Co Amoxiclav – Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

Co Amoxiclav – Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

[ad_1]

harga-co-amoxiclav-doktersehat

DokterSehat.Com – Co Amoxiclav obat apa? Co Amoxiclav adalah obat yang bisa mengobati beberapa penyakit infeksi akibat bakteri. Obat Co Amoxiclav memiliki kandungan kombinasi antibiotik dan inhibitor beta-laktam, sehingga lebih efektif membunuh bakteri.

Anda memerlukan resep dokter untuk bisa membeli Co Amoksiklav karena obat ini termasuk obat keras. Pembelian obat keras hanya bisa dilakukan di apotek dan bukan toko-toko obat.

Rangkuman Informasi Obat Co Amoxiclav

Nama Co Amoxiclav
Golongan Obat Penisilin Spektrum Luas
Bentuk Sediaan Tablet salut selaput, Kaptabs salut selaput
Kandungan Amoksisilin dan Asam klavulanat
Manfaat Membunuh bakteri penyebab infeksi
Indikasi Penggunaan Infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, sinusitis, infesi kulit, dan lainnya
Kontraindikasi Hipersensitivitas, riwayat jaundice
Cara pakai Diminum
Dosis 125-500 mg tiap jam (tergantung usia dan tingkat infeksi)
Efek samping Reaksi alergi, konvulsi, dermatitis, dan lainnya
Harga Rp5.000-450.000/dos (30 tablet) dan Rp30.000-120.000/botol

Kandungan Co Amoxiclav

Co-Amoxiclav memiliki dua kandungan, yaitu amoksisilin dan asam klavulanat. Amoksisilin adalah antibiotik dari golongan penisilin, sedangkan asam klavulanat adalah penghambat beta-laktam.

Kombinasi kedua kandungan Co Amoxiclav inilah yang membuat obat tersebut ampuh dalam mengobati penyakit infeksi. Pasalnya, amoksisilin yang dikombinasikan dengan asam klavulanat mampu melawan bakteri lebih luas dan efektif bila dibanding bekerja secara tunggal.

Kegunaan Co Amoxiclav

Kegunaan Co Amoxiclav adalah mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif dan negatif yang rentan terhadap amoksisilin dan degradasi beta-laktamase.

Kandungan amoksisilin bermanfaat untuk membunuh bakteri, sedangkan kandungan asam klavulanat berguna untuk menonaktifkan enzim beta-laktamase. Enzim beta-laktamase yang dinonaktifkan pada bakteri yang rentan terhadap penisilin akan membunuh bakteri tersebut.

Beberapa jenis bakteri dengan karakteristik tersebut seperti Staphylococcus aureusEscherichia coli, Hemophilus influenzae, Bacteroides dan Klebsiella spp. Obat Co-Amoxiclav manjur untuk mengobati infeksi akibat bakteri-bakteri tersebut.

Bentuk Sediaan Co Amoxiclav

Co Amoxiclav yang banyak beredar tersedia dalam bentuk sediaan oral, yaitu tablet salut selaput/kaptabs salut selaput dan suspensi (sirup kering). Baik dalam bentuk tablet maupun suspensi, antibiotik Co Amoxiclav terdiri dari beberapa jenis kekuatan dosis.

Berikut ini adalah beberapa jenis kekuatan dosis Co Amoxiclav yang banyak tersedia di dalam negeri:

No Bentuk Sediaan Kekuatan Dosis  Dosis per Kandungan Jumlah per kemasan
1 Sirup kering 156,25 mg/5 mL 125 mg amoksisilin 60 mL/botol
31,25 mg asam klavulanat
2 312,5mg /5 mL 250 mg amoksisilin
62,5 mg asam klavulanat
3 Tablet 375 mg/tablet 250 mg amoksisilin 1 Dos isi 15-30 tablet
125 mg asam klavulanat
4 625 mg/tablet 500 mg amoksisilin
125 mg asam klavulanat

Indikasi Co Amoxiclav

Pemakaian Co Amoxiclav tidak boleh dilakukan tanpa disertai indikasi medis, terlebih obat ini adalah obat keras. Anda harus memiliki indikasi Co Amoxiclav melalui pemeriksaan dokter jika ingin menggunakannya.

Berikut ini beberapa indikasi Co Amoxiclav:

  • Infeksi saluran pernapasan (pneumonia, bronkitis kronis)
  • Infeksi mulut
  • Infeksi telinga tengah (otitis media akut)
  • Sinusitis
  • Infeksi kulit dan jaringan lunak (selulitis, gigitan hewan, infeksi gigi)
  • Infeksi tulang dan sendi (osteomielitis)
  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi Haemophillus influenza
  • Salmonellosis invasif
  • Listerial meningitis
  • Sistitis
  • Pielonefritis
  • Dan lainnya

Indikasi Co Amoxiclav bisa jadi berbeda antara orang dewasa dan anak-anak. Hal ini dikarenakan obat Co Amoxiclav formulasi dewasa dengan formulasi anak-anak berbeda kegunaannya satu sama lain. Oleh karena itu, jangan menggunakan obat ini tanpa resep dokter.

