8 Manfaat Jeruk Purut (No.5 Disukai Wanita)

By | July 29, 2019


DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan jeruk purut. Buah jeruk yang memiliki ciri khas bentuk kulit berkerut ini tidak hanya dapat menjadi penyedap masakan, tapi juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat jeruk purut ini tentunya tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Yuk, kenalan lebih dekat dengan jeruk purut dan juga manfaatnya untuk tubuh!

Sekilas Tentang Jeruk Purut

Jeruk purut yang memiliki nama latin Citrus hystrix merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak ditemui di Indonesia. Jeruk purut memiliki kemiripan dengan jeruk limau dan juga jeruk nipis. Dilihat dari segi warna, jeruk purut memiliki warna hijau yang mirip dengan jeruk limau. Namun jika dilihat dari segi ukuran, ukuran jeruk purut hampir sama seperti jeruk nipis yang lebih besar dari jeruk limau.

Perbedaan paling mencolok yang menjadi ciri khas dari jeruk purut adalah permukaan kulitnya yang memiliki kerutan. Penggunaan jeruk purut tidak jauh berbeda dari jeruk limau, sering digunakan sebagai pelengkap makanan, terutama sambal. Jeruk purut juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging, kegunaan ini sama seperti kegunaan jeruk nipis.

Sama seperti jenis citrus lainnya, jeruk purut juga kaya akan kandungan vitamin C. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram jeruk purut:

  • Kalori 30
  • Karbohidrat 7,5g
  • Serat 3g
  • Vitamin A 13,4mg
  • Vitamin C 43mg
  • Kalsium 30mg
  • Besi 0,2mg

Manfaat Jeruk Purut

Selain kegunaan dalam hal masak-memasak, jeruk purut juga dipercaya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat jeruk purut untuk tubuh!

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Jeruk purut dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat jeruk purut satu ini didapatkan dari sifat antibakteri yang ada pada jeruk purut. Perlu diketahui bahwa banyak masalah kesehatan gigi dan mulut yang memang disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut. Ekstrak jeruk purut dapat membantu Anda terhindari dari masalah gusi hingga gigi berlubang.

Selain itu, sifat antibakteri dari jeruk purut dan aroma menyegarkan dari ekstrak jeruk purut juga dapat membuat Anda terhindar dari masalah bau mulut. Sama halnya dengan masalah gusi dan gigi berlubang, penyebab bau mulut juga adalah akibat bakteri dalam mulut.

2. Menurunkan stres

Manfaat buah jeruk purut yang kedua adalah dapat membantu menurunkan stres.

Minyak esensial dari ekstrak jeruk purut memiliki aroma yang cukup kuat, minyak ini juga dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Aromaterapi sendiri memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat membantu menurunkan stres. Menghirup aromaterapi dapat memberikan efek menenangkan bagi Anda yang memiliki masalah seperti gangguan kecemasan dan depresi.

3. Mengatasi peradangan

Jeruk purut juga dapat membantu meredakan gejala peradangan seperti pada rematik, radang sendi, dan asam urat.

Jeruk purut dipercaya memiliki efek antiinflamasi. Manfaat jeruk purut satu ini bisa Anda rasakan ketika menggunakannya secara topikal. Anda dapat menggunakan minyak esensial dari jeruk purut langsung pada bagian tubuh yang dirasa sakit atau nyeri untuk mendapatkan manfaatnya.

Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya jika mengonsumsi jeruk purut secara langsung, namun efek yang didapatkan mungkin tidak akan sebesar dan secepat jika digunakan secara topikal.

4. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan

Terdapat beberapa komponen dalam jeruk purut yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Jeruk purut dipercaya dapat merangsang saluran pencernaan sehingga dapat mengatasi gejala sembelit. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, jeruk purut juga dipercaya dapat membantu mencegah berbagai gangguan pencernaan serius seperti kanker kolorektal, wasir, dan juga tukak lambung.

5. Perawatan kulit

Manfaat jeruk purut selanjutnya bukan hanya terkait kesehatan, tapi juga kecantikan.

Anda mungkin dapat menemukan beberapa produk perawatan kulit yang memiliki kandungan jeruk purut. Buah satu ini memang banyak dimanfaatkan untuk kulit karena memiliki sifat antioksidan. Manfaat jeruk purut untuk wajah dan kulit antara lain adalah mencegah penuaan, menyamarkan bekas luka, dan juga membantu mengatasi jerawat.

6. Perawatan rambut

Selain baik untuk rambut, jeruk purut juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut.

Jeruk purut dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah munculnya ketombe. Selain itu, perawatan rambut dengan jeruk nipis juga dipercaya dapat menghasilkan tampilan rambut yang lebih bersinar. Terdapat juga manfaat jeruk purut untuk pria dalam hal perawatan rambut. Pria memiliki kecenderungan untuk mengalami kebotakan dini, namun jeruk purut dapat membantu memperkuat folikel rambut dan menurunkan risiko kebotakan dini tersebut.

7. Mengusir nyamuk

Manfaat jeruk purut lainnya adalah dapat membantu mengusir nyamuk.

Manfaat satu ini sudah teruji dalam beberapa penelitian. Tidak hanya nyamuk biasa, tapi jeruk purut juga dipercaya dapat membantu mengusir jenis nyamuk yang dapat menjadi penyebab demam berdarah. Efek yang dihasilkan mungkin memang tidak sebesar produk lotion antinyamuk, tapi karena berasal dari bahan alami, penggunaan ekstrak jeruk purut tentunya dianggap lebih aman.

8. Meningkatkan sistem imun

Jeruk purut memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling dibutuhkan untuk mendukung sistem imun tubuh.

Kandungan vitamin C dalam 100 gram jeruk purut dapat memenuhi hingga 72% kebutuhan vitamin C harian. Sifat antioksidan vitamin C membuat vitamin satu ini mampu untuk mencegah berbagai kerusakan bagi tubuh. Jika Anda mengalami gejala penyakit ringan seperti pilek atau kelelahan, Anda mungkin bisa mengonsumsi jeruk purut untuk dapat mempercepat penyembuhan dan membantu tubuh agar pulih lebih cepat.

Jeruk purut dapat digunakan dan dikonsumsi secara langsung. Bagian air perasan dan daunnya biasanya digunakan untuk penyedap masakan. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat buah jeruk purut dari ekstraknya, dapat menggunakan minyak esensial jeruk purut.

 

 

Sumber:

  1. 9 Surprising Benefits Of Kaffir Lime – https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/kaffir-lime.html diakses 29 Juli 2019
  2. Citrus hystrix – http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Citrus+hystrix diakses 29 Juli 2019
  3. DAYA PROTEKSI EKSTRAK KULIT JERUK PURUT (Citrus hystrix) TERHADAP NYAMUK DEMAM BERDARAH – http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/aspirator/article/view/3368/3371 diakses 29 Juli 2019





Source link