Jujube, si ‘Kurma Merah’ Beragam Manfaat

By | August 10, 2019


DokterSehat.Com – Jujube, familiar dengan jenis buah yang satu ini? Ya, jujube adalah nama sejanis buah-buahan yang berasal dari wilayah Asia bagian Selatan. Buah jujube memang belum populer bagi masyarakat Indonesia. Padahal, seperti buah pada umumnya, jujube ini kaya akan nutrisi sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa itu jujube? Apa saja manfaat buah jujube bagi kesehatan tubuh?

Apa Itu Jujube?

Jujube adalah buah yang berasal dari tanaman dengan nama yang sama. Seperti yang sudah disinggung di awal, jujube ini berasal dan banyak tumbuh di wilayah Asia Selatan. Buah jujube kerap dijuluki sebagai ‘kurma merah’. Pasalnya, buah ini secara bentuk dan ukuran memang sekilas mirip dengan buah kurma, hanya saja warnanya yang berbeda.

Buah jujube (Zizhipus jujuba) saat masih muda berwarna hijau, yang lantas berubah menjadi kuning dan kemerahan manakala sudah masak.  Buah jujube, sama seperti buah-buah lainnya, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah jujube ini tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, yakni:

  • Protein
  • Lemak
  • Air
  • Serat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Potassium
  • Sodium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Vitamin A, vitamin B (B6 dan B12), vitamin C

Untuk menikmati si ‘kurma merah’ ini, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung, atau dijadikan jus jujube segar.

Manfaat Buah Jujube bagi Kesehatan Tubuh

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi buah jujube bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara rutin? Simak informasinya berikut ini.

1. Melancarkan  Peredaran Darah

Jujube adalah buah yang mengandung mineral  fosfor dan zat besi. Kedua jenis mineral ini menghasilkan manfaat jujube untuk menjaga produksi darah, pun melancarkan peredaran darah.

Peredaran darah yang lancar tentu menjadi suatu keharusan. Pasalnya, darah bertugas untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh. Sehingga, organ tubuh dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

2. Sumber Energi bagi Ibu Hamil

Ibu hamil berisiko mengalami kekurangan darah (anemia) yang mana hal ini bisa berdampak pada pelemahan fisik.

Guna menghindari hal ini terjadi, para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jujube. Kandungan zat besi pada buah jujube efektif untuk memastikan kadar darah di dalam tubuh senantiasa tercukupi.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tubuh yang sehat tidak mudah terserang penyakit tentunya didukung oleh sistem kekebalan atau imun yang kuat. Tanpa sistem imun yang kuat, jangan heran jika tubuh Anda rentan terkena infeksi penyakit.

Dari sekian banyak cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa Anda lakukan, mengonsumsi  buah jujube adalah salah satunya. Dari hasil sejumlah penelitian, diketahui bahwasanya kandungan zat pada jujube efektif untuk meningkatkan produksi sel darah putih.

Sel darah putih sendiri adalah komponen utama dari sistem kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit yang hendak menyerang tubuh.

4. Mengatasi Gangguan Tidur (Insomnia)

Apakah akhir-akhir ini Anda mengalami gangguan tidur atau yang biasa disebut ‘insomnia’? Kondisi ini tentu saja tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Pasalnya, waktu tidur yang kurang akan membuat produktivitas Anda menurun, pun potensi untuk terkena penyakit menjadi lebih besar.

Mengonsumsi jujube secara rutin adalah salah satu solusi efektif untuk mengatasi insomnia yang Anda alami. Cobalah mulai sekarang untuk membiasakan diri makan buah jujube setiap habis makan besar, atau beberapa jam sebelum tidur dan lihat sendiri hasilnya.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol, dalam hal ini lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’, adalah momok bagi semua orang. Bagaimana tidak? Kolesterol ‘jahat’ ini menjadi pemicu dari timbulnya penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Oleh sebab itu, menjadi penting bagi Anda utuk mengontrol kadar kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh. Salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah jujube.

Manfaat jujube yang satu ini oleh karena adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C secara ilmiah sudah terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Anda para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah jujube secara rutin.

Kandungan zat besi dan vitamin C jujube menurut sejumlah penelitian efktif untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

7. Meminimalisir Risiko Kanker

Ajaibnya, jujube juga menajdi buah yang diklaim dapat meminimalisir risiko penyakit kanker. Hal ini lagi-lagi dikarenakan kandungan vitamin C di dalam buah yang oleh masyarakat di Korea Selatan kerap dijadikan penganan saat sarapan ini.

Vitamin C pada jujube memiliki sifat antioksidan. Kanker adalah penyakit yang dipicu oleh serangan radikal bebas. Nah, fungsi dari antioksidan ini adalah untuk menangkal serangan radikal bebas tersebut, sehingga tak heran jika kemudian buah jujube cocok dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mengalami kanker nan mematikan.

8. Menjaga dan MemperkuatTulang

Kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zinc pada jujube menghasilkan manfaat buah jujube untuk menjaga fungsi tulang, sekaligus memperkuat tulang Anda.

Mengingat tulang memiliki fungsi yang amat penting, maka sudah sewajarnya Anda menjaga kesehatannya, yakni dengan mengonsumsi jujube salah satunya. Tulang yang tidajk terjaga kesehatannya akan berdampak pada timbulnya penyakit tulang, seperti osteoporosis.

9. Mengobati Stres

Stres adalah kondisi yang sepertinya memang tidak bisa kita hindari. Ada saja hal-hal yang memunculkan perasaan stres, entah itu pekerjaan, pelajaran, hingga urusan asmara.

Namun, bukan berarti Anda bisa terus larut dalam perasaan stres karena hal ini juga tidak baik dan bisa berakibat pada gangguan kesehatan tubuh. Alih-alih stres terus-menerus, yang harus Anda lakukan adalah mengendalikan stres tersebut.

Mengonsumsi buah jujube adalah salah satu cara alami mengobati stres. Hal ini dikarenakan kandungan zat pada jujube memiliki efek anxiolytic  yang menenangkan. Kendati bukti ilmiah yang bisa mendukung manfaat buah jujube yang satu ini masih minim, tak ada salahnya untuk Anda mengonsumsi buah tersebut manakala sedang dilanda stres.

Efek Samping Buah Jujube

Sayangnya, buah jujube tidak lepas dari yang namanya efek samping apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain:

  • Kenaikan berat badan
  • Diare
  • Gangguan lambung
  • Gangguan usus
  • Reaksi alergi

Oleh sebab itu, konsumsilah jujube dalam jumlah yang sewajarnya. Imbangi juga dengan konsumsi buah-buahan lainnya. Semoga bermanfaat!





Source link