Kaitan Antara Kopi dengan Kanker Hati

By | August 21, 2019


Photo Source: Flickr/Zacharias Korsalska

DokterSehat.Com– Siapa sih yang nggak suka minum kopi? Memang bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung atau alergi dengan minuman ini akan berusaha untuk menghindarinya, namun secara umum, banyak orang yang gemar mengonsumsinya, baik itu di rumah, tempat kerja, atau di warung dan kafe-kafe. Tak hanya nikmat, kopi juga dianggap bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk di antaranya adalah menurunkan risiko kanker.

Dampak minum kopi bagi risiko kanker hati

Pakar kesehatan menyebut kopi memang bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Salah satunya adalah kanker hati. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan para peneliti gabungan dari University of Southampton, Inggris dan University of Edinburgh, Skotlandia.

Dalam penelitian ini, 26 riset yang terkait dengan kopi dan melibatkan lebih dari 2 juta partisipan dilibatkan. Hasilnya adalah, para partisipan yang rutin minum kopi satu cangkir saja setiap hari mengalami penurunan risiko terkena kanker hati atau dalam dunia medis disebut sebagai hepatocellular cancer sampai 20 persen. Jika sampai konsumsi kopi ditingkatkan menjadi dua cangkir setiap hari, penurunan risiko terkena kanker hati bahkan bisa diturunkan menjadi 35 persen.

Tak hanya kopi dengan kandungan kafein, konsumsi kopi bebas kafein juga bisa memberikan manfaat yang sama. Hanya saja, manfaat kesehatannya memang tidak akan sebanyak jika kita minum kopi dengan kafein.

Dr. Oliver Kennedy yang memimpin penelitian ini menyebut kopi memang bisa memberikan dampak besar bagi risiko kanker hati, namun kita sebaiknya tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Sebagai contoh, ada sebagian orang yang mengalami gejala jantung berdebar-debar, peningkatan asam lambung, hingga mengalami massalah susah tidur akibat meminumnya terlalu banyak.

Berbagai manfaat lain dari minum kopi

Selain bisa mencegah datangnya kanker hati, pakar kesehatan juga menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan lain dari kopi yang bisa kita dapatkan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa menurunkan risiko terkena diabetes

Pakar kesehatan menyebut ada lebih dari 300 juta orang di dunia yang mengidap diabetes. Tak hanya bisa memicu amputasi, diabetes juga bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya dan mematikan. Beruntung, kita bisa menurunkan risiko terkena penyakit ini dengan rutin minum kopi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2009 silam, minum satu cangkir kopi setiap hari sudah mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen!

  1. Bisa menurunkan risiko terkena alzheimer

Penelitian yang dilakukan pada 2010 silam menghasilkan fakta bahwa orang-orang yang rajin minum kopi memiliki risiko terkena alzheimer lebih rendah 65 persen. Mengonsumsi kopi hingga 3 cangkir per hari bahkan bisa memberikan manfaat yang lebih besar.

  1. Bisa menurunkan risiko terkena Parkinson

Penyakit degeneratif lain yang bisa dicegah kedatangannya dengan kopi adalah Parkinson. Dengan rutin mengonsumsi kopi berkafein sebanyak tiga cangkir setiap hari, maka risiko terkena Parkinson bisa diturunkan hingga 39 persen.

  1. Bisa mencegah depresi

Depresi bisa muncul akibat berbagai masalah yang kita alami setiap hari. Masalahnya adalah depresi bisa menurunkan produktivitas, menurunkan kualitas hidup, hingga meningkatkan risiko bunuh diri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2011 silam di Amerika Serikat, disebutkan bahwa minum kopi secara rutin bisa menurunkan risiko terkena masalah psikologis ini.

  1. Memperlambat penuaan dini

Penelitian yang dilakukan di National Institute of Health pada 2012 silam menghasilkan fakta bahwa rutin minum kopi yang tinggi kandungan antioksidan bisa mencegah penuaan dini. Tak hanya dalam hal penampilan, penuaan dini yang dimaksud adalah dalam hal kondisi kesehatan tubuh. Kita pun bisa tetap sehat hingga usia tua jika rutin mengonsumsinya.





Source link