Bawang Dayak Bisa Sembuhkan Kanker?

By | August 16, 2019


Photo Source: bawangdayak.net

DokterSehat.Com– Tak hanya akar atau kayu bajakah yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat, kini bawang Dayak juga disebut-sebut termasuk dalam makanan yang bisa membantu menyembuhkan kanker. Sebenarnya, apakah bawang yang dibudidayakan oleh masyarakat Dayak ini memang bisa memberikan manfaat kesehatan tersebut?

Dampak mengonsumsi bawang dayak bagi penyakit kanker yang diderita

Bawang Dayak bisa ditemukan di Pulau Kalimantan. Sebagaimana bawang pada umumnya, bawang ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan, banyak orang yang percaya jika bawang Dayak bisa membantu mengobati kanker.

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu khasiat dari bawang Dayak. Salah satunya adalah dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Hasilnya adalah, bawang Dayak yang tinggi antioksidan memang bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Hanya saja, para pakar kesehatan ternyata tidak berani menyebut bawang Dayak sebagai obat kanker.

Memang, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bawang Dayak bisa melawan paparan buruk radikal bebas dan sel-sel kanker, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi bawang Dayak, maka penyakit kanker bisa sembuh. Hal ini berarti, bawang Dayak memang belum terbukti bisa menyembuhkan kanker.

Hanya saja, telah ada penelitian yang menghasilkan fakta bahwa bawang Dayak bisa membantu menjaga kesehatan dan aman untuk dikonsumsi. Tak hanya dimakan langsung atau diolah bersama dengan makanan, bawang Dayak juga bisa dijadikan suplemen herbal untuk mencegah datangnya masalah kesehatan.

Berbagai makanan lain yang bisa membantu menyembuhkan kanker

Sebenarnya, hingga saat ini belum ada makanan yang benar-benar bisa dipastikan mampu menyembuhkan kanker, namun ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu proses pengobatan penyakit ini sehingga meningkatkan kemungkinan mendapatkan kesembuhan.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Kacang tanah

Kacang tanah tinggi kandungan vitamin E yang diyakini bisa membantu proses penyembuhan beberapa jenis kanker seperti kanker kolon, kanker hati, kanker paru, dan lain-lain. Selain dimakan secara langsung, kacang tanah juga bisa dijadikan selai kacang yang sehat.

  1. Grapefruit atau jeruk bali merah

Grapefruit termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan vitamin C dan antioksidan. Kandungan-kandungan ini bisa melawan sel-sel kanker sehingga akan membantu meredakan beberapa jenis kanker layaknya kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker esophagus.

  1. Buah berry

Buah berry tinggi kandungan antioksidan yang bisa membantu proses penyembuhan berbagai macam kanker. Banyak penderita kanker yang direkomendasikan untuk mengonsumsinya secara rutin.

  1. Ubi jalar

Salah satu jenis umbi-umbian yang mengenyangkan ini ternyata juga bisa membantu meredakan kanker, lho. Hal ini disebabkan oleh keberadaan beta karoten yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa menyehatkan mata dan melawan sel-sel kanker.

  1. Daging ikan salmon

Daging ikan salmon, khususnya yang masih liar, bukannya yang diternak, ternyata juga bisa membantu melawan perkembangan sel-sel kanker. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin D yang tinggi di dalamnya.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang paling sering kita gunakan saat memasak. Kunyit juga bisa dijadikan jamu atau campuran susu. Di dalam kunyit terdapat bahan alami kurkumin yang termasuk dalam senyawa aktif dengan sifat antioksidan dan anti peradangan. Keberadaan kurkumin inilah yang akan melawan sel-sel kanker dan membantu menyembuhkan masalah kesehatan ini.

  1. Teh hijau

Teh hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pengidap kanker karena adanya kandungan katekin di dalamnya. Senyawa ini bisa melawan sel-sel kanker dengan efektif.





Source link