9 Manfaat Acai Berry Beserta Efek Sampingnya

By | July 13, 2019


DokterSehat.Com – Acai berry, pernahkah Anda mendengar nama buah yang satu ini? Atau, buah ini justru sudah jadi salah satu makanan wajib sehari-hari? Jika ya, maka beruntunglah Anda karena acai berry adalah buah salah satu buah yang mendapat predikat ‘superfood’, oleh karena buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat acai berry sebagaimana dimaksud tersebut?

Kandungan Nutrisi Buah Acai Berry

Buah acai (dibaca ‘asai’) berry adalah jenis buah beri yang berasal dari pohon palem yang banyak tumbuh di hutan Amazon, tepatnya di wilayah Brasil. Buah yang berwarna biru keunguan ini secara ukuran tidak jauh berbeda dengan buah blueberry yang lebih populer.

Sudah sejak ratusan tahun yang lalu, buah acai berry dipercaya oleh penduduk asli hutan Amazon sebagai ‘obat’ tradisional untuk merawat kesehatan, pun mengatasi pelbagai penyakit, dari yang bersifat ringan hingga serius sekalipun. Hal ini tak lepas dari sejumlah kandungan sejumlah zat penting di dalamnya, seperti:

  • Asam lemak omega-3 dan omega-6
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Fosfor

Kendati demikian, buah acai berry tergolong buah yang sulit didapatkan. Pasalnya, buah ini hanya bisa ditemukan di hutan Amazon. Pun, tingginya pohon palem tempat buah ini tumbuh membuat proses pemetikan buah berisiko tinggi.

Manfaat Buah Acai Berry bagi Kesehatan

Sejumlah manfaat bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah acai berry yang memiliki rasa manis sedikit pahit ini, entah itu dimakan langsung atau dijadikan jus acai berry. Berikut ini adalah daftar manfaat acai berry yang perlu Anda ketahui.

1. Meminimalisir Risiko Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Manfaat acai berry yang pertama adalah untuk meminimalisir risiko terkena penyakit darah tinggi (hipertensi). Hal ini karena acai berry mengandung asam lemak tak jenuh yakni asam lemak omega-3 dan omega-6, serta tak ketinggalan asam oleat (monounsaturated oleic acid).

Sebagaimana diketahui, omega-3 dan omega-6 adalah jenis lemak yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kadar keduanya yang mencukupi membantu tubuh dalam mencegah tekanan darah agar tetap normal.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain meminimalisir risiko hipertensi, manfaat acai berry melalui kandungan asam lemak omega-3, omega-6, dan asam oleat adalah untuk menurunkan kadar lemak LDL atau biasa kita kenal sebagai kolesterol ‘jahat’.

Hal ini tentu saja menjadi sangat penting, mengingat kolesterol ‘jahat’ jika terus menerus dibiarkan dapat memicu timbulnya penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada acai berry menghasilkan manfaat acai berry untuk kulit, yakni merawat kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Pasalnya, vitamin C adalah agen antioksidan, yang mana antioksidan ini fungsinya untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jadi, jika ingin kulit Anda senantiasa sehat dan terhindar dari pelbagai masalah kulit seperti penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus, juga flek hitam, atau masalah kulit lainnya seperti jerawat, rajin-rajinlah mengonsumsi buah acai berry ini, ya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan sebagainya? Bisa jadi ini menjadi pertanda jika tubuh kekurangan serat.

Salah satu cara mengatasi masalah pencernaan sebagaimana dimaksud adalah dengan mengonsumsi acai berry. Manfaat acai berry yang satu ini tidak lepas dari kandungan serat di dalamnya. Mengonsumsi acai berry membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda sehingga risiko terkena gangguan pencernaan dapat diminimalisir.

5. Menjaga Berat Badan Tubuh

Mengonsumsi acai berry secara teratur sangat disarankan bagi Anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Manfaat acai berry untuk diet ini dihasilkan oleh kandungan serat di dalamnya, sehingga menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

Kendati demikian, masih sedikitnya studi yang secara khusus meneliti efektivitas acai berry dalam menjaga berat badan menyebabkan klaim manfaat acai berry untuk diet belum dapat dikatakan kuat. Namun, tak ada salahnya untuk Anda tetap mengonsumsi buah yang satu ini.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang senantiasa sehat bebas penyakit pastilah memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Manfaat buah acai berry adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya.

Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin C di dalam buah acai berry. Seperti yang kita ketahui, vitamin C adalah vitamin yang memang salah satu fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dalam menangkal serangan mikroorganisme jahat yang hendak menginfeksi tubuh.

7. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam acai berry menjadikan buah ini juga layak untuk Anda konsumsi guna meminimalisir risiko terkenan penyakit kanker nan mematikan.

Kanker adalah penyakit yang bermula dari rusaknya sel-sel di dalam tubuh akibat serangan radikal bebas. Maka tak heran jika acai berry diklaim bisa membantu mencegah kanker oleh karena antioksidan yang dikandungnya berfungsi untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah acai berry juga mengandung mineral di dalamnya, tepatnya kalsium dan fosfor. Hal ini lantas menghasilkan manfaat acai berry untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang berperan penting dalam membentuk tulang dan gigi, sekaligus menjaganya agar tetap sehat, kuat, dan bebas dari penyakit tulang seperti osteoporosis dan sebagainya.

9. Sumber Energi

Sementara itu, karbohidrat pada acai berry menjadikan buah ini sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi acai berry membantu Anda untuk tetap berenergi sepanjang hari sehingga produktivitas tetap terjaga.

Efek Samping Acai Berry

Sayangnya, mengonsumsi buah acai berry tidak lepas dari efek samping. Efek samping acai berry ini utamanya dialami oleh para ibu hamil, pun mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap buah-buahan yang berasal dari tanaman palem.

Selain itu, bagi Anda yang hendak melaksanakan prosedur pemeriksaan MRI, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah ini terlebih dahulu karena efek samping acai berry dapat memengaruhi hasil tes MRI yang Anda lakukan.

Itu dia informasi mengenai manfaat acai berry bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jadi, jangan segan untuk memasukkan buah ini ke dalam daftar menu sehat sehari-hari, ya. Semoga bermanfaat!





Source link