Desolex – Manfaat, Dosis, & Efek Samping

By | July 1, 2019


DokterSehat.Com – Desolex obat apa? Desolex adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi dan peradangan kulit. Obat Desolex termasuk kombinasi antibiotik dan kortikosteroid topikal yang merupakan golongan obat keras, sehingga memerlukan resep dokter.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Desolex termasuk informasi tentang bentuk sediaan, kandungan Desolex cream, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping, dan harga Desolex.

Rangkuman Informasi Obat Desolex

Nama Desolex
Golongan Obat Kortikosteroid topikal
Bentuk Sediaan Krim, salep
Kandungan Neomisin Sulfat (Antibiotik) dan Desonid (Kortikosteroid)
Manfaat Mengobati infeksi bakteri dan meredakan peradangan
Indikasi Penggunaan Radang kulit, eksim, psoriasis, dan lainnya
Kontraindikasi Hipersensitivitas, infeksi jamur, herpes, dan lainnya
Cara pakai Dioleskan tipis pada area yang terinfeksi dan meradang
Dosis 2-4 kali sehari
Efek samping Atrofi Subkutan, Atrofi Epidermis, Atrofi Kolagen Dermal, dan lainnya
Harga Rp30.000-80.000/botol dan Rp30.000-45.000/tube

Bentuk Sediaan Desolex

Obat Desolex merupakan obat yang tersedia dalam bentuk sediaan topikal, yakni hanya digunakan untuk pemakaian luar pada permukaan tubuh. Bentuk sediaan Desolex secara topikal ada tiga, yaitu cream, salep, dan lotion.

Desolex cream dijual dalam kemasan tube. Setiap tube Desolex cream memiliki berat bersih sebesar 10 gram dengan kandungan bahan aktif sebesar 0.05%. Salep Desolex juga memiliki karakteristik yang serupa.

Setiap satu tube salep Desolex memiliki netto sebanyak 10 gram dan kekuatan dosis sebesar 0.05%. Pada bentuk sediaan lotion, Desolex dikemas dalam botol. Setiap satu botol Desolex lotion mengandung 0,05% bahan aktif.

Ada dua jenis berat Desolex lotion, yaitu 10 mL dan 30 mL. Sebaiknya ikuti sediaan Desolex yang ada di dalam resep dokter. Simpanlah obat Desolex di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

Jangan menyimpan Desolex cream, salep, maupun lotion di tempat yang kering dan mudah terkena paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat mengubah struktur kimia dan cara kerja kandungan Desolex.

Kandungan Desolex

Kandungan yang ada di dalam Desolex adalah Neomisin Sulfat dan Desonid. Neomisin Sulfat adalah bahan aktif dari golongan antibiotik yang bisa membunuh bakteri gram negatif penyebab infeksi kulit. Cara kerja kandungan antibiotik Desolex adalah dengan menghambat sintesis protein bakteri penginfeksi.

Obat Desolex juga mengandung Desonid atau Desonide yang tergolong Kortikosteroid dan memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan Desonid di dalam Desolex cream atau sediaan lainnya bisa menghambat pelepasan zat yang menyebabkan peradangan.

Manfaat Desolex

Penggunaan obat Desolex bisa mengobati infeksi bakteri yang terjadi pada kulit. Di samping itu, manfaat Desolex juga bisa untuk meredakan peradangan yang terjadi, sehingga rasa gatal, ruam kulit, kulit bengkak dan kemerahan bisa dikurangi.

Indikasi Desolex

Meskipun, hanya untuk pemakaian luar, obat Desolex tidak boleh digunakan tanpa disertai indikasi mengingat ini adalah obat keras. Anda perlu memiliki indikasi yang terbukti setelah dokter melakukan diagnosis untuk bisa menggunakan Desolex.

Desolex cream, lotion, atau pun salep bisa digunakan pada orang yang mengalami peradangan kulit dan penyakit kulit kering seperti kulit bersisik, eksim, dan lainnya. Pasien yang mengalami dermatitis atopik dan psoriasis juga bisa menggunakan Desolex.

Kontraindikasi Desolex

Pasien yang memiliki indikasi penggunaan Desolex bisa saja tidak boleh menggunakan obat salep ini. Biasanya ini dikarenakan pasien tersebut memiliki kondisi yang kontraindikatif terhadap kandungan Desolex.

