8 Obat Pegal Linu paling Ampuh (Medis dan Herbal)

By | July 12, 2019


DokterSehat.Com – Salah satu kondisi yang kerap dialami akibat rutinitas sehari-hari adalah pegal linu. Pegal linu adalah kondisi di mana sendi atau otot terasa kaku dan nyeri. Umumnya, pegal linu terjadi di area-area seperti bahu, punggung, lengan, pinggang, hingga kaki. Lantas, bagaimana cara mengatasi pegal linu? Apa saja obat pegal linu yang bisa Anda gunakan saat mengalami kondisi ini?

Macam-Macam Obat Pegal Linu (Medis dan Herbal)

Pegal linu yang Anda alami bisa ringan, sedang, bahkan parah sekalipun. Bagaimanapun, juga pegal linu tidak bisa dibiarkan karena dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berikut ini adalah macam-macam obat pegal linu yang patut digunakan.

1. Paracetamol

Obat pegal linu yang pertama adalah paracetamol. Mengonsumsi paracetamol saat mengalami pegal linu sangat disarankan, mengingat paracetamol adalah obat yang memang berfungsi untuk meredakan nyeri. Paracetamol pun menjadi golongan obat yang paling umum dikonsumsi untuk mengatasi rasa nyeri, seperti nyeri kepala dan juga nyeri akibat pegal linu, pada tingkatan ringan hingga sedang.

Perhatikan dosis pemakaian obat sesuai yang tertera di kemasan obat. Atau, Anda bisa meminta resep dari dokter guna menentukan dosis yang sesuai. Pemakaian paracetamol yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu, seperti pusing, mual, hingga rasas kantuk yang tak tertahankan.

2. Ibuprofen

Selain paracetamol, ibuprofen juga menjadi obat pegal linu yang paling umum digunakan, dikarenakan efektivitasnya dalam menangani gangguan kesehatan yang satu ini.

Ibuprofen memiliki sifat anti-nyeri, pun anti-inflamasi sehingga mengonsumsinya juga mencegah Anda dari risiko peradangan pada tubuh. Namun, sama halnya seperti saat mengonsumsi paracetamol, perhatikan baik-baik dosis pemakaian obat yang tertera di kemasan produk atau minta resep dari dokter sebelum menggunakan obat ini untuk mengobati pegal linu.

Selain paracetamol dan ibuprofen, cara mengatasi pegal linu dengan obat kimia juga bisa mengonsumsi aspirin dan/atau naproxen. Mintalah petunjuk dari dokter obat apa kiranya yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

3. Temulawak

Tidak hanya obat-obatan kimia, cara mengatasi pegal linu juga bisa dengan mengonsumsi obat pegal linu herbal berupa jamu pegal linu, seperti yang satu ini contohnya.

Temulawak adalah minuman tradisional yang sudah sejak lama dipercaya sebagai obat pegal linu yang ampuh mengatasi masalah kesehatan tersebut. Anda bisa mengonsumsi jamu temulawak dicampur bahan-bahan alami lainnya seprti madu, gula merah, atau kuning telur. Minumlah secara rutin, terutama di malam hari sehabis beraktivitas.

4. Beras Kencur

Jamu pegal linu lainnya yang layak untuk Anda konsumsi adalah beras kencur. Kandungan zat yang ada di dalam obat pegal linu herbal yang satu ini efektif untuk merilekskan otot-otot yang kaku dan menegang akibat aktivitas fisik seperti mengangkat beban dan sebagainya.

Minum beras kencur secara rutin 2-3 kali sehari sampai pegal linu yang Anda rasakan mereda. Beras kencur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, jangan sia-siakan minuman jamu ini, ya.

5. Jahe

Jika selama ini Anda menganggap jahe hanya bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, maka Anda juga harus tahu jika jahe juga termasuk ke dalam daftar jamu pegal linu yang efektif untuk meredakan pegal linu.

Sama seperti beras kencur maupun temulawak, jahe berfungsi untuk meregangkan otot-otot tubuh yang kaku akibat aktivitas fisik berat. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara direbus dengan air lalu minum air rebusannya tersebut secara rutin 2-3 kali sehari sampai pegal linu hilang.

6. Daun Sirih

Adanya senyawa yang bersifat anti-inflamasi di dalam daun sirih menjadikan tanaman herbal ini sebagai obat pegal linu yang tak kalah ampuh dalam mengobati kondisi pegal linu.

Ada 2 (dua) cara yang bisa Anda lakukan untuk memeperoleh manfaat daun sirih dalam mengatasi pegal linu. Pertama, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin 2-3 kali sehari. Atau, jika Anda tidak suka aroma daun sirih yang pahit, mandilah dengan air hangat yang telah dicampur dengan daun sirih selepas beraktivitas.

7. Kayu Manis

Malam hari sebelum tidur, rebuslah kayu manis di dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, seduh air rebusan kayu manis tersebut dengan menambahkan madu atau perasan jeruk nipis.

Ramuan jamu pegal linu yang satu ini membantu tubuh untuk rileks sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak dan bangun di keesokan harinya dalam kondisi tubuh yang lebih bugar.

8. Kunyit Asam dan Susu Hangat

Paduan antara kunyit asam dan segelas susu hangat dipercaya ampuh untuk mengatasi pegal linu yang tengah Anda alami. Susu mengandung zat yang efektif meredakan nyeri pada persendian sebagai gejala dari pegal linu tersebut.

Pun demikian dengan kunyit asam yang mengandung zat anti-inflamasi sehingga mampu merilekskan otot dan sendi yang kaku akibat peradangan.

Cara Mengatasi Pegal Linu selain dengan Obat

Di samping mengonsumsi obat pegal linu, baik itu obat kimia maupun jamu pegal linu, akan lebih baik lagi jika Anda juga menyertakan cara mengatasi pegal linu lainnya seperti:

1. Mandi Air Hangat

Tekanan yang mendera otot dan persendian Anda akibat aktivitas fisik berat seperti mengangkat beban dan sebagainya menyebabkan otot dan sendi menjadi kaku dan nyeri.

Jika sudah begitu, maka yang bisa Anda lukan adalah dengan mandi air hangat atau mengkompres bagian tubuh yang terasa nyeri dengan air hangat sekitar 30 menit. Air hangat berfungsi untuk mengendurkan sekaligus merilekskan otot-otot yang tegang dan kaku tersebut, pun melancarkan peredaran darah.

2. Pijat

Melakukan terapi pijat juga efektif untuk menjadi cara mengatasi pegal linu. Beberapa metode pijat yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  • Pijat refleksi
  • Thai massage
  • Shiatsu

3. Perbanyak Asupan Cairan

Kekurangan cairan tubuh akan memperparah kondisi pegal linu yang Anda alami, mengingat fungsi cairan tersebut juga termasuk menutrisi otot dan dan persendian.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Perbanyaklah minum air putih hingga mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, melon, dan oyong.

Penyebab Pegal Linu

Pegal linu yang Anda alami bukannya tanpa alasan. Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab pegal linu, yaitu:

  • Aktivitas fisik berat
  • Mengangkat beban terlalu berat
  • Cedera
  • Duduk atau berdiri terlalu lama

Itu dia informasi mengenai obat pegal linu beserta cara mengatasi pegal linu selain mengonsumsi obat yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!





Source link