9 Penyebab Selangkangan Hitam & Cara Mengatasinya

By | June 28, 2019


DokterSehat.Com – Selangkangan atau area kemaluan memang tidak terlihat, namun bukan berarti masalah selangkangan hitam dapat diabaikan. Jika mengalami kondisi ini, tentunya Anda akan merasa kurang percaya diri. Apa saja sebenarnya penyebab selangkangan hitam? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Selangkangan Hitam

Kenapa selangkangan hitam? Penyebab selangkangan hitam memang sering kali tidak disadari, sehingga muncullah pertanyaan tersebut. Selangkangan menghitam dapat disebabkan berbagai faktor mulai dari gaya hidup hingga kondisi kesehatan tertentu.

Berikut adalah 8 penyebab selangkangan hitam yang mungkin mengintai Anda!

1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab selangkangan hitam paling umum.

Ketika Anda memiliki berat tubuh yang berlebihan, paha Anda akan lebih mudah bergesekan dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini kemudian dapat menyebabkan selangkangan hitam dan gatal.

Kondisi ini sering disebut sebagai chafing, yaitu kondisi iritasi kulit yang disebabkan oleh gesekan berulang yang umumnya disebabkan oleh kontak antara kulit dengan kulit dari bagian tubuh lainnya.

2. Pakaian ketat

Penyebab selangkangan hitam yang kedua adalah penggunaan pakaian ketat.

Jika baju yang ketat dapat menyebabkan ketiak menghitam, penggunaan celana ketat dapat menyebabkan area selangkangan menghitam. Selain bergesekan dengan bagian kulit lain, gesekan antara kulit dan pakaian ketat juga dapat menyebabkan iritasi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gesekan ini dapat menyebabkan iritasi yang kemudian memicu kulit menghitam.

3. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada selangkangan juga dapat menyebabkan selangkangan menghitam.

Pada dasarnya infeksi jamur tidak selalu meninggalkan bekas pada kulit. Jika menyebabkan hiperpigmentasi, kondisi ini juga biasanya tidak bertahan lama dan dapat dengan cepat kembali seperti semula.

Namun infeksi jamur dapat menyebabkan gatal yang apabila digaruk dapat memicu iritasi yang kemudian juga dapat menyebabkan selangkangan menghitam. Maka dari itu, jika mengalami infeksi jamur atau infeksi lainnya di selangkangan, segera tangani dengan benar dan hindari untuk menggaruknya.

4. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat memberikan efek bagi kondisi fisik maupun psikologis seseorang.

Salah satu efeknya adalah dapat menyebabkan selangkangan menghitam. Beberapa wanita menemukan selangkangan menghitam pada masa tertentu di siklus menstruasinya. Sebagian wanita juga merasakan ketiak menghitam akibat dari hormon kehamilan.

5. Efek samping penggunaan obat

Penyebab selangkangan hitam selanjutnya adalah efek samping obat-obatan tertentu.

Penggunaan obat seperti pil KB dipercaya dapat menyebabkan kondisi ini. Hal ini dimungkinkan karena pil KB juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, beberapa jenis obat kemoterapi juga diketahui dapat menyebabkan selangkangan menghitam.

6. Paparan sinar matahari

Tentunya bukan rahasia lagi jika sinar matahari memang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit.

Jika Anda berjemur dengan pakaian yang terbuka, bukan tidak mungkin area selangkangan juga terkena dampaknya. Paparan sinar matahari akan memicu sel melanosit untuk memproduksi pigmen melanin yang memberikan warna gelap pada kulit.

7. Kulit kering

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Kulit yang kering memang lebih rentan terhadap iritasi. Hal ini yang membuat kulit kering sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab selangkangan hitam. Sedikit gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit kering belum tentu akan menyebabkan iritasi pada kulit yang terjaga kelembapannya.

8. Acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan tebal.

Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab selangkangan hitam dan gatal. Acanthosis nigricans memang umumnya muncul di bagian lipatan kulit seperti leher, ketiak, dan tentunya selangkangan.

Acanthosis nigricans sendiri dapat disebabkan oleh beberapa sebab mulai dari faktor genetik, pengaruh obat-obatan tertentu, resistensi insulin (mengarah pada diabetes melitus tipe-2), perubahan hormon, hingga kanker.

Cara Mengatasi Selangkangan Menghitam

Setelah mengetahui berbagai penyebab selangkangan menghitam, sekarang saatnya mengetahui cara untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sebelum memilih cara untuk menghilangkan selangkangan hitam, pastikan sebelumnya Anda mengetahui penyebab kondisi tersebut lebih dulu. Apabila penyebabnya adalah perubahan hormon, kemungkinan kondisi selangkangan menghitam dapat menghilang dengan sendirinya.

Jika disebabkan oleh kondisi medis tertentu, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi penyebabnya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi selangkangan menghitam yang disebabkan faktor lainnya:

1. Cara Alami

Beberapa cara alami dapat dilakukan untuk membantu mencerahkan kembali kulit di bagian selangkangan. Cara ini sebaiknya dilakukan dengan rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Campuran bahan alami yang dipercaya ampuh untuk memutihkan selangkangan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Lulur minyak kelapa dan jus lemon
  • Lulur gula dan madu
  • Lulur yogurt dan oatmeal
  • Lulur lidah buaya
  • Irisan kentang

2. Produk pencerah kulit

Produk pencerah kulit mungkin dijual bebas dalam bentuk krim, lotion, atau salep. Produk-produk ini dapat membantu mengembalikan kecerahan kulit, termasuk bagian selangkangan menghitam.

Produk-produk pencerah kulit yang efektif dapat mengandung bahan-bahan seperti:

  • Ellagic acid (bahan alami yang banyak ditemukan di beberapa jenis buah)
  • Lignin peroxidase (enzim yang berasal dari jamur)
  • Niacinamide (salah satu bentuk vitamin B3)
  • Kedelai

Selain bahan di atas, bahan seperti retinoid atau hydroquinone juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, namun sebaiknya bahan tersebut digunakan di bawah pengawasan dokter.

Mencegah Selangkangan Menghitam

Setelah masalah selangkangan hitam selesai, tentunya kita harus melakukan pencegahan agar kondisi ini tidak datang kembali. Berikut adalah beberapa tips mencegah selangkangan hitam:

  • Hindari menggunakan pakaian ketat, pilihlah pakaian longgar dan dengan bahan lembut.
  • Jaga kelembapan kulit.
  • Jaga berat tubuh ideal dengan cara menjaga pola makan dan olahraga.
  • Mengenakan stoking atau celana pendek saat menggunakan rok atau baju model dress.
  • Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.
  • Hindari menggaruk atau menggosok area selangkangan.

 

Sumber:

  1. What causes the darkness in between my thighs? – https://www.quora.com/What-causes-the-darkness-in-between-my-thighs diakses 28 Juni 2019
  2. Treatments and remedies for dark inner thighs – https://www.medicalnewstoday.com/articles/325551.php diakses 28 Juni 2019
  3. What Causes Dark Inner Thighs and How Can You Treat and Prevent This Symptom? – https://www.healthline.com/health/dark-inner-thighs diakses 28 Juni 2019





Source link