Begini Ciri Hati Sudah Mulai Kotor

By | August 4, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi paling vital bagi kesehatan tubuh adalah hati. Organ ini memiliki fungsi sebagai penyaring sekaligus penetralisir berbagai macam organ di dalam tubuh. Masalahnya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, maka hati bisa menjadi kotor dan mengalami penurunan fungsi dengan signifikan.

Berbagai hal yang bisa menyebabkan organ hati menjadi lebih kotor

Selain berperan dalam proses detoksifikasi alami tubuh, pakar kesehatan menyebut hati sebagai organ yang memiliki peran penting dalam mengendalikan metabolisme kolesterol, mengendalikan cairan empedu, dan mempengaruhi kondisi darah dengan signifikan. Jika sampai kotor atau bahkan rusak, maka dampaknya bagi kesehatan tubuh tentu akan sangat fatal.

Sayangnya, beberapa jenis penyakit seperti infeksi hepatitis, terkena penyakit metabolik, hingga kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat hati menjadi lebih kotor dan mengalami kerusakan.

Jika sampai hal ini terjadi, maka kita akan mengalami beberapa gejala seperti perut yang membuncit meski tubuh tidak begitu gemuk, mudah lelah dan lesu, mengalami depresi, mengalami masalah bau badan dan bau mulut, perut yang terus terasa kembung dan tidak nyaman, masalah kulit seperti kulit kering, jerawat, gatal-gatal, perubahan kebiasaan buang air besar, hingga munculnya lingkaran gelap pada bawah mata.

Membersihkan hati dengan makanan

Jika hati memang mulai kotor, sebaiknya kita meminta saran ke dokter untuk mendapatkan terapi, obat, atau cara lain untuk membersihkannya. Selain itu, kita juga bisa membantu proses pembersihan hati ini dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu membersihkan organ hati.

  1. Air perasan lemon

Air perasan lemon telah dikenal luas sebagai salah satu minuman yang baik bagi kesehatan. Kita tentu sering melihat tips kesehatan yang menyarankan konsumsi air perasan lemon di pagi hari, khususnya saat perut masih kosong demi memberikan manfaat kesehatan. Tak disangka, minuman ini ternyata juga bisa membantu membersihkan hati.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C di dalam minuman ini yang bisa membantu meluruhkan lemak dari dalam tubuh, termasuk yang menempel pada hati.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu alami yang cukup sering kita gunakan saat memasak. Di dalam kunyit terdapat kandungan antioksidan berjenis curcumin yang sangat baik bagi kesehatan hati. Hal ini disebabkan oleh kemampuan antioksidan ini dalam membuat proses pembakaran lemak meningkat. Hal ini tentu akan membersihkan hati dari tumpukan lemak yang berbahaya.

  1. Kopi

Salah satu minuman yang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia ini ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah hati yang kotor, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan di dalam kopi yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa mendukung proses metabolisme lemak dengan efektif.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi kopi dua cangkir setiap hari demi menjaga kesehatan hati.

  1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah serta bawang putih ternyata akan merangsang hati memproduksi cairan empedu yang bisa mendukung proses peluruhan lemak dengan lebih baik. Hal ini juga akan mempengaruhi sistem metabolisme dan produksi energi tubuh dengan signifikan. Kondisi ini tentu akan mendukung kesehatan hati.

  1. Sayuran

Beberapa jenis sayuran seperti sayuran dari keluarga cruciferous layaknya kale, brokoli, dan lobak dipercaya bisa mendukung kesehatan hati. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan anti peradangan di dalamnya yang sangat tinggi. Hal ini akan membuat hati mampu membersihkan berbagai macam kotoran dan racun dengan efektif.





Source link