Apakah Senam Zumba Ibu Hamil Aman Dilakukan? Cek di Sini

Apakah Senam Zumba Ibu Hamil Aman Dilakukan? Cek di Sini

[ad_1]

senam-zumba-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Zumba adalah salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan wanita untuk menurunkan berat badan, menguatkan otot dan menyehatkan jantung. Meski memiliki banyak manfaat, apakah senam zumba ibu hamil memiliki manfaat yang sama? Simak penjelasan mengenai zumba untuk ibu hamil selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Zumba Saat Hamil

Sebelum menjelaskan mengenai senam zumba ibu hamil, perlu diketahui pada dasarnya senam hamil adalah olahraga yang relatif aman dilakukan. Senam hamil ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik untuk menjalani persalinan dan menjaga kebuguran tubuh ibu hamil. Selama tidak bertentangan dengan kondisi kehamilan dan Anda nyaman untuk melakukannya, senam hamil adalah sesuatu yang disarankan oleh dokter.

Berikut ini adalah beberapa manfaat zumba untuk ibu hamil yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

1. Meredakan stres

Senam zumba ibu hamil dipercaya dapat meredakan stres karena dapat meningkatkan produksi endorfin. Meningkatnya produksi endorfin dalam tubuh bisa meningkatkan rasa bahagia sehingga membantu meringankan stres yang sering kali dialami oleh ibu hamil.

2. Meredakan nyeri

Selain meringankan stres, endorfin juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri. Sekresi hormon endorfin yang lancar dapat membantu meredakan rasa nyeri saat proses persalinan nanti.

3. Menurunkan berat badan

Jika ibu didiagnosis menderita diabetes, senam zumba ibu hamil adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan dan membangun otot. Zumba untuk ibu hamil bisa membuat kadar gula darah turun ketika tingkat energi melonjak. Konsultasi dengan dokter untuk melihat apakah Anda perlu mengubah rencana perawatan diabetes.

4. Melatih otot punggung dan perut

Senam zumba ibu hamil dapat melatih otot tubuh secara keseluruhan, terutama otot punggung dan perut. Hal ini disebabkan karena gerakan zumba mengharuskan seluruh anggota tubuh bergerak.

Selain itu, senam zumba ibu hamil juga bisa meningkatkan fleksibilitas, postur dan keseimbangan tubuh. Pada akhirnya, gerakan ini bisa membuat tubuh ibu hamil lebih rileks.

Nah, itulah beberapa manfaat zumba untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan. American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG) mengungkapkan, jika tidak ditemukan kontraindikasi, ibu hamil diperbolehkan melakukan aktivitas fisik ringan hingga sedang. ACOG juga menyarankan wanita hamil tidak memiliki detak jantung lebih dari 140 kali per menit selama olahraga.

Aturan Senam Zumba Ibu Hamil

Zumba memang berdampak baik bagi kesehatan tubuh wanita hamil. Namun, jika Anda kelelahan, sebaiknya jangan paksakan diri untuk menyelesaikan satu sesi zumba. Selain itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah atau persalinan prematur, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Meski sebagian besar gerakan zumba melibatkan gerakan berisiko tinggi seperti memantul dan melompat, hal itu dapat dimodifikasi sesuai kondisi tubuh Anda. Berikut adalah adalah beberapa aturan senam zumba ibu hamil yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai senam zumba ibu hamil. Hal ini adalah yang paling utama untuk dilakukan untuk mencegah masalah yang bisa timbul dari senam zumba.

2. Melakukan pemanasan

Sebelum atau sesudah melakukan zumba untuk ibu hamil, hal penting yang tidak dilewatkan adalah melakukan pemanasan.

3. Membatasi gerakan

Zumba saat hamil aman dilakukan jika Anda mengontrol setiap gerakan yang dilakukan. Hindari gerakan membalik badan dengan cepat, karena mengatur keseimbangan tubuh di masa kehamilan lebih sulit untuk dilakukan.

Selain membatasi gerakan, Anda juga perlu memperlambat gerakan supaya tidak keluar tenaga terlalu banyak. Hal ini diperlukan untuk menghindari kenaikan suhu tubuh terlalu tinggi karena bisa membahayakan kondisi janin dan ibu.

Senam zumba ibu hamil juga perlu dibedakan ketika Anda sedang tidak mengandung. Hindari lompatan, melangkah jauh, atau gerakan tubuh yang meliuk-liuk.

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Hal penting lainnya dari senam zumba ibu hamil yang tidak boleh dilewatkan adalah tercukupinya kebutuhan air selama dan setelah berolahraga. Selain berguna untuk mencegah dehidrasi, kebutuhan air yang tercukupi dengan baik bisa menstabilkan suhu tubuh ibu yang meningkat akibat olahraga.

5. Memahami kondisi tubuh

Ketika Anda sudah menikmati gerakan zumba, hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus peka mengenai sinyal-sinyal gangguan yang diberikan tubuh, seperti munculnya sakit kepala, rasa nyeri di dada, keluar cairan dari vagina, lemah otot, hingga kontraksi rahim. Segera hentikan aktivitas ini jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Jika Anda termasuk orang yang jarang berolahraga, mungkin sulit untuk mengenali tubuh ketika Anda mendorong diri terlalu keras. Anda dapat memulainya dengan gerakan zumba selama 5 menit sehari, kemudian meningkat menjadi 10 menit, kemudian terus meningkat hingga 30 menit per hari.

Hentikan aktivitas zumba jika:

  • Merasakan sakit pada persendian dan ligamen selama atau setelah latihan.
  • Merasa lelah alih-alih berenergi setelah berolahraga.
  • Terlalu kehabisan napas untuk melakukan pembicaraan.
  • Otot-otot terasa sangat sakit, lemah, atau gemetar untuk waktu yang lama setelah berolahraga.
  • Denyut jantung di pagi hari tinggi dari biasanya.

6. Konsumsi camilan

Olahraga selama lebih dari 45 menit bisa menyebabkan kadar gula darah menurun. Oleh karena itu, sebelum melakukan zumba Anda harus mengonsumsi camilan protein-karbohidrat ringan sebelum dan sesudah olahraga.

7. Pakaian yang sesuai

Salah satu faktor pendukung kenyamanan saat melakukan zumba adalah pakaian yang dikenakan. Oleh karena itu, cobalah kenakan pakaian longgar, pakaian yang tidak menutup aliran udara, dan gunakan bra khusus olahraga. Gunakan juga sepatu khusus untuk mendukung olahraga yang Anda lakukan.

Kesimpulannya, senam zumba ibu hamil adalah sesuatu yang aman dilakukan apabila Anda memiliki kondisi kehamilan yang baik. Jika Anda ragu untuk melakukannya, konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai olahraga apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan.

 

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pregnancy-exercise/
  2. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/exercises-for-pregnant-women
  3. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/zumba-workouts
  4. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-exercise/art-20046896



[ad_2]

Source link

AKDSEO