Orang-orang yang hipersensitif (alergi) terhadap neomisin sulfat dan desonid tidak bisa menggunakan salep Desolex. Hal tersebut juga berlaku pada pasien yang alergi terhadap antibakteri atau kortikosteroid topikal yang segolongan dengan Neomisin dan Desonide.

Jangan pernah memberikan Desolex topikal kepada bayi, balita, dan anak-anak tanpa resep dokter. Pasalnya, kulit anak-anak dapat menyerap kandungan bahan aktif Desolex dalam jumlah yang lebih besar dari orang dewasa. Ini bisa menimbulkan efek samping pada anak-anak.

Pasien yang mengalami TBC, herpes, atau infeksi jamur sebaiknya tidak menggunakan Desolex. Hal ini dikarenakan penyebab dari beberapa penyakit kulit tersebut bukan karena bakteri melainkan jamur atau virus, sehingga Desolex tidak efektif untuk mengobati.

Peringatan Penggunaan Obat Desolex

Perhatikanlah beberapa hal di bawah ini sebelum Anda menggunakan obat Desolex:

  • Beri tahu dokter riwaya infeksi kulit atau penyakit kulit yang pernah Anda derita
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita atau memiliki riwayat diabetes
  • Beri tahu dokter produk perawatan kulit yang sedang Anda gunakan
  • Perhatikan keterangan pengguna pada kemasan karena ada Desolex yang hanya bisa digunakan oleh orang dewasa
  • Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang hamil, berencana hamil, dan menyusui
  • Berhati-hatilah pada saat menggunakan Desolex, jangan sampai masuk ke mulut dan hidung serta kontak dengan mata

Dosis Desolex

Gunakanlah Desolex sesuai resep dokter atau yang tertera pada kemasan. Biasanya, dosis Desolex adalah 2-4 kali sehari. Hal tersebut tergantung pada jumlah, jenis, dan tingkat keparahan masalah kulit yang Anda alami.

Anda perlu tahu bahwa Desolex cream, salep, maupun lotion tidak bisa digunakan untuk jangka panjang. Tanyakanlah jangka waktu penggunaan Desolex kepada dokter kulit Anda. Ini bertujuan agar Anda tidak mengalami efek sampingnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Desolex?

Cara menggunakan Desolex hampir sama seperti salep atau krim lainnya, yaitu dengan mengoleskan Desolex secara tipis ke area kulit yang sedang mengalami infeksi atau meradang. Bersihkanlah area kulit tersebut sebelum Anda mengoleskan Desolex.

Efek Samping Desolex

Pemakaian Desolex bisa saja menimbulkan beberapa efek samping tertentu, terlebih jika Anda tidak mematuhi aturan pakai dan dosis yang telah ditentukan. Efek samping Desolex bisa bersifat ringan hingga serius dan fatal.

Berikut ini adalah beberapa efek samping Desolex yang umum terjadi:

  • Kulit terasa terbakar
  • Iritasi kulit
  • Rasa gatal
  • Kulit kemerahan
  • Kulit mengering atau berminyak
  • Kulit bengkak
  • Jerawat
  • Stretch mark
  • Ada benjolan
  • Perubahan warna kulit

Obat Desolex juga bisa menyebabka efek samping yang serius, seperti kulit bernanah, ruam kulit, iritasi kulit, gatal-gatal, infeksi kulit susulan, dan pembengkakan. Perlu diwaspadai, Desolex juga bsia menyebabkan Atrofi Subkutan, Atrofi Epidermis, dan Atrofi kolagen Dermal.

Harga Desolex

Desolex lotion biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp30.000-80.000 per botol tergantung beratnya. Harga Desolex cream dan salep Desoler berkisar antara Rp30.000-45.000/tube.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Desolex (Pencarian). http://pionas.pom.go.id/cari/konten/desolex?kata=desolex&op=Cari [diakses pada 1 Juli 2019]
  2. Drugs: Desonide Topical. https://www.drugs.com/mtm/desonide-topical.html [diakses pada 1 Juli 2019]
  3. MedlinePlus: Desonide Topical. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a605025.html [diakses pada 1 Juli 2019]
  4. DrugInfoSys: Desonide. http://www.druginfosys.com/drug.aspx? drugcode=1603&type=1 [diakses pada 1 Juli 2019]





Source link