Benarkah Tomat Bisa Membersihkan Paru-Paru?

By | August 23, 2019


DokterSehat.Com– Para perokok lebih berisiko untuk mengalami masalah kesehatan, khususnya di organ pernapasannya. Hal ini disebabkan oleh kandungan beracun dan bahan kimia dari rokok yang akhirnya memenuhi paru-paru. Demi mengatasinya, banyak perokok yang makan tomat. Mereka percaya jika sayuran ini bisa membersihkan paru-paru. Sebenarnya, apakah tomat memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Dampak makan tomat bagi kesehatan paru-paru

Sebuah penelitian yang dilakukan di John Hopkins Bloomber School of Public Health, Baltimore, Amerika Serikat yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam European Respiratory Journal menghasilkan fakta bahwa makan tomat bisa membantu membersihkan paru-paru dari efek beracun asap rokok. Bahkan, para peneliti menyebut rutin mengonsumsinya bisa menurunkan risiko penurunan paru-paru, masalah kesehatan yang wajar terjadi pada para perokok aktif.

“Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa tomat mampu memperbaiki paru-paru yang sebelumnya rusak akibat paparan buruk asap rokok,” ungkap salah satu peneliti yang terlibat, Vanessa Garcia-Larsen.

Penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun sejak 2002 silam ini melibatkan 650 orang partisipan. Para partisipan ini tersebar dari beberapa negara seperti Jerman, Norwegia, serta Inggris. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi tentang pola makan sehari-hari dan menjalani tes kesehatan paru secara berkala.

Selain itu, para peneliti juga mengecek beberapa faktor seperti usia, tinggi badan, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, hingga status sosial dan ekonomi para partisipan. Hasilnya adalah, partisipan yang makan tomat lebih dari dua buah setiap hari ternyata memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penurunan fungsi paru.

Pakar kesehatan menyebut tomat memang tidak serta-merta bisa membantu perokok tetap bisa mendapatkan kesehatan karena jika ingin mencegah datangnya penyakit berbahaya, mau tidak mau mereka harus berhenti merokok, namun setidaknya tomat bisa membantu mereka menurunkan dampak buruk dari asap rokok sembari berhenti merokok secara bertahap.

Hasil dari penelitian ini juga diperkuat dengan laporan lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal The BMJ. Dalam penelitian terakhir, disebutkan bahwa rutin makan buah dan sayur-sayuran layaknya tomat bisa menurunkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis bagi perokok aktif ataupun para mantan perokok hingga 4-8 persen.

Manfaat lain dari tomat

Selain bisa membantu menjaga kondisi kesehatan paru-paru, pakar kesehatan menyebut ada berbagai hal lain yang bisa didapatkan jika rutin makan tomat.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan dari kebiasaan mengonsumsinya.

  1. Bisa mengatasi peradangan

Di dalam tomat terdapat kandungan tomatine dan asam sitrat. Selain itu, di dalam sayuran ini terdapat kandungan antioksidan layaknya vitamin C dan beta karoten. Berbagai kandungan ini ternyata bisa melawan peradangan dan mencegah datangnya masalah kesehatan.

  1. Baik bagi kesehatan kulit

Tomat memiliki kandungan likopen yang akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlindungi dari paparan buruk sinar ultraviolet. Selain itu, keberadaan vitamin C dalam jumlah tinggi di dalamnya juga akan mencegah kerusakan kulit yang bisa dipicu oleh sinar matahari, polusi udara, dan hal lainnya.

  1. Baik bagi kesehatan mata

Di dalam tomat terdapat kandungan beta karoten dan vitamin A yang bisa mendukung kesehatan mata, khususnya retina. Rutin mengonsumsinya juga akan mencegah gangguan penglihatan.

  1. Baik bagi kesehatan pencernaan

Kandungan di dalam tomat akan mendukung kesehatan hati dan empedu. Rutin mengonsumsinya juga terbukti bisa mencegah datangnya gangguan pencernaan serta kolera.

  1. Baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan antioksidan likopen yang tinggi di dalamnya bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Keberadaan kalium di dalam tomat juga bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.





Source link