8 Manfaat Teh Earl Grey bagi Kesehatan

8 Manfaat Teh Earl Grey bagi Kesehatan

[ad_1]

Manfaat Teh Earl Grey-doktersehat

DokterSehat.Com – Ada yang sudah pernah mendengar atau mungkin mencoba teh earl grey? Teh earl grey atau disebut juga dengan teh bergamot adalah teh yang berasal dari ekstrak buah jeruk bergamot. Anda pasti penasaran dengan teh earl grey ini, yuk kita bahas tentang manfaat teh earl grey dan cara membuatnya.

Apa itu Teh Earl Grey?

Teh earl grey adalah teh herbal yang dibuat dari ekstrak buah jeruk bergamot. Anda mungkin tidak familiar dengan jeruk bergamot, ya. Jeruk bergamot berasal dari tanaman Citrus bergamia, yaitu buah jeruk harum tropis yang biasanya tumbuh di Mediterania.

Jeruk bergamot memiliki ukuran dan warna yang hampir serupa dengan jeruk nipis, namun memiliki rasa dan aroma yang berbeda.

Ekstrak dari jeruk bergamot banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum, sabun, minyak esensial, dan teh herbal yang kemudian dikenal sebagai teh earl grey. Teh earl grey adalah teh hitam yang dicampur bergamot. Teh earl grey memiliki rasa asam, pedas, dan aroma harum aromatik.

Anda mungkin penasaran untuk mencoba teh earl grey, namun sebelum mencobanya lebih baik ketahui terlebih dahulu tentang manfaat teh earl grey dan cara membuatnya.

Kandungan Teh Earl Grey

Benarkah terdapat banyak manfaat teh earl grey? Sebelum membahasnya, inilah kandungan nutrisi teh earl grey, yaitu:

  • Polifenol
  • Flavonoid
  • Neoeriocitrin
  • Neohesperidin
  • Naringin
  • Antioksidan

Teh earl grey juga mengandung kafein dalam level yang berbeda-beda tergantung pada proses penanaman daun tehnya dan cara penyajian minuman teh yang berasal dari teh hitam ini. Walau begitu, terdapat banyak manfaat teh earl grey yang sangat potensial bagi kesehatan.

Manfaat Teh Earl Grey

Teh earl grey sudah dinikmati selama ratusan tahun oleh orang di seluruh dunia karena dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat teh earl grey untuk kesehatan, yaitu:

  1. Kesehatan Pencernaan

Manfaat teh earl grey yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Teh earl grey memiliki kandungan flavonoid yang bertugas untuk mengatasi inflamasi terkait masalah pencernaan Anda.

Beberapa penelitian telah dilakukan pada hewan untuk menguji manfaat teh earl grey terkait masalah pencernaan. Hasil penelitian tersebut adalah teh earl grey dapat membantu mencegah sakit maag dan masalah pencernaan lainnya dari kandungan theaflavin di teh hitam, namun penelitian tersebut belum pernah diuji pada manusia.

Baca Juga: Manfaat Teh Hitam bagi kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Jantung?

  1. Kesehatan Jantung

Manfaat minum teh earl grey selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Teh earl grey dipercaya dapat mengurangi berbagai risiko sakit jantung seperti menurunkan kadar kolesterol dan kadar tekanan darah karena bergamot mengandung flavanon.

Sebuah studi dilakukan pada 80 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Mereka meminum ekstrak bergamot setiap hari dan hasilnya adalah kadar trigliserida atau lemak dalam darah, kadar kolesterol, dan LDL mereka turun secara signifikan dalam 6 bulan.

  1. Mencegah Kanker

Teh earl grey merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan adalah agen yang bertugas untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Minum teh earl grey dapat mengurangi risiko berkembangnya sel-sel kanker.

Baca Juga: Teh Oolong Bisa Membantu Mencegah Kanker Payudara?

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum teh earl grey selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sedang dalam program diet, Anda mungkin cocok untuk minum teh earl grey setiap hari. Teh earl grey memiliki kandungan ekstrak jeruk dan kafein.

Kandungan ini akan memecah kalori makanan menjadi otot-otot atau mengeluarkannya melalui sistem metabolisme.

  1. Kesehatan Gigi

Ternyata teh earl grey juga memiliki kandungan fluoride, loh. Fluoride adalah bahan utama pasta gigi karena kandungan ini dapat merawat gigi Anda, mencegah gigi berlubang, dan masalah kerusakan gigi lainnya.

  1. Mencegah Pilek dan Flu

Manfaat minum teh earl grey selanjutnya adalah untuk mencegah pilek dan batuk. Orang-orang di Eropa menggunakan teh earl grey sebagai minuman wajib musim dingin atau mereka juga menyebutnya dengan autumn-winter beverage. Teh earl grey berkhasiat untuk mencegah demam, pilek, dan flu.

  1. Kesehatan Kulit

Teh earl grey juga berkhasiat untuk merawat kesehatan kulit karena jenis teh hitam ini kaya akan antioksidan. Manfaat antioksidan adalah untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti jerawat, eksim, bahkan psoriasis.

  1. Mengatasi Stres

Saat Anda sedang stres, Anda membutuhkan minuman yang hangat dan memiliki efek menenangkan. Anda disarankan minum satu cangkir hangat teh earl grey untuk membantu Anda merasa lebih rileks.

Bergamot juga memiliki aroma harum aromatik yang biasanya digunakan sebagai bahan aromaterapi untuk mengatasi stres, rasa gelisah, depresi, atau sekadar rasa lelah.

Ada banyak sekali manfaat teh earl grey untuk kesehatan, namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan potensial manfaat kesehatan tersebut secara klinis.

Efek Samping Teh Earl Grey

Selain manfaat minum teh earl grey, Anda juga harus mengetahui tentang efek samping teh earl grey bila Anda meminumnya dalam jumlah yang berlebihan.

Efek samping teh earl grey, yaitu:

  • Kram otot
  • Penglihatan kabur
  • Menghambat penyerapan kalium
  • Menghambat penyerapan zat besi

Anda disarankan hanya minum teh earl grey setelah makan dan jangan minum berlebihan untuk mencegah efek samping teh earl grey tersebut. Jangan lupa tetap minum air putih setelahnya.

Baca Juga: 7 Dampak Minum Teh Setiap Hari

Cara Membuat Teh Earl Grey

Cara membuat teh earl grey sama dengan menyeduh jenis teh lainnya. Anda dapat membeli kemasan bubuk atau celup teh earl grey di pasaran, lalu menyeduhnya dengan air panas. Anda dapat menambahkan madu atau lemon sebagai perasa alami.

Nah, itulah manfaat minum teh earl grey yang wajib Anda ketahui. Teh earl grey adalah teh hitam yang diberi ekstrak jeruk bergamot. Rasanya agak sedikit asam dan pahit namun memiliki efek yang menenangkan, sangat cocok diminum di pagi atau sore hari.

 

 

Sumber:

  • Streit, Elizabeth MS, RDN, LD. 2019. All You Need to Know About Bergamot Tea (Earl Grey). https://www.healthline.com/nutrition/bergamot-tea. (Diakses pada 10 Oktober 2019).
  • Jones, Tegan. 2019. How to Tap Into the Power of Positivity. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/how-to-tap-into-the-power-of-positivity.html. (Diakses pada 10 Oktober 2019).
  • Staughton, John (BASc, BFA). 2019. 13 Surprising Benefits Of Earl Grey Tea. https://www.organicfacts.net/health-benefits/health-benefits-earl-grey-tea.html. (Diakses pada 10 Oktober 2019).



[ad_2]

Source link

AKDSEO