Esilgan – Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Esilgan – Manfaat, Dosis, & Efek Samping

[ad_1]

esilgan-tablet-doktersehat

DokterSehat.Com – Esilgan obat apa? Esilgan adalah obat yang dapat mengatasi berbagai bentuk gangguan tidur karena gugup, cemas, tegang, nyeri, trauma, depresi, dan lainnya. Obat Esilgan merupakan obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Penggunaan Esilgan harus sesuai dengan aturan pakai jika ingin mencapai tujuan pengobatan dan menurunkan risiko efek samping. Oleh karena itu, ketahuilah manfaat, kandungan, cara kerja, bentuk sediaan, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping, dan harga Esilgan.

Rangkuman Informasi Obat Esilgan

Nama Esilgan
Golongan Obat Obat Keras
Kelas Terapi Hipnosis
Manfaat Mengatasi berbagai bentuk gangguan tidur
Kandungan Estazolam
Cara Kerja Memengaruhi pusat tidur di dalam otak, sehingga fungsi fisiologis tidur bisa diperbaiki
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi Penggunaan Mengalami gangguan tidur karena beberapa hal
Kontraindikasi Hipersensitivitas, menyusui, dan lainnya
Dosis 1-4 mg sebelum tidur (tergantung masalah kesehatan pasien)
Cara pakai Diminum sesaat sebelum tidur pada malam hari
Efek samping Ketergantungan, sakit kepala, mengantuk, dan lainnya
Harga Rp30.000/tablet

Manfaat Esilgan

Manfaat Esilgan adalah untuk mengobati masalah tidur yang biasanya disebabkan oleh rasa cemas. Obat Esilgan juga bermanfaat untuk mengobati gangguan tidur karena beberapa hal lain, seperti tegang, psikosis, nyeri setelah operasi, trauma, dan lainnya.

Gangguan tidur bisa diatasi jika alasannya sudah diketahui dengan pasti dan telah dilakukan pengobatan pada sebab utama gangguan tidur tersebut. Sebagai contoh, insomnia karena rasa nyeri, maka pengobatan insomnia dilakukan setelah rasa nyeri diatasi terlebih dahulu.

Penggunaan Esilgan tidak efektif jika alasan utama dari gangguan tidur belum diobati. Meskipun cukup efektif dalam mengatasi berbagai bentuk gangguan tidur, Anda tidak bisa terus menerus mendapatkan manfaat obat ini karena Esilgan hanya untuk penggunaan jangka pendek.

Kandungan Esilgan

Kandungan yang ada di dalam Esilgan adalah Estazolam yang merupakan nama generik obat pada kelas terapi Hipnosis. Estazolam adalah obat hipnotik turunan benzodiazepine. Secara farmakologis, Estazolam diklasifikasi dalam kelompok Anxiolytics.

Cara Kerja Esilgan

Estazolam yang ada di dalam obat Esilgan memiliki cara kerja yang cukup efektif dalam mengobati gangguan tidur untuk jangka pendek. Esilgan bekerja terhadap bagian pusat tidur di otak yang dapat memengaruhi fungsi fisiologi waktu tidur.

Cara kerja Esilgan adalah dengan memengaruhi bahan kimia di otak yang tidak seimbang karena ketidakseimbangan bahan kimia tersebutlah yang membuat seseorang mengalami gangguan tidur. Setelah bahan kimia di otak diperbaiki, maka masalah tidur pun hilang.

Bentuk Sediaan Esilgan

Bentuk sediaan Esilgan adalah per oral, yakni digunakan melalui mulut. Sediaan oral Esilgan berbentuk tablet berwarna putih dengan garis di bagian tengahnya. Ada dua jenis kekuatan dosis Esilgan, yaitu Esilgan 1 mg dan Esilgan 2 mg.

Esilgan tablet dijual dalam kemasan strip secara ecer (per butir) atau keseluruhan strip. Setiap satu strip berjumlah 10 tablet. Obat ini memang diperbolehkan dibeli per tablet karena aturan pakai yang tidak bisa jangka panjang.

Simpanlah Esilgan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak mengingat ini adalah obat keras. Selain itu, simpanlah Esilgan di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Indikasi Esilgan

Esilgan digunakan pada pasien yang mengalami berbagai bentuk gangguan tidur akibat kecemasan, depresi, neurosis, psikosis, gugup, tegang, psikosis, nyeri setelah operasi, dan lainnya. Anda bisa menggunakan Esilgan setelah penyebab gangguan tidur didiagnosis dokter.