Kontraindikasi Co Amoxiclav

Tidak semua pasien yang memiliki indikasi di atas dapat menggunakan Co Amoxiclav. Ada beberapa kondisi yang dikontraindikasikan dengan kandungan Co Amoxiclav. Orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap amoksisilin.

Pasien yang alergi terhadap obat antibiotik dari golongan penisilin dan sefalosporin lainnya juga tidak bisa menggunakannya. Itu juga berlaku pada orang yang alergi terhadap kandungan asam klavulanat.

Penggunaan Co Amoxiclav juga tidak boleh dilakukan pada pasien yang memiliki riwayat jaundice karena telah menggunakan obat Co Amoxiclav atau karena gangguan fungsi hati. Jika Anda memiliki kasus demikian, maka konsultasikan ke dokter.

Peringatan Penggunaan Obat Co Amoxiclav

Berhati-hatilah dalam menggunakan Co Amoxiclav, terlebih jika Anda memiliki salah satu atau beberapa hal di bawah ini:

  • Menderita glandular fever
  • Riwayat disfungsi hati atau ginjal
  • Menerapkan diet rendah kalium
  • Terapi obat allopurinol, probenecid, dan methotrexate
  • Ibu hamil atau berencana hamil
  • Ibu menyusui
  • Anak bayi dan balita
  • Pasien lansia
  • Mengemudi sendiri
  • Bekerja dengan mesin

Sebaiknya, Anda melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Co-Amoxiclav bila memiliki kasus di atas.

Dosis Co Amoxiclav

Dosis Co Amoxiclav bervariasi tergantung usia pasien dan tingkat keparahan infeksi.  Pada umumnya, obat Co Amoxiclav diberikan dengan dosis 125-250 mg setiap 8 jam sekali untuk anak-anak, dan 250-500 mg per 8 jam pada orang dewasa.

Apabila kondisi infeksinya cukup berat, maka dosis bisa ditingkatkan sesuai dengan anjuran dokter. Anda bisa mengetahui dosis Co Amoxiclav yang tepat berdasarkan resep dokter. Oleh karena itu, penting bagi Anda menggunakan Co Amoxiclav sesuai dosis yang diresepkan dokter.

Efek Samping Co Amoxiclav

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan setelah menggunakan obat Co Amoxiclav. Orang yang memiliki masalah hipersensitivitas bisa mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, sesak napas, sakit perut, mual, muntah, diare, dan wajah bengkak.

Selain itu, efek samping Co Amoxiclav juga bisa berupa hepatitis, kolestatik jaundice, sindrom Steven-Johnson, nekrolisis epidermal toksik, dermatitis exfoliatif, vaskulitis, sakit kepala, konvulsi, perubahan warna gigi, flebitis pada tempat injeksi, dan kolitis.

Harga Co Amoxiclav

Harga Co Amoxiclav bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Beberapa faktor yang memengaruhi adalah lokasi area, jenis apotek, bentuk sediaan, jumlah, kekuatan dosis, jenis obat (generik atau nama dagang).

Obat Co Amoxiclav dalam bentuk tablet dijual dengan kisaran antara Rp5.000-450.000/dos dengan isi 15-30 tablet. Harga Co Amoxiclav sirup berkisar Rp30.000-120.000/botol dengan berat bersih sebesar 60 mL.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: CO AMOKSIKLAV (AMOKSISILIN-ASAM KLAVULANAT). http://pionas.pom.go.id/monografi/co-amoksiklav-amoksisilin-asam-klavulanat [diakses pada 25 Juni 2019]
  2. Drugs: CO-AMOXICLAV 625MG TABLETS. https://www.drugs.com/uk/co-amoxiclav-625mg-tablets-leaflet.html [diakses pada 25 Juni 2019]
  3. MedicineOrgUK: Co-amoxiclav 500 mg/125 mg film-coated tablets. https://www.medicines.org.uk/emc/product/4078/smpc [diakses pada 25 Juni 2019]
  4. GSKPRO: Co-Amoxiclav. https://gskpro.com/content/dam/global/hcpportal/en_PH/Pdf/Homepage/elsevier-and-pharmacist/Augmentin%20Oral%20Preps.pdf [diakses pada 25 Juni 2019]



[ad_2]

Source link

AKDSEO