8 Teh Herbal untuk Kesehatan Pencernaan

8 Teh Herbal untuk Kesehatan Pencernaan

[ad_1]

teh-untuk-pencernaan-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Sejak ribuan tahun silam, tumbuhan herbal digunakan untuk jamu atau teh yang bermanfaat untuk mengatasi masalah tubuh. Masalah pada tubuh bisa dalam bentuk gangguan pada organ tertentu atau masalah pada pencernaan yang dialami oleh banyak orang sampai sekarang.

Teh untuk mengatasi pencernaan

Masalah pencernaan yang terjadi pada seseorang ada banyak mulai dari sembelit hingga infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tandanya bisa dari mual, muntah, nyeri di perut, hingga diare. Beberapa minuman herbal di bawah ini bisa diolah menjadi semacam teh untuk dikonsumsi saat perut bermasalah.

  1. Jahe

Salah satu masalah pada pencernaan dan perut yang paling sering dialami oleh masyarakat adalah kembung, mual, dan nyeri. Kondisi ini sering sekali muncul saat kita kedinginan atau mandi terlalu lama sehingga tubuh jadi kembung dan banyak udara di sekitar perut.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat seduhan dari jahe. Anda bisa menggunakan jahe yang masih segar dengan cara menggepreknya. Selanjutnya Anda juga bisa mengiris jahe tipis-tipis lalu dikeringkan. Selanjutnya jahe kering diseduh dengan air layaknya seperti membuat teh.

Jahe mengandung cukup banyak antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, mual dan nyeri di perut juga akan hilang perlahan-lahan. Anda bisa mencampur jahe dengan teh biasa serta panda untuk memberikan rasa lebih nikmat dan juga wangi.

  1. Peppermint

Peppermint atau sering dikenal dengan daun mint adalah herba yang banyak digunakan untuk obat dan juga makanan. Rasanya yang agak pedas muncul dari kandungan menthol yang tinggi. Daun mint bisa diolah menjadi minuman sejenis teh untuk mengatasi inflamasi di pencernaan yang memicu kembung dan nyeri.

Anda bisa menggunakan daun mint segar atau yang kering. Campurkan sekitar 7-10 lembar daun mint dengan satu buah teh celup ke dalam air 250 ml. Biarkan selama beberapa saat agar dari teh dan daun mint keluar. Anda bisa membuang teh dan daun minta lalu mencampurnya dengan madu untuk memberikan rasa manis.

  1. Adas

Adas bermanfaat untuk tubuh dan banyak digunakan untuk makanan dan juga obat tradisional. Untuk mengatasi masalah pencernaan atau perut, Anda bisa menggunakan satu sendok biji adas ke dalam air lalu ditambahkan teh biasa kalau ingin memberikan warna kecokelatan.

Adas memiliki manfaat untuk mengatasi dan mencegah gangguan maag pada tubuh, inflamasi bisa dikurangi perlahan-lahan. Selanjutnya adas juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit. Minum teh dari adas akan membuat pencernaan berjalan lancar dan pergerakan di susu bisa lancar tanpa terhenti dan memicu kembung.

  1. Akar gentian

Akar gentian adalah salah satu herbal yang berasal dari tumbuhan gentian yang memiliki warna ungu. Bunga dari tanaman ini sangat indah dan ditanam di seluruh dunia. Di balik keindahan dari bung, akar dari gentian ini ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya yang berhubungan dengan pencernaan.

Campurkan sekitar 2 gram dari akar gentian yang kering dengan 250 ml air yang panas. Diamkan selama 5 menit lalu buang akar dari dalam air dan minum selagi hangat. Dengan mengonsumsi teh ini Anda akan mendapatkan manfaat berupa lancarnya aliran darah ke usus sehingga masalah pencernaan tidak terjadi.

  1. Dandelion

Dandelion sebenarnya masih tergolong rumput dengan bunga warna kuning dan kalau sudah kering bisa ditiup. Meski tergolong rumput, daun dan batangnya tergolong edible dan kerap dikonsumsi sebagai makanan di Indonesia. Bunganya yang belum mekar dan kering bisa digunakan menjadi teh.

Mengonsumsi teh dari bunga dandelion yang dikeringkan bisa mengembalikan lagi kontraksi dari otot yang ada di usus. Dampaknya, gangguan seperti sembelit tidak akan terjadi lagi. Anda bisa membuat teh dari bunga dandelion dengan mencampurkan sekitar beberapa gram bunga kering dan air, rebus hingga mendidih lalu saring dan minum selagi hangat.

  1. Akar angelica

Tanaman angelica sudah digunakan di seluruh dunia untuk obat herbal. Khusus untuk akarnya ternyata bisa mengatasi masalah pencernaan. Rutin mengonsumsi akar dari angelica ternyata mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Peluang terjadi luka di usus dan sekitarnya bisa diminimalkan.

Akar angelica bisa dibuat menjadi teh dengan mencampur sekitar 1 sendok makan akar angelica bisa dicampur dengan segelas air panas. Diamkan akar di dalam air selama 10 menit lalu tiriskan. Setelah itu segera minum. Selain mengatasi luka, akar angelica juga bisa mengatasi sembelit yang keras.

  1. Jati Tiongkok (Senna)

Jati tiongkok atau senna merupakan tanaman dengan kemampuan seperti pencahar alami. Dengan rutin mengonsumsi rebusan dari senna, gangguan seperti sembelit tidak akan terjadi dan pencernaan akan berjalan dengan lebih lancar. Setiap hari akan rutin buang air besar.

Konsumsi saat butuh saja dan jangan setiap hari. Kalau dikonsumsi rutin akan memicu diare karena tanaman ini merupakan pencahar alami. Campurkan sekitar 1 sendok teh jari tiongkok kering dengan segelas air panas. Diamkan sekitar 10 menit, saring daun keringnya dan minum.

  1. Akar marshmallow

Akar marshmallow bermanfaat untuk menghasilkan lendir di usus untuk menghindari sembelit. Selain itu ada juga kandungan anti inflamasi yang akan membuat permukaan usus terjaga dengan sempurna. Campur satu sendok akar marshmallow kering dengan air panas lalu diamkan 10 menit sebelum diminum.

Demikianlah beberapa jenis teh herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Kalau beberapa jenis bahan di atas tidak ditemukan, Anda cukup menggunakan teh biasa yang diseduh dengan air lalu dicampur dengan jahe agar memberikan efek hangat. Oh ya, kalau bisa jangan ditambahkan gula terlalu banyak, ya!

 



[ad_2]

Source link

AKDSEO