9 Manfaat Minyak Alpukat yang Tidak Terduga

9 Manfaat Minyak Alpukat yang Tidak Terduga

[ad_1]

minyak-alpukat-doktersehat

DokterSehat.Com – Alpukat adalah salah satu jenis buah yang cukup unik dibandingkan dengan buah lainnya. Kandungan kalori buah alpukat cukup tinggi dan cukup disarankan untuk diet, khususnya mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ada manfaat minyak alpukat?

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu kandungan nutrisi dari alpukat yang cocok untuk tubuh dan tidak ditemukan di buah lain adalah lemak nabati. Kandungan lemak sehat di buah ini cukup banyak dan membuat siapa saja yang makan akan kenyang lebih lama. Apalagi kandungan serat dari alpukat juga cukup tinggi.

Buah ini dimanfaatkan dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau diolah menjadi makanan asin lain, tidak hanya pencuci mulut saja. Selain untuk makanan secara langsung, alpukat juga diekstrak menjadi minyak yang manfaatnya bisa Anda simak di bawah ini.

  1. Mengandung banyak asam oleat

Manfaat pertama dari minyak alpukat adalah asam oleat yang jumlahnya ada banyak. Bahkan, sekitar 70% dari total berat minyak merupakan asam lemak yang sangat seat ini. Asam oleat yang terkandung di dalam minyak alpukat ini juga sama dengan yang terkandung di dalam minyak zaitun.

Manfaat dari asam oleat adalah menjaga kesehatan tubuh khususnya jantung. Mengonsumsi secara rutin juga akan memberikan cukup banyak sumber tenaga dan aman untuk mereka yang sedang diet sekali pun. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk memasak atau dicampur ke bahan kue agar tidak bosan mengonsumsinya secara langsung.

  1. Menurunkan kadar kolesterol di tubuh

Sebenarnya tidak semua kolesterol buruk untuk tubuh. Kolesterol baik atau HDL justru mencegah terjadinya pengendapan di pembuluh darah. Aliran darah bisa berjalan dengan lancar dan gangguan di jantung seperti stroke dan sejenisnya tidak akan terjadi. Selanjutnya kolesterol buruh atau LDL aka ditekan untuk terus turun.

Selain menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, dengan mengonsumsi minyak alpukat secara rutin, tubuh akan memiliki tekanan darah yang lebih stabil. Kalau Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi, minyak ini akan membantu Anda dalam menurunkannya.

  1. Kaya dengan lutein yang baik untuk mata

Sebagai salah satu sumber lemak yang baik untuk tubuh, alpukat ternyata bisa juga menjaga kesehatan dari mata. Minyak dari buah ini mengandung cukup banyak antioksidan bernama lutein. Antioksidan ini akan menjaga tubuh dari terjadinya katarak atau mata berembun dan juga penuaan dini.

Lutein tidak diproduksi sendiri oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan dengan cara makan alpukat atau minyaknya. Siapa saja disarankan untuk mengonsumsi minyak alpukat secara rutin, khususnya mereka yang sudah mulai berusia lanjut.

  1. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Kalau Anda mengonsumsi minyak alpukat bersamaan dengan wortel atau sayuran dengan kandungan karotenoid, peluang antioksidan ini terserap dengan sempurna akan besar. Seperti yang kita tahu kalau karotenoid merupakan zat yang akan menjaga kesehatan air mata. Pertemukan dua hal ini di salad atau jus.

  1. Membantu mengatasi masalah gusi

Campuran antara minyak alpukat dan kedelai bisa digunakan untuk mengatasi masalah di mulut dan gusi. Dengan mengaplikasikan dua campuran minyak ini, inflamasi yang terjadi di gusi tidak akan terjadi. Perdarahan hingga bau mulut serta pengeroposan di gigi juga bisa dicegah.

  1. Menurunkan gejala arthritis

Mengatasi inflamasi di tubuh juga merupakan manfaat dari minyak alpukat. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah arthritis atau nyeri di persendian. Seseorang dengan kondisi artritis biasanya tidak memiliki cukup banyak cairan pelumas untuk menghindari gesekan antar tulang.

  1. Menyehatkan kulit dan menyembuhkan luka

Mengaplikasikan minyak secara langsung ke kulit akan membantu Anda dalam mengatasi masalah kulit seperti kulit yang terlalu kering. Selanjutnya mengoleskannya pada luka yang akan sembuh atau kulit yang sedang ada pada tahap pemulihan juga akan membuat penyembuhannya berjalan dengan cepat.

Oh ya, kalau ada luka terbuka yang lebar, jangan langsung aplikasikan minyak ke sana. Lebih baik menunggu agak mengering agar tidak terjadi gatal atau malah infeksi.

  1. Mudah dipakai untuk kebutuhan harian

Manfaat lain dari alpukat yang sangat besar dan bisa membuat kita lebih sehat adalah mudahnya diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan Karena minyak didapatkan dengan mengekstrak alpukat yang edible atau bisa dimakan, minyak ini juga bisa dimakan secara langsung seperti minum di sendok. Selain Itu berbagai jenis makanan juga bisa dicampur dengan minyak ini termasuk salad atau smoothies.

Karena memiliki manfaat dalam mengatasi luka di tubuh, minyak juga bisa dioleskan langsung ke bagian kulit yang mengalami gangguan. Saat mengaplikasikan minyak ke kulit, coba sedikit terlebih dahulu. Kalau tidak terjadi perubahan atau terasa gatal, berarti aman dan bisa digunakan.

  1. Menetralkan radikal bebas

Meski baru dicobakan pada hewan, terbukti dengan jelas kalau minyak ini mampu menetralkan radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebihan bisa memicu gangguan pada tubuh seperti merusak sel dan memicu abnormalitas kerja pada organ yang ada di tubuh.

Mengonsumsi minyak alpukat secara rutin, kemungkinan besar bisa menurunkan jumlah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Penurunan ini aku membuat sel jadi lebih aman dan fungsinya bisa lebih maksimal lagi. Minimnya radikal juga merupakan tanda dari sehatnya tubuh.

Inilah beberapa manfaat dari minyak buah alpukat yang ternyata ada banyak dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, dari beberapa manfaat dari buah alpukat di atas, mana saja yang Anda sukai atau ingin dapatkan? Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, ya.



[ad_2]

Source link

AKDSEO