Home Remedies untuk Menangani Infeksi di Ginjal

By | July 30, 2019


DokterSehat.Com – Salah satu gangguan pada tubuh yang menyebabkan kita jadi tidak nyaman adalah infeksi saluran kemih. Kalau sampai kondisi ini muncul, kita tidak akan nyaman dalam melakukan banyak hal. Saat akan berkemih terasa sakit, bahkan saat berhubungan seks pun jadi tidak sempurna. Kalau infeksi saluran kemih tidak ditangani, kemungkinan besar bisa memicu infeksi di ginjal.

Penanganan infeksi ginjal

Infeksi yang terjadi pada ginjal biasanya muncul dari infeksi saluran kemih yang parah. Konsentrasi bakteri yang banyak akhirnya terus merambat hingga sampai ke ginjal. Kalau kondisi ini sudah mengganggu, pemberian antibiotik harus dilakukan untuk membunuh bakteri yang terus menginfeksi dan menurunkan fungsi dari ginjal.

Dengan menggunakan antibiotik, infeksi bisa segera ditangani dengan baik. Oh ya, Anda tidak disarankan untuk membeli antibiotik di luaran sana. Lebih baik menggunakan resep dari dokter saja agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak memicu efek samping yang besar.

Home remedies untuk menangani infeksi ginjal

Beberapa orang tidak suka langsung minum antibiotik karena bisa memicu gangguan pada tubuh. Oleh karena itu mereka lebih suka menggunakan home remedies yang dianggap mampu menurunkan gejala yang parah dan ginjal bisa tumbuh normal. berikut beberapa jenis home remedies yang bisa digunakan.

  1. Minum banyak air putih

Konsep dari cara pertama ini adalah melarutkan sebanyak mungkin bakteri yang ada di ginjal. Dengan minum air yang banyak dan tidak berlebihan. ginjal akan dicuci hingga bersih dan hampir semua bakteri akan ikut keluar bersama dengan feses. Akhirnya, kondisi tubuh akan membaik dengan sendirinya.

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan air harian sebanyak 6-8 gelas. Kalau Anda bisa minum 2-3 gelas lagi akan lebih baik lagi. Air yang diminum akan membuat Anda lebih banyak berkemih. Jadi, bersiaplah untuk berkali-kali pergi ke kamar mandi dalam waktu satu jam.

  1. Istirahat yang cukup

Tubuh butuh istirahat yang cukup untuk mampu mengatasi infeksi di tubuhnya. Dengan istirahat yang cukup, Anda akan mudah menaikkan daya tahan tubuh yang mampu membuat bakteri penyebab infeksi terus diserang. Dalam satu hari usahakan untuk tidur sekitar 7-9 jam agar tubuh memiliki daya tahan yang sempurna.

  1. Minum jus cranberry

Salah satu manfaat dari jus cranberry adalah untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan saluran kemih termasuk ginjal. Kalau Anda ada masalah pada area ini konsumsi jus ini secara rutin untuk membuat kondisi tubuh jadi baik. Bakteri akan berkurang dengan sendirinya karena ada zat aktif pada cranberry yang membunuhnya.

  1. Minum teh hijau

Teh hijau yang asli mengandung komponen anti bakteri yang cukup besar. Komponen anti bakteri ini bisa membuat Anda jadi lebih sehat dan berbagai jenis masalah yang dipicu bakteri termasuk infeksi yang terjadi di ginjal bisa diatasi dengan lebih cepat dan juga mudah.

  1. Melakukan pengompresan dan pakai salep

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menangani masalah infeksi ginjal adalah penggunaan kompres air panas. Masukkan air panas ke dalam botol  lalu letakkan di bagian perut yang sakit. Dengan melakukan ini rasa sakit yang muncul akan sedikit reda meski kemungkinan muncul lagi akan besar.

Selanjutnya Anda juga bisa melakukan pengolesan salep dengan efek panas, cara ini bisa dilakukan untuk meredakan nyeri di sekitar perut. Anda bisa memilih sendiri salah satu dari pereda nyeri alami ini apakah dengan kompres air hangat atau dengan menggunakan obat jenis oles.

Efektivitas home remedies

Satu hal yang harus Anda pahami sebelum melakukan home remedies untuk membantu meringankan gejala infeksi ginjal. Cara ini tidak akan bisa menyembuhkan gangguan pada ginjal. Yang bisa dilakukan adalah meringankan gejalanya agar tidak parah serta membuat tubuh jadi lebih baik.

Ada kalanya dengan home remedies masalah bisa diselesaikan. Namun, ada juga yang butuh penanganan dokter lebih lanjut. Jadi, hanya gunakan home remedies untuk meringankan saja gejala yang muncul. Jangan berharap akan menyelesaikan penyakit infeksi ginjal yang sedang dialami.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Penanganan di rumah dengan cara home remedies memang akan menurunkan gangguan pada ginjal. Namun, setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Ada yang kondisinya cukup parah dan harus segera mendapatkan penanganan dari dokter. Berikut beberapa gejala yang membuat Anda harus segera menemui dokter.

  • Suhu tubuh mengalami peningkatan. Peningkatan ini sampai di atas 30° C.
  • Kalau saat berkemih muncul darah di dalamnya kondisi di ginjal bisa dikatakan parah. Selain itu tanda masalah lainnya seperti ada nanah yang warnanya putih dan kental ikut bersama dengan urine.
  • Muntah berkali-kali dan mengeluarkan banyak cairan. Kondisi ini akan memicu seseorang jadi sangat lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas.
  • Saat berkemih sensasi panas dan tidak nyaman yang keluar kian parah dan menyakitkan.
  • Tubuh akan menjadi agak menggigil atau meriang. Sebagian panas dan sebagian lagi dingin di saat yang bersamaan.
  • Ada nyeri yang intens di bagian samping tubuh khususnya perut bagian bawah.
  • Urine yang keluar memiliki aroma yang sangat intens dan seperti orang yang mengonsumsi makanan secara sembarangan.
  • Berkemih berkali-kali meski kandung kemih tidak penuh. Kemungkinan besar ada iritasi dan tekanan ke kandung kemih sehingga kondisi overaktif terjadi.

Inilah beberapa ulasan tentang pengobatan di rumah atau home remedies yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi pada ginjal. Kalau seseorang mengalami infeksi pada ginjal, hal yang harus dilakukan dahulu adalah bagaimana mengurangi gejalanya. Kalau tidak ada perubahan, segera periksakan diri agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 





Source link