Gara-Gara Uang, Banyak Orang Alami Susah Tidur

By | July 7, 2019


photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak menyerang manusia modern, khususnya yang berusia dewasa adalah insomnia atau susah tidur. Ada banyak sekali penyebab dari masalah yang bisa membuat kita kurang istirahat ini, namun penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa hal ini bisa jadi terkait dengan masalah keuangan. Kok bisa?

Kaitan antara masalah keuangan dengan insomnia

Dalam penelitian yang hasilnya diumumkan oleh Bankrate ini, sebenarnya penyebab dari susah tidur seringkali adalah masalah yang dialami sehari-hari seperti pekerjaan yang membuat stres atau hubungan percintaan, namun ternyata cukup banyak orang yang tidak bisa tidur gara-gara memikirkan keuangannya!

Dalam penelitian yang melibatkan partisipan berusia lebih dari 18 tahun dari Amerika Serikat ini, dihasilkan fakta bahwa 56 persen partisipan memikirkan masalah keuangan dengan berlebihan hingga susah tidur. Yang lebih mengejutkan, satu dari tiga orang mengaku pengeluaran sehari-hari bisa memicu datangnya stres.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa di usia 39 hingga 54 tahun, masalah susah tidur akan jauh lebih sering muncul. Dari kelompok usia ini, diketahui bahwa 64 persen di antaranya kesulitan untuk tidur nyenyak gara-gara memikirkan cara untuk menyambung hidup di hari esok. Mereka juga memikirkan tagihan atau pengeluaran bulanan.

Sementara itu, di usia yang lebih muda, yakni 23 hingga 38 tahun, 58 persen di antaranya cenderung lebih memikirkan tabungan untuk usia pensiun. Mereka juga memikirkan harga rumah yang semakin mahal dan tagihan kartu kredit yang semakin membengkak. Dari kelompok usia yang lebih tua, yakni 55 hingga 73 tahun, kebanyakan dari mereka lebih memikirkan pengeluaran sehari-hari, uang pensiun, biaya kesehatan, serta asuransi.

Generasi usia paling muda, yakni di antara 18 hingga 22 tahun ternyata masih cenderung tidak memikirkan masalah keuangan. Hanya 33 persen dari mereka yang sampai mengalami insomnia akibat memikirkan biaya pendidikan. Hanya saja, banyak orang di usia ini yang justru sengaja begadang untuk lebih menikmati hidup atau melakukan hal-hal lain yang sayangnya kurang baik bagi kesehatan.

Berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan datangnya insomnia. Masalahnya adalah jika hal ini tidak segera ditangani, bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh, khususnya dalam hal penurunan sistem kekebalan tubuh atau kekacauan hormon.

Berikut adalah berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia.

  1. Cobalah untuk membiasakan diri tidur di waktu yang sama

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mulai membiasakan diri tidur di jam yang sama setiap malam. Hal ini diharapkan mampu merangsang jam biologis untuk kembali menata produksi hormon untuk beristirahat dengan lebih baik. Jika hal ini terjadi, maka kita akan lebih mudah mengantuk di waktu yang sama setiap malam dan akhirnya bisa tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Cobalah untuk menurunkan asupan kafein

Meski nikmat untuk dikonsumsi, minuman berkafein seperti kopi atau teh sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi di sore atau malam hari karena bisa membuat kita susah tidur. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dalam mengacaukan hormon yang seharusnya bisa membuat kita mengantuk. Cobalah untuk mengonsumsi minuman lainnya seperti susu hangat sebelum tidur yang justru bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Berhenti memainkan ponsel atau menonton televisi di malam hari

Paparan cahaya biru dari ponsel atau layar televisi akan membuat kita mengalami susah tidur. Cobalah untuk berhenti menontonnya sekitar satu atau dua jam sebelum tidur demi merangsang produksi hormon yang bisa membantu kita mengantuk atau beristirahat malam.





Source link