Benarkah Air Keran Bisa Menyebabkan Kanker?

By | August 19, 2019


Photo Source: Flickr/pellyutd

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali berita atau isu yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, belakangan muncul berita yang menyebut air keran yang biasa kita gunakan, termasuk dijadikan sumber air minum, bisa menyebabkan datangnya kanker. Apakah anggapan ini memang benar?

Kaitan antara air keran dengan kanker

Air keran yang biasanya dipasok oleh perusahaan-perusahaan air minum daerah bisa digunakan untuk mandi, mencuci, hingga dimasak kembali sehingga bisa dijadikan air minum. Hanya saja, banyak orang yang menyebut di dalam air keran terdapat kandungan kimia layaknya klorin atau trihalomethane. Kandungan inilah yang dituding bisa memicu datangnya kanker.

Meskipun air keran ini sudah dimasak demi menghilangkan berbagai bakteri yang ada di dalamnya, senyawa-senyawa kimia ini dianggap tidak akan bisa hilang dan akhirnya masuk ke dalam tubuh. Jika sudah menumpuk, maka akan menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

Selain itu, ada anggapan yang menyebut senyawa trihalomethane bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal dan kanker kandung kemih. Bahkan, klorin juga dianggap bisa menyebabkan datangnya masalah pada jantung, paru-paru, ginjal, hati, serta sistem saraf pusat.

Hanya saja, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air keran bisa menyebabkan datangnya kanker. Meskipun, disebutkan bahwa senyawa trihalomethane sebaiknya dibatasi hingga 0,03 mg/l demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Melihat fakta-fakta ini, kita tidak perlu khawatir berlebihan saat menggunakan air keran untuk kebutuhan sehari-hari. Asalkan air ini berada dalam kondisi yang baik, biasanya aman untuk digunakan.

Hal yang berbeda terjadi jika air terlihat memiliki warna yang tidak jernih, berbau, keruh, atau menunjukkan tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa air tersebut tidak berkualitas. Sebaiknya kita tidak sembarangan menggunakannya.

Berbagai penyebab kanker lain yang sebaiknya diwaspadai

Alih-alih mengkhawatirkan air keran dengan berlebihan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai hal-hal lainnya yang justru lebih berpotensi menyebabkan kanker.

Berikut adalah berbagai hal-hal tersebut.

  1. Pengharum ruangan

Pengharum ruangan sering digunakan baik itu di rumah-rumah pribadi, perkantoran, dan tempat lainnya. Memang, keberadaan pengharum ruangan ini akan membuat suasana menjadi lebih nyaman, namun kualitas udara di dalam ruangan bisa jadi akan semakin memburuk dan akhirnya meningkatkan risiko terkena kanker.

  1. Minum alkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol terbukti mampu meningkatkan risiko terkena kanker dengan signifikan. Bahkan, minum alkohol dua porsi saja dalam sehari sudah cukup untuk meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker kolorektal, kanker hati, kanker rektum, serta kanker payudara.

  1. Rokok

Asap rokok juga telah terbukti bisa merusak berbagai macam bagian tubuh dan meningkatkan risiko terkena kanker seperti kanker paru, kanker tenggorokan, dan lain-lain.

  1. Polusi

Polusi udara yang disebabkan oleh gas buang kendaraan, gas buang industri, atau bahkan paparan bahan kimia layaknya asbes terbukti bisa menyebabkan datangnya berbagai macam kanker seperti kanker paru-paru. Masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung dan stroke juga bisa disebabkan oleh hal ini.

  1. Makanan kalengan

Makanan kalengan ternyata juga bisa memicu datangnya kanker jika terlalu sering dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia pada kemasan kalengan yang ditujukan agar menjaga makanan tetap awet namun bisa mempengaruhi hormon dan DNA tubuh sehingga akhirnya memicu datangnya kanker.

  1. Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar memang memiliki rasa yang enak, namun bagian makanan yang dibakar hingga gosong ternyata bisa menyebabkan datangnya kanker di dalam tubuh layaknya kanker perut, kanker pankreas, dan kanker usus besar.





Source link