8 Manfaat Daun Beluntas yang Tak Terduga

By | July 7, 2019


DokterSehat.Com – Daun beluntas, apakah Anda pernah mendengar atau bahkan menjumpai spesies tanaman yang satu ini? Jika belum, maka Anda harus tahu bahwa daun beluntas adalah satu di Antara spesise tanaman yang termasuk ke dalam kategori tanaman herbal. Hal ini karena daun beluntas dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa itu daun beluntas? Apa manfaat daun beluntas?

Apa Itu Daun Beluntas?

Nama daun beluntas mungkin memang masih terdengar asing di telinga kita. Padahal, daun beluntas adalah salah satu tanaman dengan segudang manfaat medis di dalamnya. Daun beluntas adalah jenis tanaman semak dengan daun bertangkai pendek dan bergerigi di tepinya, berbentuk bulat sunsang, becabang, pun memiliki rusuk dan bulu yang halus. Daun ini kerap dijadikan sebagai pagar hidup.

Beluntas (Pluchea indica) diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun beluntas ini tidak lepas dari kandungan sejumlah senyawa aktif di dalamnya, seperti:

  • Alkaloid
  • Flafonoida
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Minyak atsiri
  • Natrium
  • Tannin

Manfaat-manfaat yang dihasilkan dari zat maupun senyawa-senyawa tersebut berkaitan dengan pencegahan maupun pengobatan pelbagai masalah kesehatan tubuh, mulai dari yang sifatnya ringan hingga cukup serius sekalipun.

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

Sayang rasanya jika Anda melewatkan daun beluntas untuk dijadikan solusi alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh. Kendati namanya belum terlalu familiar, daun beluntas sejatinya banyak tumbuh di Indonesia, seperti di Pulau Jawa dan Sulawesi.

Berikut ini manfaat daun beluntas yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya secara rutin.

1. Mengatasi Bau Badan

Rasanya setiap orang pernah mengalami masalah bau badan. Selain tidak nyaman dan membuat kepercayaan diri menurun, bau badan juga menandakan bahwa tubuh terdiri dari banyak bakteri penyebab bau badan.

Salah satu manfaat utama daun beluntas adalah untuk mengatasi bau badan. Sudah sejak lama tanaman ini dipercaya sebagai ‘deodoran alami’ yang efektif menghilangkan bau badan. Kandungan senyawa anit-bakteri pada daun beluntas disinyalir menghasilkan manfaat tersebut.

Guna memperoleh manfaat daun beluntas yang satu ini, yang perlu Anda lakukan adalah dengan merebus 3-5 helai daun beluntas di dalam air mendidih, kemudian minum air rebusan daun beluntas secara rutin.

2. Mengatasi Pegal Linu

Manfaat daun beluntas untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi pegal linu. Kondisi yang disebabkan oleh sejumlah faktor seperti aktivitas fisik berlebih dan sebagainya ini tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman bagi tubuh, sehingga mengganggu aktivitas.

Manakala pegal linu menyerang, cobalah untuk mengonsumsi daun beluntas guna meredakan pegal linu tersebut. Caranya sama, yakni dengan merebus 3-5 helai daun beluntas yang sudah dibersihkan di dalam air mendidih. Kemudian, minum air rebusan tersebut sampai pegal linu hilang.

3. Mengatasi Nyeri Pinggang

Selain pegal linu, nyeri pinggang adalah kondisi lainnya yang bisa diatasi dengan mengonsumsi daun beluntas secara teratur.

Selain menyebabkan rasa sakit yang mengganggu, nyeri pinggang dapat membuat Anda sulit bergerak sehingga berimbas pada menurunnya produktivitas. Oleh karena itu, konsumsilah daun beluntas dengan cara meminum air rebusannya secara rutin sampai nyeri pinggang mereda.

4. Mengatasi Keputihan

Keputihan pada organ vital merupakan masalah yang kerap menimpa banyak wanita, tak terkecuali Anda salah satunya. Kondisi ini tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman, bukan?

Salah satu cara mengatasi keputihan secara alami adalah dengan mengonsumsi daun beluntas. Kandungan senyawa yang bersifat anti-bakteri menjadi penghasil manfaat daun beluntas untuk keputihan ini.

Jadi, bagi Anda para wanita yang sedang dilanda keputihan, rajin-rajinlah mengonsumsi air rebusan daun beluntas guna mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

5. Mengobati Rematik

Apakah Anda mengalami penyakit rematik? Jika ya, maka daun beluntas adalah salah satu solusi pengobatan alternatif yang bisa Anda lakukan.

Selain mengatasi nyeri pinggang dan pegal linu, faktanya manfaat daun beluntas juga bisa mngobati rematik. Pasalnya, senyawa yang terkandung di dalam daun beluntas memiliki sifat anti-inflamasi, di mana peradangan ini menjadi salah satu gejala rematik.

Tak hanya itu, mengonsumsi daun beluntas juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih ‘bandel’ dalam menangkal serangan penyakit, termasuk mencegah terjadinya rematik yang memang erat kaitannya dengan fungsi sistem autoimun.

6. Menghilangkan Bau Mulut

Selain bau badan, bau mulut adalah masalah kesehatan lainnya yang kerap dialami banyak orang. Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu, baik bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar. Mulut yang beraroma tidak sedap sudah pasti akan menurunkan kepercayaan diri Anda, bukan?

Oleh karenanya, perlu adanya langkah penanganan bau mulut ini agar jangan sampai bertambah parah dan mengganggu aktivitas. Mengonsumsi daun beluntas adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin terhindar dari masalah bau mulut.

Manfaat daun beluntas untuk mengatasi bau mulut dihasilkan oleh zat anti-bakteri yang ada di dalamnya. Minum air rebusan daun belutas secara teratur untuk mencegah bau mulut, pun mengobati bau mulut jika sudah terlanjur menimpa Anda.

7. Menjaga Kesehatan Rahim

Daun beluntas juga diperkaya dengan senyawa-senyawa yang sifatnya antioksidan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat daun beluntas untuk Rahim, yakni menjaga kesehatan dan kekuatan Rahim, pun mencegah sel-sel Rahim dari kerusakan yang bisa berakibat pada munculnya sel kanker Rahim berbahaya.

Anda para wanita sangat disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin guna menjaga kesehatan Rahim dan mencegahnya dari penyakit kanker Rahim nan mematikan.

8. Merawat Wajah

Kandungan senyawa antioksidan pada daun beluntas juga berbuah manfaat daun beluntas untuk wajah. Antioksidan mampu merawat sel-sel kulit wajah agar senantiasa terhindar dari oksidasi yang mengakibatkan rusaknya sel-sel tersebut.

Sebagaimana diketahui, kerusakan pada sel kulit wajah berimbas pada terjadinya penuaan dini yang ditandai dengan timbulnya kerutan, flek hitam, dan garis halus pada kulit wajah.

Itu dia daftar manfaat daun beluntas yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya secara rutin. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi daun beluntas ini demi tubuh yang sehat dan bebas penyakit. Semoga bermanfaat!





Source link