Cara Mengatasi dan Mencegah Terjadinya Period Flu

Cara Mengatasi dan Mencegah Terjadinya Period Flu


DokterSehat.Com – Maksud dari flu di sini bukan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza dan memicu bersin-bersin. Flu di sini adalah kumpulan kondisi yang tidak nyaman dan dialami oleh seseorang. Nah, khususnya flu period atau flu saat haid atau menstruasi, wanita akan sering mengalami masalah ini dan sedikit berbeda dengan PMS.

Tanda dari period flu

Satu hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu kalau ingin mengetahui lebih jauh tentang period flu. Hal itu adalah waktu terjadinya gejala. Kalau PMS terjadi beberapa hari sebelum menstruasi tiba. Sementara itu kalau period flu umumnya terjadi pada saat wanita mulai menstruasi atau sehari sebelumnya.

Tanda umum dari period flu yang bisa muncul beberapa pada wanita menstruasi terdiri dari:

  • Sakit kepala yang intens.
  • Mual ringan hingga kuat dan kadang disertai muntah,
  • Demam atau mengalami meriang.
  • Perut akan terus mengalami kram.
  • Tubuh mengalami lelah berlebihan meski tidak melakukan aktivitas berat.
  • Diare dengan intensitas ringan.
  • Mengalami sembelit dan saat BAB terasa sangat menyakitkan.
  • Beberapa bagian otot di tubuh sering nyeri.

Mengapa period flu terjadi?

Hingga saat ini para ahli belum terlalu yakin kenapa flu yang terjadi saat menstruasi ini muncul. Namun, dugaan sementara yang muncul adalah adanya siklus menstruasi yang menyebabkan fluktuasi dari hormon di dalam tubuh. Naik dan turunnya hormon menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman.

Sebelum menstruasi terjadi, tubuh akan menghasilkan hormon bernama prostaglandin. Hormon ini bertugas untuk membuat lapisan di rahim luruh setelah tidak ada pembuahan terjadi. Peluruhan ini yang akan menjadi darah saat Anda mengalami menstruasi.

Karena produksi dari prostaglandin ini kadang terlalu banyak, kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah pada tubuh. Hormon yang masuk ke pembuluh darah akan membuat kondisi menstruasi jadi semakin parah mulai dari kram yang terjadi hingga masalah pencernaan dan pembuangan.

Selanjutnya perubahan pada estrogen selama terjadi siklus menstruasi juga memicu kondisi tidak nyaman. Umumnya kondisi ini muncul saat sedang PMS. Namun, ada juga yang muncul atau berlanjut hingga saat menstruasi terjadi dan selesai.

Kemungkinan terjadi hamil

Kalau Anda mengalami kehamilan, salah satu tanda awalnya adalah nyeri dan perasaan tidak nyaman lain di tubuh. Kondisinya hampir sama dengan period flu. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan Period flu terjadi saat wanita sedang menstruasi dan sudah ada darah yang keluar.

Kalau Anda belum menstruasi dan mendekati tanggalnya lalu gangguan dan tanda flu muncul, bisa saja itu PMS. Kalau saat lewat tanggal Anda menstruasi berarti tidak sedang hamil. Sebaliknya kalau terjadi telat hingga lebih dari seminggu, kemungkinan besar Anda sedang hamil. Segera periksakan diri ke dokter atau gunakan test pack.

Cara menangani period flu

Kalau Anda mengalami period flu, tubuh bisa sangat tidak nyaman dan Anda tidak bisa menikmati aktivitas harian. Oleh karena itu Anda disarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Gunakan obat jenis OTC atau over-the-counter. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi yang terjadi di tubuh, nyeri di otot, kram, hingga sakit kepala dan payudara. Menggunakan OTC sebelum menstruasi juga bisa menurunkan nyeri dan perdarahan yang terjadi. Salah satu jenis OTC yang ada di luar sana adalah ibuprofen.
  • Gunakan kompres ke area perut yang terasa tidak nyaman dan sangat menyiksa. Kompres bisa menggunakan kain yang dicelupkan ke air atau memasukkan air panas ke botol. Lakukan pengompresan selama 15 menit kalau gejalanya muncul.
  • Menggunakan obat untuk mengatasi diare. Ada banyak obat untuk mengatasi diare di luar sana untuk jenis OTC. Kalau Anda takut minum obat di luaran sana, bisa ke dokter dahulu untuk mendapatkan resep dan bisa dibeli lagi saat mengalami flu.
  • Lakukan istirahat yang cukup setiap harinya. Dalam satu hari pastikan untuk tidur selama 7-9 jam. Kalau Anda tidak tidur dengan durasi waktu itu, kemungkinan besar flu akan semakin parah.
  • Sebisa mungkin untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Penuhi sekitar 6-8 gelas setiap harinya. Kalau Anda mengalami dehidrasi karena tidak bisa minum dengan jumlah yang cukup, kemungkinan besar akan memicu rasa lemas yang berlebihan di tubuh.

Cara mencegah period flu

Period flu sangat mengganggu semua wanita. Anda bisa mencegah kondisi ini dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Lakukan latihan secara rutin setiap harinya. Dengan latihan secara rutin, gangguan pada tubuh bisa diminimalkan sehingga saat menstruasi Anda tidak akan melakukan aktivitas apa pun tanpa ada gangguan sama sekali.
  • Selalu atur pola makan setiap harinya. Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang berisiko seperti yang terlalu pedas, asin, mengandung kafein, dan alkohol.
  • Sebisa mungkin untuk tidak merokok. Kalau Anda merokok, gangguan saat menstruasi akan semakin intens. Gangguan ini akan mulai sejak PMS hingga selama menstruasi terjadi. Kalau waktu menstruasi Anda seminggu, gangguannya juga selama itu.
  • Jangan terlalu stres dan lakukan relaksasi. Kalau Anda sampai mengalami stres, gangguan pada hormon akan semakin sering terjadi. Anda bisa melakukan relaksasi, yoga, atau aktivitas menyenangkan lain yang bisa menurunkan tensi di kepala.

Demikianlah sedikit ulasan tentang period flu yang sering dialami oleh banyak wanita yang sedang menstruasi. Kondisi ini sekilas mirip dengan PMS yang terjadi beberapa hari sebelum menstruasi terjadi. Namun, ada tanda yang lebih spesifik dan juga waktu datangnya sedikit berbeda. Selama mengalami menstruasi selama ini, pernahkah Anda mengalami flu ini?

 





Source link

AKDSEO