Hanya Flu Tapi Bisa Bikin Badan Nggak Enak, Ini Penyebabnya

By | Agustus 13, 2019


DokterSehat.Com– Flu seringkali dianggap sebagai penyakit ringan yang akan sembuh dengan sendirinya, namun jika dicermati, flu yang seharusnya hanya akan menyerang saluran pernapasan ini juga bisa membuat badan terasa tidak enak seharian. Bahkan, ada yang sampai merasakan keinginan untuk tidur sepanjang waktu karena badan yang pegal-pegal. Sebenarnya, apa penyebab dari gejala yang bisa dirasakan di seluruh tubuh ini?

Penyebab flu bisa membuat badan terasa sangat tidak enak

Pakar kesehatan menyebut flu berbeda dengan pilek. Hal ini disebabkan oleh pilek yang biasanya tidak diikuti dengan demam, sementara flu bisa saja menyebabkan munculnya demam. Kondisi ini disebabkan oleh penyebab dari flu, yakni virus influenza yang akan memicu infeksi pada saluran pernapasan, hidung, paru-paru, serta tenggorokan.

Jika virus flu ini masuk ke saluran pernapasan kita, akan segera mencapai bagian lapisan saluran paru-paru dan akhirnya mempengaruhi produksi protein pada permukaan sel pada bagian tersebut. Hal inilah yang kemudian menyebabkan infeksi yang akhirnya memancing reaksi dari sistem kekebalan tubuh.

Pakar kesehatan Laura Haynes dari University of Connecticut, Amerika Serikat menyebut sistem kekebalan tubuh segera memproduksi sitokin dan kemokin untuk melawan infeksi tersebut. Salah satu jenis sitokin yang muncul adalah interleukin-1 yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Hanya saja, kondisi ini juga akan mempengaruhi bagian otak bernama hipotalamus. Hal inilah yang kemudian menyebabkan gejala sakit kepala dan demam.

Selain itu, ada jenis sitokin lainnya bernama faktor nekrosis tumor alfa yang ikut memerangi virus flu. Keberadaan sitokin ini juga akan membuat tubuh terasa lebih lemas, mudah pusing, hingga hilangnya nafsu makan. Selain itu, kita juga akan merasakan nyeri atau lemah otot.

Hanya saja, bagi sebagian orang, gejala ini tidak begitu terasa sehingga meskipun flu menyerang cukup berat, mereka tetap bisa melakukan aktivitas dengan normal. Meskipun begitu, pakar kesehatan sebenarnya lebih menyarankan kita untuk beristirahat demi membantu kinerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus flu sehingga diharapkan kita bisa cepat sembuh.

Tips meredakan flu dengan cepat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai hal ini agar bisa segera sembuh dari flu sehingga bisa kembali menjalankan aktivitas dengan normal.

Berikut adalah tips untuk meredakan flu dengan cepat.

  1. Minum air perasan lemon

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi air hangat yang dicampurkan perasan lemon sebanyak setengah atau satu buah. Kita bisa menambahkan madu demi mendapatkan vitamin C, antibakteri, dan antioksidan dalam jumlah yang lebih banyak sehingga bisa segera menyembuhkan flu.

  1. Mandi air hangat

Saat flu, cobalah untuk mandi dengan air hangat demi membuat pernapasan lebih lega dan membuat otot-otot yang sebelumnya terasa nyeri menjadi jauh lebih nyaman.

  1. Memperbanyak asupan air putih

Minum air putih bisa membuat saluran pernapasan terjaga kelembabannya. Hal ini juga akan mencegah datangnya dehidrasi sekaligus mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi air delapan gelas setiap hari dan memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan demi membuat flu bisa segera sembuh.

  1. Tidak minum kopi untuk sementara

Meskipun bisa menyediakan rasa yang nikmat, dalam realitanya kopi bisa membuat kita tak kunjung bisa sembuh dari flu. Hindari terlebih dahulu minuman ini hingga flu mereda.

  1. Istirahat dengan cukup

Pakar kesehatan Wendy Swanson dari Seattle Children’s Hospital menyebut tidur cukup akan membuat sistem imun bisa bekerja dengan lebih maksimal dalam melawan infeksi dan virus penyebab flu. Hal ini tentu akan membuat flu akan lebih cepat mereda.





Source link