Apabila Anda telah mengalami gangguan tidur seperti insomnia karena alasan tertentu, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan tindakan diagnosis terhadap Anda guna memastikan adanya gangguan tidur beserta penyebabnya.

Pemakaian obat Esilgan tanpa disertai indikasi bisa memicu beberapa masalah kesehatan yang bisa berkembang semakin parah. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki indikasi Esilgan yang dibuktikan oleh diagnosis dokter.

Kontraindikasi Esilgan

Obat Esilgan tidak bisa digunakan pada pasien dengan kasus tertentu walaupun memiliki indikasinya. Anak-anak tidak boleh diberikan Esilgan kecuali jika diresepkan oleh dokter anak. Penderita myasthenia gravis juga tidak bisa menggunakan Esilgan.

Orang yang memiliki masalah hipersensitivitas tidak boleh menggunakan Esilgan apabila tidak ingin mengalami reaksi alergi yang berisiko. Penggunaan Esilgan pada lansia sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan ataksia, bingung, dan mudah jatuh.

Pemakaian Esilgan dikontarindikasikan terhadap ibu hamil. Hal ini harus dipatuhi, karena kandungan Esilgan, yakni Estazolam dapat diekskresikan melalui Air Susu Ibu. Jadi, ini bisa memengaruhi kualitas laktasi Anda.

Peringatan Penggunaan Obat Esilgan

Sebelum menggunakan Esilgan, sebaiknya ketahui beberapa hal penting ini:

  • Berhati-hatilah menggunakan Esilgan jika Anda mengalami fungsi pernapasan tertekan
  • Pecandu atau pengonsumsi alkohol karena selama terapi Esilgan tidak diperbolehkan menggunakan minuman beralkohol
  • Tidak mengemudi sendiri atau bekerja dengan mesin berat
  • Tidak bisa digunakan untuk jangka waktu lama karena bisa mengakibatkan ketergantungan
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau berencana hamil
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak jika ingin memberikan Esilgan pada bayi, bayi, atau anak-anak
  • Beri tahu dokter jika menggunakan obat anti-depresi, penghambat MAO, dan pelemas obat

Dosis Esilgan

Gunakanlah obat Esilgan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis Esilgan yang tepat adalah sesuai usia, gejala, dan kondisi pasien. Perhatikan dengan cermat kekuatan dosis Esilgan (1 mg atau 2 mg) yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah dosis Esilgan tablet 1 mg pada beberapa kondisi:

  1. Neurosis                          : 1-2 tablet sebelum tidur
  2. Psikosis, Skizofrenia         : 2-4 tablet sebelum tidur
  3. Malam sebelum operasi    : 1-2 tablet sebelum tidur

Bagaimana cara menggunakan Esilgan? Esilgan diberikan sesaat sebelum tidur pada malam hari. Sebaiknya Esilgan tidak diberikan jika pasien memiliki kemungkinan untuk bangun tidur tengah malam meskipun hanya sesaat.

Efek Samping Esilgan

Sama seperti obat keras pada umumnya, penggunaan Esilgan juga bisa menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping Esilgan bisa menyebabkan ketergantungan bila digunakan untuk jangka panjang.

Esilgan juga bisa menyebabkan munculnya rasa kantuk, sakit kepala, kepala terasa ringan, lesu, gatal-gatal, kulit kemerahan, gangguan koordinasi gerakan, dan tekanan fungsi pernapasan, dan reaksi alergi. Hentikan penggunaan Esilgan dan temui dokter jika Anda mengalami efek samping tersebut.

Harga Esilgan

Harga obat Esilgan bisa jadi tidak sama di semua apotek. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Umumnya, harga Esilgan adalah Rp30.000/tablet. Biasanya, jika membeli lebih banyak, maka harganya menjadi lebih murah.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Esilgan. http://pionas.pom.go.id/obat/esilgan [diakses pada 9 Juli 2019]
  2. Drugs: Estazolam. https://www.drugs.com/mtm/estazolam.html [diakses pada 9 Juli 2019]
  3. MedlinePlusGov: Estazolam. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a691003.html [diakses pada 9 Juli 2019]
  4. DrugInfoSys: Estazolam. http://www.druginfosys.com/drug.aspx?drugcode=1108&type=1 [diakses pada 9 Juli 2019]



[ad_2]

Source link

AKDSEO