9 Tips Mencegah Asam Lambung Naik

9 Tips Mencegah Asam Lambung Naik

[ad_1]

atasi-asam-lambung-doktersehat

DokterSehat.Com – Kalau Anda terlambat makan, kelebihan berat badan, dan salah mengonsumsi makanan asam lambung bisa naik dengan cepat. Kondisi ini bisa menyebabkan mual, nyeri ulu hati yang sangat besar, rasa terbakar di dada, dan rasa asam di dalam mulut. Pada beberapa orang, asam lambung bisa muncul lebih rutin.

Mencegah naiknya asam lambung yang berlebihan

Asam lambung yang naik sebanyak satu atau dua kali saja mungkin tidak akan mengganggu dan bisa diatasi dengan mudah. Namun, kalau terjadi berulang-ulang sehingga GERD terjadi, kehidupan akan terganggu sehingga pencegahan harus dilakukan. Berikut beberapa cara mencegah naiknya asam lambung.

  1. Mengonsumsi cukup air putih

Sistem pencernaan bisa berjalan dengan lancar kalau pH di dalam tubuh stabil. Untuk menyeimbangkan keasaman saluran pencernaan, air putih adalah minuman yang tepat ketimbang susu atau minuman manis lainnya. Minuman ini juga membantu menurunkan dehidrasi tubuh sehingga proses pencernaan tidak terganggu.

Anda bisa minum air putih sebanyak 6-8 gelas setiap hari secara rutin. Kalau Anda belum terbiasa untuk minum sebanyak itu lakukan perlahan-lahan saja. Usahakan untuk minum sebelum dan sesudah makan dan juga sebelum tidur di malam hari. Kalau pH tubuh terjaga, asam lambung juga tidak akan naik.

  1. Bernapas dengan benar

Saat bernapas dalam-dalam, kadar udara di dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik. Kadar udara ini bisa menguatkan otot di bawah tenggorokan sehingga peluang asam lambung naik akan kecil. Kalau udara yang penuh dengan oksigen tidak bisa masuk dengan baik, kemungkinan besar mengganggu fungsi otot.

Bernapas memang aktivitas yang terjadi secara tidak sadar. Namun, kita bisa memaksimalkanya dengan menjaga kondisi tubuh. Misal tidak mengalami gangguan pada saluran napas seperti terkena pilek atau malam mengalami kegemukan yang berlebihan.

  1. Mengunyah permen karet

Ketika Anda mengunyah permen karet, mulut akan terus mengeluarkan liur. Efeknya, asam yang terakumulasi di perut akan tercuci dengan cepat. Air liur ini juga mengurangi risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan dan menyebabkan rasa nyeri dan panas di area itu dan dada atau heartburn.

Gunakan permen karet dengan citarasa mint dan tidak terlalu banyak mengandung gula. Hanya konsumsi permen karet kalau Anda benar-benar membutuhkannya. Misal saat perut sudah mulai tidak nyaman dan memicu perasaan tidak nyaman lainnya. Jangan asal makan permen karet, apalagi yang kandungan gulanya tinggi, gigi bisa rusak dan asam lambung tidak bisa dikontrol.

  1. Menghindari makanan yang memicu asam naik

Seseorang yang sudah terbiasa mengalami masalah dengan asam lambung sangat sensitif dengan jenis makanan tertentu. Oleh karena itu mereka disarankan untuk menjaga apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Kalau apa yang masuk tidak dikontrol dengan baik, kemungkinan besar bisa memicu kenaikan asam lambung dengan cepat.

Beberapa makanan yang bisa memicu kenaikan asam lambung dengan cukup cepat terdiri dari sesuatu yang asam, pedas, terlalu berlemak, dan terlalu manis. Hindari makanan seperti itu. Kalau Anda merasa sulit memilih makanan yang ada di luar sana, lebih baik memasak sendiri di rumah dan menikmati makanan dengan lebih tenang.

  1. Makan dalam porsi kecil

Pernah mengalami gangguan pada lambung membuat seseorang tidak bisa makan dengan sembarangan. Kalau makan dengan sembarangan, mereka akan mengalami masalah dengan sangat cepat. Nah, salah satu masalah yang kerap sekali diabaikan dan memicu kenaikan asam lambung adalah porsi makanan.

Jangan sesekali makan dalam jumlah banyak sekali santap. Daripada makan banyak dalam sekali waktu, akan lebih baik kalau Anda makan dalam porsi kecil tapi berulang-ulang. Misal dalam satu hari makan sebanyak 5-6 kali dengan porsi yang jauh lebih sedikit ketimbang porsi normal dan total kalori tetap sama.

  1. Menghindari makanan kemasan

Makanan kemasan yang ada di luar sana belum tentu aman untuk dikonsumsi. Apalagi kalau mengandung cukup banyak lemak, gula, dan pengawet. Hindari jajanan yang tidak sehat dan ganti dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Beberapa jenis buah ada yang aman dikonsumsi dan tidak terlalu asam.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Kalau Anda memiliki kebiasaan untuk merokok dan mengonsumsi alkohol, coba hentikan saat ini juga. Kombinasi antara rokok dan juga alkohol bisa menyebabkan asam lambung semakin tinggi dan susah diatasi.

  1. Ubah daya hidup

Cara termudah untuk mencegah asam lambung secara permanen adalah dengan mengubah gaya hidup. Mulailah untuk melakukan olahraga secara rutin setiap hari atau paling tidak dua kali seminggu dengan durasi 30 menit. Lakukan jalan kaki kalau memang Anda merasa sulit pergi ke gym. Selanjutnya konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak.

  1. Tidak memakai pakaian yang ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan area perut jadi tidak nyaman. Bahkan, perut seperti tertekan dan terangkat ke atas. Gangguan pencernaan sering terjadi kalau Anda sering memakai baju atau celana yang ketat dan memicu asam lambung jadi naik.

Gunakan pakaian yang agak nyaman dan longgar khususnya saat sedang akan tidur dan beristirahat. Dengan pakaian yang ringan dan longgar, proses pencernaan tidak akan mengalami gangguan dari mulai lambung hingga ke saluran pembuangan.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya asam lambung yang berlebihan di dalam tubuh. Kalau asam lambung terus naik, gangguan yang besar akan terjadi pada tubuh. Bahkan, gangguan itu tidak hanya secara fisik saja, tapi juga bisa secara psikis.

 



[ad_2]

Source link

AKDSEO