Gusi Berdarah Bisa Memicu Kanker?

Gusi Berdarah Bisa Memicu Kanker?

[ad_1]

gusi-bengkak-dokterseha

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar informasi kesehatan yang sepertinya cukup mengkhawatirkan. Sebagai contoh, ada anggapan yang menyebut gusi berdarah jika dibiarkan dan tidak kunjung ditangani bisa berujung menjadi kanker. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Kaitan antara gusi berdarah dengan kanker

Ada banyak sekali penyebab masalah gusi berdarah. Hanya saja, biasanya hal ini disebabkan oleh kebiasaan menggosok gigi dengan terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu yang cenderung kasar. Masalahnya adalah gusi berdarah memang terkait dengan kondisi kesehatan tertentu, apalagi jika penyebabnya adalah tidak jelas.

Sebagai contoh, salah satu penanda dari masalah kanker darah atau leukemia adalah gusi berdarah. Sebagai informasi, leukemia menyebabkan gangguan pada sel darah. Sumsum tulang belakang yang seharusnya memproduksi sel darah dalam kondisi sehat justru memproduksi sel darah dalam kondisi abnormal dalam kondisi yang lebih banyak. Hal ini bisa berujung pada gangguan pada perdarahan, pembekuan darah, hingga kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Jika kita mengalami luka pada gusi akibat menyikat gigi, misalnya, maka akan membuat darah terus keluar dan sulit untuk dihentikan. Selain itu, kondisi gusi milik penderita leukemia juga cenderung lebih tebal dan besar sehingga semakin rentan untuk mengalami masalah gusi berdarah.

Gejala-gejala kesehatan lain yang terkait dengan leukemia adalah tubuh yang demam, mudah menggigil, hingga berkeringat dengan berlebihan di malam hari, tubuh yang cenderung melah, sering mengalami nyeri otot, sering mengalami mimisan, hingga penurunan berat badan secara drastis dan pembengkakan hati serta limpa.

Melihat fakta ini, gusi berdarah bukanlah penyebab dari datangnya kanker, namun jika kita sering mengalaminya, bisa jadi menandakan adanya kanker darah sehingga sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter.

Berbagai hal lain yang bisa memicu datangnya gusi berdarah

Selain bisa menandakan masalah gusi berdarah, pakar kesehatan menyebut ada beberapa masalah kesehatan lainnya yang ternyata bisa ditandai dengan masalah gusi berdarah.

Berikut adalah masalah-masalah kesehatan tersebut.

  1. Diabetes

Salah satu gejala khas yang akan dialami oleh penderita diabetes adalah masalah gusi berdarah. Hal ini disebabkan oleh munculnya periodontitis, peradangan yang terjadi di sekitar akar gigi. Jika kadar gula darah sudah tidak bisa dikendalikan, maka pembuluh darah di bagian gusi akan rusak sehingga akan rentan mengalami perdangan.

Selain itu, keberadaan kadar gula darah yang tinggi juga bisa membuat jumlah bakteri semakin meningkat di dalam mulut. Hal ini akan membuat peradangan pada gusi akan menjadi semakin parah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan masalah gusi berdarah.

  1. Terkait dengan HIV

Penderita HIV ternyata rentan mengalami masalah gigi dan mulut. Sebagai contoh, mereka rentan mengalami masalah gingivitis dan periodontitis yang akhirnya menyebabkan peradangan pada bagian tepi gusi. Selain menyebabkan gusi berdarah, hal ini juga akan memicu perubahan warna pada gusi, pembengkakan, hingga sensasi nyeri pada gusi.

  1. Hemophilia

Hemofilia ternyata bisa memicu perdarahan yang tidak normal dan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan masalah kesehatan ini dalam memicu gangguan pada proses pembekuan darah.

  1. Mengalami masalah kekurangan vitamin

Tak hanya terkait dengan penyakit-penyakit serius sebagaimana disebutkan sebelumnya, pakar kesehatan menyebut gusi berdarah seringkali terkait dengan kekurangan asupan beberapa jenis vitamin layaknya vitamin C dan vitamin K. Kedua jenis vitamin ini ternyata sangatlah penting dalam proses pembekuan darah atau penyembuhan luka.



[ad_2]

Source link

AKDSEO