8 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

By | August 1, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu mineral yang paling penting bagi kesehatan tubuh adalah kalsium. Mineral ini bisa mendukung kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyebut kekurangan kalsium bisa meningkatkan risiko terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala yang akan muncul pada tubuh jika kita tidak mencukupi kebutuhan kalsium. Apalagi jika hal ini terjadi dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa kita alami akibat hal ini.

  1. Mengalami masalah pengeroposan tulang

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kekurangan kalsium bisa menyebabkan masalah pengeroposan tulang atau yang lebih sering dikenal sebagai masalah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kekuatan jaringan tulang. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko terkena retak atau patah tulang.

  1. Menyebabkan kerusakan gigi

Selain mengalami pengeroposan tulang, kita juga akan lebih rentan mengalami masalah kerusakan gigi. Kekurangan asupan kalsium akan membuat jaringan gigi semakin menurun kekuatannya. Gigi pun akan semakin mudah keropos, retak, atau bahkan berlubang akibat hal ini.

Tak hanya akan membuat penampilan menjadi kurang menarik, kerusakan gigi juga bisa memicu gangguan makan seperti tidak lagi mampu mengunyah makanan dengan baik. Jika hal ini terjadi, risiko terkena gangguan pencernaan pun akan meningkat.

  1. Mengalami kuku yang lebih rapuh

Selain tulang dan gigi, pakar kesehatan menyebut kekurangan asupan kalsium juga akan menyebabkan masalah pada kuku kita. Hal ini disebabkan oleh kuku yang juga membutuhkan kalsium agar tetap kuat dan tidak mudah rapuh.

Jika sampai asupan kalsium tidak cukup, maka risiko untuk terkena masalah kuku rapuh atau kuku retak akan meningkat dengan signifikan. Padahal, kuku yang rapuh akan membuat penampilan tangan menjadi semakin tidak menarik dan menurunkan rasa percaya diri.

  1. Bisa menyebabkan gangguan tidur

Tak disangka, kekurangan asupan kalsium ternyata juga bisa menyebabkan masalah gangguan tidur, lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kalsium dalam mempengaruhi keseimbangan hormon, khususnya yang mengendalikan waktu tidur kita. Masalahnya adalah jika sampai kita kurang tidur, maka akan menyebabkan dampak layaknya tubuh yang lemas, mengantuk, kurang fit, hingga risiko untuk jatuh sakit

  1. Mengalami kram otot

Pakar kesehatan menyebut kekurangan kalsium akan membuat kita lebih mudah mengalami kram otot, apalagi jika kita baru saja melakukan aktivitas fisik layaknya berolahraga atau aktivitas lainnya. Minumnya kalsium akan membuat kinerja otot terganggu sehingga kita pun akan lebih mudah mengalami gejala pegal-pegal atau kelelahan.

  1. Mudah lelah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kekurangan kalsium bisa membuat kita mengalami kurang tidur sehingga tubuh pun akan terasa lelah dan lemas. Selain itu, kekurangan mineral ini ternyata juga akan membuat badan terasa kurang fit, mudah lelah, dan kesulitan untuk melakukan aktivitas dengan normal.

  1. Lebih mudah jatuh sakit

Tak disangka, kekurangan kalsium ternyata juga bisa mempengaruhi kemungkinan untuk jatuh sakit, lho. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang semakin menurun akibat hal ini. Beberapa masalah kesehatan yang akan lebih mudah kita alami bisa berupa yang ringan layaknya alergi, batuk, filek, atau flu, atau yang cukup parah seperti infeksi.

  1. Mengacaukan siklus menstruasi

Bagi kaum hawa, kekurangan asupan kalsium juga bisa menyebabkan kekacauan siklus menstruasi. Kondisi ini bisa mempengaruhi kesuburan sekaligus menyebabkan gejala menstruasi menjadi semakin parah.





Source link