Arswendo Atmowiloto Mengidap Kanker Prostat

By | June 26, 2019


Photo Source: Media Indonesia/M. Irfan

DokterSehat.Com– Budayawan Arswendo Atmowiloto yang dikenal sebagai penulis Keluarga Cemara dikabarkan sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. Arswendo didiagnosis terkena kanker prostat sehingga mendapatkan penanganan medis.

Kanker prostat menyerang Arswendo Atmowiloto

Arswendo dikabarkan sudah didiagnosis kanker prostat dalam dua bulan terakhir. Ia bahkan sampai dua kali menjalani operasi. Hari ini, kondisinya bahkan sampai drop sehingga akhirnya dilarikan ke RSPP dengan ambulans.

Selain dikenal sebagai penulis Keluarga Cemara yang kemudian dijadikan sinetron dan bahkan belakangan dijadikan film yang tayang di awal tahun 2019, Arswendo dikenal sebagai sosok yang cukup kontroversial. Pada tahun 1990, Arswendo bahkan sampai mendekam di penjara selama lima tahun karena kasus penistaan agama.

Mengenal kanker prostat yang dialami Arswendo

Pakar kesehatan menyebut kanker prostat sebagai penyakit kanker yang paling banyak menyerang kaum pria. Kasus kematian akibat penyakit ini juga paling tinggi dibandingkan dengan kanker yang menyerang pria lainnya.

Kanker prostat disebabkan oleh berubahnya sel-sel pada kelenjar prostat dari yang awalnya berupa sel sehat menjadi sel-sel yang tidak normal dan ganas. Biasanya, kondisi ini akan membuat bagian prostat membengkak, mengeras, dan muncul benjolan. Sebagai informasi, kelenjar prostat berada di bagian bawah kandung kemih pria. Fungsi utama dari kelenjar ini adalah memproduksi air mani dan penyedia nutrisi bagi produksi seperma.

Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat

Pakar kesehatan menyebut hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti dari kanker prostat. Hanya saja, pakar kesehatan menduga jika hal ini terkait dengan faktor usia, keturunan, terjadinya mutasi gen, pola makan yang tidak sehat, atau terkait dengan masalah kesehatan lainnya. Beruntung, kita masih bisa mencegah datangnya kanker prostat asalkan mau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat.

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kanker prostat adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Sebagai contoh, kita sangat disarankan untuk menurunkan asupan gula dan makanan tinggi lemak. Kita juga diminta untuk memperbanyak asupan daging yang rendah atau bebas lemak, buah-buahan, dan sayuran.

  1. Rajin berolahraga

Sebenarnya, rajin berolahraga bisa membantu kita mencegah datangnya berbagai macam penyakit, tak hanya kanker prostat saja. Hanya saja, jika kita memang ingin menurunkan risiko terkena penyakit ini, sebaiknya kita bisa mengatur pola olahraga kita dengan cara melakukan latihan kardio atau latihan angkat beban.

  1. Mengendalikan stres

Sudah menjadi rahasia umum jika stres sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh karena bisa memicu datangnya peradangan. Sayangnya, hal ini juga bisa memicu peningkatan risiko terkena kanker prostat.  Karena alasan inilah kita sebaiknya lebih baik dalam mengendalikan stres demi mencegah datangnya penyakit ini.

  1. Memperbanyak asupan vitamin D

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mereka yang menderita kanker prostat cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah dari batas normal. Karena alasan inilah sebaiknya kita mulai memperbaiki kebiasaan berolahraga atau menikmati sinar matahari pagi demi mendapatkan asupan vitamin D dengan cukup.

  1. Tak lagi merokok

Rokok memiliki banyak kandungan beracun yang bisa merusak berbagai macam bagian dan jaringan tubuh. Rokok juga bersifat karsinogenik sehingga bisa menyebabkan datangnya kanker, termasuk kanker prostat. Karena alasan inilah sebaiknya kita tidak lagi merokok demi mencegah datangnya penyakit ini.

  1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi

Beberapa jenis makanan dengan kandungan antioksidan tinggi seperti kunyit, jus delima, biji rami, dan teh hijau bisa membantu melawan perkembangan berbagai macam sel kanker, termasuk kanker prostat.





Source link