan persendian agak longgar. Dampak dari kondisi ini adalah kaki jadi lebih melebar ke samping.
  • Pembengkakan kaki. Kondisi ini bisa terjadi kalau tubuh memiliki masalah kesehatan seperti gangguan di ginjal. Selain itu cedera juga bisa memicu pembengkakan.

Hal yang harus diperhatikan dari kaki lebar dan panjang

Ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan kalau Anda memiliki kaki yang melebar dan panjang:

  • Terjadinya bunion. Pembengkakan atau pembesaran dari jaringan di persendian jempol kaki menyebabkan kaki jadi melebar ke samping. Kondisi ini kerap memicu perasaan sakit, apalagi kalau memakai sepatu yang kekecilan.
  • Memakai sepatu yang kekecilan akan menekan beberapa bagian. Tekanan yang diterima secara terus-menerus ini akan menyebabkan kapalan muncul dan akhirnya kaki jadi mengalami penambahan ukuran.
  • Kaki bisa saling bertumpuk. Kalau kaki kiri dan kan jadi melebar, kemungkinan kaki jadi saling bertemu dan bertumpuk akan besar. Misal saat berdiri dengan kaki dirapatkan. Anda akan sulit melakukannya dan susah membuat kaki jadi rapat.

Memilih ukuran sepatu yang tepat

Salah satu masalah paling krusial dan dialami oleh mereka yang memiliki kaki lebar dan panjang adalah sulitnya memilih sepatu. Memilih sepatu akan menjadi masalah yang sangat besar karena kerap mengalami salah ukuran dan kekecilan. Berikut beberapa tips sebelum memilih ukuran sepatu.

  • Lakukan pengukuran sebelum memutuskan untuk membeli sepatu atau mungkin sandal. Pengukuran dilakukan untuk mendapatkan ukuran yang tepat dan juga sempurna. Dengan ukuran yang tepat kemungkinan terjadi nyeri di kaki bisa dihindari dengan baik.
  • Usahakan ada sisa ruang di bagian jari kaki agar tidak terasa sakit. Umumnya ada sekitar 1-1,25 cm ruang untuk mencegah terjadinya nyeri pada kaki. Kalau sampai tidak ada ruang untuk jari kaki, tekanan ke depan akan besar dan memicu nyeri yang intens Pastikan saat tidak memakai kaos kaki sepatu terasa longgar.
  • Pilih jenis sepatu yang ukurannya memang agak lebar. Beberapa pabrikan dari sepatu juga membuat versi ini khususnya untuk pria. Pada wanita, sepatu ukuran lebar untuk jenis olahraga atau santai juga banyak. Namun, alternatif lain adalah memakai sepatu pria yang cenderung lebih lebar.
  • Ukuran kaki kiri dan kanan kadang sangat berbeda. Kalau Anda ingin membeli sepatu pastikan untuk membeli yang ukurannya sesuai dengan kaki yang lebih panjang ukurannya. Dengan melakukan ini kaki tidak akan terasa sakit karena seperti terjepit di dalam sepatu yang kekecilan.
  • Usahakan untuk membeli secara langsung dan mencoba sepatu terlebih dahulu. Kalau Anda membeli secara online dikhawatirkan sepatu tidak akan cukup untuk digunakan atau kekecilan. Kalau terpaksa beli online, beli yang ukurannya agak lebih besar.

Kapan harus menemui dokter?

Kalau kaki Anda lebar dan panjang, tapi tidak terdapat gangguan yang berarti, kemungkinan besar tidak perlu diperiksakan ke dokter, Namun, kalau selalu sakit saat menggunakan sepatu dan sejenisnya serta sering kram atau nyeri, ada baiknya untuk segera diperiksakan untuk melihat ada atau tidaknya gangguan yang sedang terjadi.

Kalau kaki menjadi bengkak padahal awalnya tidak, segera periksakan diri ke dokter, Apalagi kalau bengkaknya abnormal dan jarang terjadi sebelumnya. Bisa saja sedang terjadi masalah di jantung, ginjal, mengalami diabetes, hingga masalah lainnya.

Dokter biasanya akan melakukan diagnosis dari gejala yang muncul dan juga hasil pemeriksaan yang detail. Dari sana penanganan yang tepat akan diberikan apakah akan diberi obat atau hanya disuruh untuk beristirahat secara rutin agar bengkak di sekitar kaki bisa kempes dengan sendirinya perlahan-lahan.

Inilah beberapa ulasan tentang kaki yang lebar dan juga panjang. Dengan kaki yang sangat lebar dan panjang ini beberapa orang mungkin tidak akan menemui masalah. Namun, tidak sedikit yang sering mendapatkan masalah yang cukup besar seperti sulit mencari sepatu dan nyeri saat digunakan untuk berjalan. Bagaimana dengan kaki yang Anda miliki?

 





Source link